KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

Testimoni pemenang

500 Kata Akhirnya Menerbangkanku ke Belanda

Ricky - Pemenang Kompetiblog 2012Ricky Mardiansyah, Pemenang Kompetiblog 2012 – Saya tidak pernah sekalipun membayangkan bahwa saya akan bisa pergi ke Belanda. Meskipun sejak kecil saya sudah menyukai segala sesuatu tentang negara itu, tapi untuk bisa melihat kincir angin secara langsung di sana rasanya masih merupakah hal yang mustahil bagi saya dan sulit untuk diwujudkan. Sampai suatu saat di tahun 2011 saya menemukan Kompetiblog. Dari situlah dimulainya jalan untuk mewujudkan impian besar saya. Saya mengirimkan tiga artikel untuk diikutsertakan dalam Kompetiblog 2011, saya sangat berharap saya bisa terpilih menjadi salah satu dari dua pemenang yang berangkat ke Utrecht. Ternyata pada saat itu, saya terpilih menjadi juara tiga. Perasaan saya waktu itu antara senang, tidak menyangka dan sedih juga karena saya nyaris bisa pergi ke Belanda.

Saya menunggu dengan sabar Kompetiblog 2012 dan saya bertekad bahwa saya harus ikut lagi dan kali ini harus membuat artikel sebaik mungkin. Saat waktunya tiba, saya belajar dari kekurangan artikel saya dan kesalahan saya tahun lalu, saya berusaha untuk membuat artikel yang seunik mungkin. “Menulislah dan Belanda menantitagline Kompetiblog itu selalu terngiang di kepala saya selama hampir sebulan mempersiapkan tulisan saya. Dari pagi sampai sore setiap harinya saya duduk di depan komputer, saya membaca berbagai sumber bacaan di internet yang berhubungan dengan Belanda dan tema tahun 2012. Puluhan halaman di laman pencarian pun saya kunjungi sampai akhirnya ide-ide datang dengan sendirinya.

Meskipun perasaan takut kecewa kalau kalah lagi ada, tapi saya berpikir kalau impian dan harapan saya lebih besar daripada rasa takut itu. Ketika pengumuman hasil penilaian tiba, sempat tidak menyangka bahwa ketiga artikel saya masuk dalam 30 artikel terbaik. Sejak saat itu rasa optimis muncul dan saya tak henti memanjatkan doa. Rasa haru dan syukur yang amat dalam saya rasakan saat salah satu artikel saya itu terpilih sebagai pemenang kedua. Baru kali itu saya benar-benar merasakan arti dari kerja keras, harapan, optimisme dan doa yang berbuah menjadi terwujudnya impian besar saya.

Semuanya akan indah pada waktunya, ternyata pepatah itu memang benar jika kita juga terus berusaha. Sebelumnya saya belum pernah pergi ke luar negeri, berkat Kompetiblog, Belanda yang merupakan negara impian saya sejak kecil, dapat menjadi negara pertama yang saya kunjungi. Ditambah dengan semua pengalaman saya selama ikut Summer School di universitas terkemuka di Eropa, Utrecht Universiteit, dan pengalaman keliling Belanda dan Eropa menjadikan itu hal terindah yang pernah terjadi dalam hidup saya berkat menulis. Terima kasih banyak NESO Indonesia!

———-

Nurlela

Nurlela, Pemenang Kompetiblog 2012 – Terharu dan tak kuasa meneteskan air mata kala membaca pengumuman dari Nuffic Neso Indonesia, siang itu tanggal 31 Mei 2012, di perpus UI. Karena tiap kali saya memperoleh pengumuman beasiswa yang saya ikuti, biasanya kata-kata terakhir di announcement tertulis seperti ini: ”I would encourage you to reapply next year if you are still interested in participating in this program”. Yang berarti saya belum berhasil lolos. Namun, kali ini lain, salah satu kata yang ada di announcement adalah: “GEFELICITEERD” yang artinya “SELAMAT”.

Ya, alhamdulillaah saya berhasil menjadi pemenang pertama kompetiblog 2012 yang diadakan oleh Nuffic Neso Indonesia dan memperoleh beasiswa summer school di Universiteit Utrecht, Belanda,  selama 2 minggu bersama Ricky Mardiansyah (Pemenang kedua). Dari dulu, Belanda adalah salah satu negara tujuan saya untuk melanjutkan study. Saya ambil course tentang European Culture and Identities bersama 100 mahasiswa lainnya dari 13 negara yang berbeda. Suasana belajar yang menyenangkan, teman-teman yang seru, housing yang nyaman, kota Utrecht yang bersahabat membuat saya tidak merasakan homesick sama sekali. Tidak hanya belajar di kelas, kami juga melakukan excursion ke Brussels, Belgia, tepatnya ke European Parliament dan Royal Museum of Fine Arts. Selain itu, hampir setiap hari diadakan social programme, diantaranya cycling, night canoeing, scavenger hunt untuk mengenal Utrecht lebih dekat, Holland Culture Day -kunjungan ke salah satu world heritage yaitu kincir angin di Kinderdijk dan Cheese Farm di Gouda-, Kunjungan ke Volendam, Rotterdam dan masih banyak lagi. Saya sampai bingung, ini “summer school” atau “summer holiday” ya? Actually, really, really fun😀

Karena kompetiblog 2012 ini juga, saya bisa berpetualang ke negara eropa lainnya. Bisa dikatakan bahwa selama di Eropa hampir 1 bulan adalah the best experience I’ve ever had in my life. Dengan 500 kata berjudul “Musuh Bebuyutan yang Membuat Bangsa Belanda Kreatif” dan atas izin-Nya saya berhasil mewujudkan salah satu impian saya. Ayo jemput juga impian teman-teman dengan mengikuti Kompetblog 2013! Keep Fighting!

12 thoughts on “Testimoni pemenang

  1. Suka sekali dengan testimoni Ricky Mardiansyah & Nurlela, ternyata kemenangan bukan tiba2 datang hari ini, tapi perjuangan dari hari-hari kemarin. Salut! Selamat untuk pemenang karena telah berani gagal dan berani mencoba lagi🙂

  2. apakah bisa mas, riki jika peserta hanya mengirim 1 artikel saja / 2, ?

    • Bisa kok, mau kirim 1 atau 2 saja juga bisa…
      Nurlela, pemenang 1 Kompetiblog 2012 hanya kirim 1 artikel.
      Tapi harus kirim artikel yang sebagus mungkin kalau ingin menang😉
      Semangat ya Lucky!

    • Bisa banget, thn kmrn saya cm kirim 1 artikel. sebenarnya pngn bngt kirim 3 artikel tp ga keburu😦
      But Lucky me, thanks god🙂
      Do your best🙂

  3. Hopelijk in het volgende jaar, zal mijn getuigenis gelezen worden door veel mensen. Amen😉 Bedankt Neso Indonesia.

  4. Aamiin🙂
    Good luck🙂

  5. Belajar banyak dari testimoni ini… Semoga bisa. AMIN

  6. ini saya udah deg2an karena tertulis bahwa saya menjadi finalis. setelah 3 kali mengikuti kompetisi ini, baru sekarang saya jadi finalis… dan mudah2an bisa lolos ya…..
    btw… kalo pengumuman pemenang itu berarti semua finalis harus datang ke jakarta kan? apa aja sih persiapannya waktu mau berangkat? trus selama di sana, apa saja yang harus kita lakukan? apakah kudu bawa id dan sebagainya atau bagaimana?

  7. ella, pas pengumuman pemenag, kamu datang ke acaranya NESO ga???? kok pas aku baca testimoni mu, kamu tahu kao menang, kamu lagi diperpustakaan ya

  8. hai thiyas, kamu datang ke acara tangga 5 kah?? aku bingung mau datang ato ga, soalnya rumahku jauuh bgt, di jawa tengah😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s