KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013


Leave a comment

#200 Belanda 1:25

Oleh Gisela Raras Kusumaning Natali

1:25? Apa maksudnya? 1:25 adalah skala miniatur negeri Belanda di Madurodam. Surga bermain bagi anak – anak itu tidak hanya meninggalkan kesan mendalam bagi yang pernah mengunjunginya. Orang dewasa pun bisa bersikap layaknya anak – anak jika berada di Madurodam. Menjadi raksasa dalam dua jam. Itulah yang dirasakan ketika berkunjung ke tempat ini. Mulai dari Belanda bagian utara sampai selatan serta timur ke barat, semua gambaran tentang Belanda berhasil dibuat dengan begitu indahnya. Adalah S.J. Bouma arsitek Belanda yang merancang desain Madurodam. Nama Madurodam diambil dari seorang bernama George Maduro, letnan kavaleri Belanda yang tewas di kamp konsentrasi Nazi Jerman.

Madurodam dibagi dalam 4 zona agar pengunjung dapat lebih mudah menemukan bangunan – banunan penting Belanda. 4 Zona itu adalah :

Zona pusat yang di dalamnya terdapat bangunan yang terkenal di seantero negeri Belanda, seperti katedral, museum, kampus, apartemen, istana, balai kota, pasar keju, kanal dan bangunan antik lainnya.

Zona tempat hiburan diisi miniatur Efteling (Dufan-nya Belanda) dan kebun binatang Blijdorp.

Zona pertanian, area yang semula terendam air lalu ditimbun yang disebut polder. Di sini terdapat windmolen mini, area pertanian, peternakan.

Zona industri dan pelabuhan, berisikan miniatur pabrik, miniatur jalan raya yang dipenuhi dengan 4.542 miniatur mobil, rel kereta api dan 13 miniatur kereta api serta 5 trem, lengkap dengan miniatur stasiun. Miniatur laut dan pelabuhan laut dilengkapi dengan 40 miniatur kapal lalut berbagai jenis seperti tanker dan kapal barang. Juga terdapat miniatur bandara Schiphol dilengkapi model 15 pesawat terbang.

   

Layaknya kota asli, kendaraan yang ada di dalam miniatur juga bergerak sempurna.  Tak hanya itu, orang-orangan  atau kendaraan itu berbunyi atau melantunkan lagu yang biasa terdengar di tempat aslinya jika kita memasukkan koin logam. Malam hari di Madurodam sangatlah menakjubkan. Kombinasi sinar laser dan nyala lampu dari setiap bangunan menjadikan tempat ini bak sketsa tempat impian yang diidamkan semasa kecil.

Tak perlu khawatir tidak mengenali bangunan – bangunan yang ada di sini. Pengunjung dapat memperoleh informasinya ketika masuk di layar informasi digital multi-media, maupun diakses lewat gambar digital yang kemudian terbaca di ponsel  pengunjung. Kemajuan teknologi yang diterapkan kini adalah hasil dari renovasi yang dilakukan besar – besaran oleh Ratu Beatrix di tahun 2012. Selain dapat mengakses informasi, lebih dari 50 model di Madurodam dimodernisasi dan ditambah dengan enam model baru, termasuk Istana Het Loo, pelelangan bunga Flora Holland dan kincir angin Kinderdijk. Pengunjung juga dapat memompa polder sampai kering atau memuat dan membongkar muatan kapal di miniatur pelabuhan Rotterdam.

Kecilnya negara Belanda yang tidak lebih besar dari provinsi – provinsi di Indonesia, tidak membuat Belanda menjadi negara terbelakang. Justru Belanda memulai semua kesuksesannya dari hal kecil yang mengesankan. Kesuksesan Belanda ini membuat pengaruh yang sangat diperhitungkan di dunia. Negara lain patut mencontoh Belanda yang menjadikan negaranya surga bagi anak – anak dan orang dewasa. Jangan pernah berhenti untuk menjadi pemimpin di segala bidang, Belanda!

gisela

gisela2

Referensi

http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2010/07/26/madurodam-taman-mini-belanda-204856.html
http://www.madurodam.nl/en/discover-the-park/Begin-the-discovery/
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/08/31/bisakah-berkeliling-seluruh-belanda-dalam-2-jam-489271.html
http://iklanpos.co.id/?p=4726
http://www.hotelinamsterdam-holland.com/attractions/Madurodam.htm
http://www.cityguiderotterdam.com/day-tours/madurodam-holland/
http://dehaagsestudentenpas.nl/uploaded/suppliers/256.jpg
http://images2.travbuddy.com/1399263_12201249391977.jpg

Advertisements


Leave a comment

#199 Negeri Para Pionir

Oleh Adi Darliansyah

Belanda tumbuh menjadi negara yang selalu terbuka untuk gagasan. Banyak peraih Hadiah Nobel, para menemu dan ilmuwan dari negeri kincir angin ini. Belanda berkesinambungan dalam membuka area pemikiran baru, riset dan pengembangan. Mari telurusi negeri pencipta para pionir ini.

Sudah sejak lama Belanda menyadari arti pentingnya pendidikan, pada abad ke-16, negara tersebut membangun universitas pertamanya, Universitas Leiden. Bersamaan dengan mulai dibukanya akses dagang dari Asia hingga ke Amerika, Belanda pun tumbuh menjadi menjadi pusat ekonomi dan kebudayaan di Eropa.

Belanda memiliki posisi penting dalam transformasi pendidikandi Eropa. Surat kabar Times mengutip The Netherlands are continental Europe’sprimary power in higher education”. Belanda muncul sebagai negara non-berbahasa Inggris pertama yang menawarkan program studi berbahasa Inggris. Hal ini memengaruhi bagaimana para siswa saling berkomunikasi dan menyampaikan gagasan-gagasan baru.

Dari tenaga surya hingga tenaga angin…

Situs berita Newsweek.com menempatkan Belanda dalam jajaran negara terbaik di dunia. Dalam infografik tersebut, Belanda menempati peringkat ke-10 pada kategori pendidikan. Metode pengajaran Belanda dikenal memberi ruang yang cukup luas bagi para siswa untuk berpikir kritis dalam melahirkan gagasan yang inovatif. Salah satu contohnya adalah para siswa dari TU Delft, Belanda, yang mampu membangun kendaraan bertenaga surya yang dinamkan Nuna. Pada gelaran World Solar Challenge di Australia, para siswa yang tergabung dalam Nuon Solar Team memanfaatkan teknologi sel surya dan merakit kendaraan berdesain aerodinamis.

Pada gelaran tersebut, faktor cuaca merupakan tantangan utama. Para siswa telah menerapkan solusi yang optimal yaitu dengan melengkapi kendaraan dengan sistem komputer yang mampu memonitor cuaca. Data yang terkumpul selanjutnya diolah untuk menghasilkan kecepatan yang sesuai. Hasilnya, mereka mampu menempati posisi tercepat dan keluar sebagai pemenang, bahkan dalam empat tahun berturut-turut yaitu tahun 2001, 2003, 2005 dan 2007. Sungguh luar biasa hasil yang ditorehkan!

Orang Belanda memang dikenal mampu menangani tantangan dan keterbatasan. Tinggal di dataran yang berada di bawah permukaan laut dan sebagian besar berbatasan dengan laut memacu mereka memanfaatkan sumber daya dengan optimal. Bendungan-bendungan dibangun dan perairan dikeringkan untuk membangun pemukiman. Untuk memenuhi kebutuhan energi, Belanda mengolah angin menjadi energi melalui kincir angin. Berdasarkan portaI teknologi IEEE, dari pemanfaatan tenaga angin saja, Belanda telah mampu memasok 20 persen kebutuhan energi dalam negeri. Tertinggi di antara negara pengguna tenaga angin yang lain!

Sederet prestasi tersebut semakin memantapkan Belanda sebagai negara yang dikenal mampu mengolah sumber daya alamnya dengan metode yang non-konvensional. Pantaslah orang Belanda disebut pionir sejati. Melalui pendidikian, Belanda telah menjadi mercusuar dalam menciptakan pionir-pionir baru. Bukan hal yang mustahil satu di antaranya adalah kita, mulailah menjadi pionir!


Leave a comment

#198 Delta Bagi Belanda, Dari Dam Sampai Kotoran Ayam

Oleh Mira Marsellia

Delta dalam sistem alfabet Yunani adalah nama dari  huruf keempat sistem tersebut. Delta (dalam huruf besar adalah  Δ, untuk huruf kecil δ; dibunyikan dengan Δέλτα  dibaca Délta). Dalam matematika dan science,  Delta berarti lambang untuk “perbedaan” atau “perubahan”.  Ternyata Delta pun menjadi simbol seorang penemu dan arsitek dalam mitologi Yunani bernama Daedalus.

Di Belanda, Delta juga ternyata mewakili semangat pionir dan kreativitas bangsa Belanda. Mari kita simak mengapa. Sudah tahu kan kalau Belanda tidak pernah tahan untuk hanya berdiam dan pasrah terhadap kesulitan yang dihadapi?
Mereka selalumencari solusi dan menjadi pionir untuk penemuan demi hidup yang lebih baik dan  pencari solusi kreatif dalam mengatasi masalah. Nah, Delta ini berarti semangat untuk “berbeda dan berubah”,  dan diterapkan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan Belanda  memang mendorong ide-ide kreatif dan inovatif, sehingga mampu memikirkan solusi dan metodologi yang non-konvensional, untuk menjadi yang terdepan. Tidak mengherankan jika Belanda memiliki banyak tokoh pionir di berbagai bidan
 

Belanda lebih rendah dari laut, mereka selalu mencari solusi dan alternatif untuk menjaga kaki mereka tetap kering, bahkan mereklamasi daratan, agar dapat menyediakan lahan bagi pertumbuhan penduduknya. Delta Works dibangun dengan rencana pembuatan selama 30 tahun, membendung delta atau muara-muara di Belanda, sehingga banjir dan kenaikan air laut dapat dihindari oleh adanya dam tersebut.  Belanda dikenal sebagai ahlinya dalam menangani air, sehingga menjadi konsultan untuk pembangunan dam dan bendungan di berbagai belahan dunia.

Belanda pun menjadi pionir dalam manajemen kotoran ternak.  Sebagai negara penghasil produksi peternakan nomor dua di dunia, faktanya Belanda yang berpenduduk sekitar 15 juta orang ini, tinggal di  negara kecil dengan luas daerah 41,526 km2  dan  penduduk  berbagi tanah dengan 4,7 juta sapi, 13,4 juta babi, 44 juta ayam petelur, ayam pedaging 41 juta, dan 1,7 juta domba.

Limbah kotoran ternak menjadi masalah karena ternak menghasilkan kotoran 3 sampai 4 kali dari yang dibutuhkan untuk pertanian. Limbah ini pun selain mengotori lingkungan juga berpotensi mencemari air sungai. Namun berangkat dari semangat pionir, Belanda mendapati solusi  untuk masalah tersebut. Sejak tahun 1980 pemerintah Belanda menetapkan aturan ketat dalam penanganan kotoran ternak ini. Ada penghargaan bagi inovasi dalam penanganan kotoran ternak, dan juga ada hukuman bagi yang lalai.

Bahkan ada  “Dewan Pupuk Kotoran Ternak” yang didirikan untuk mengatur arus distribusi pupuk kandang, dan membantu menemukan pengguna pupuk baru. Dewan ini juga melakukan penelitian, membantu  pengolahan pupuk kandang dan menetapkan pabrik pengolahan.

Tak hanya dijadikan pupuk  bentuk pelet yang diekspor ke luar negeri,  Belanda tidak berhenti sampai disitu dalam hal inovasi,  mereka pun membuat pembangkit tenaga listrik dari kotoran ayam!.

Delta NV di kota Moerdijk  membangun pembangkit listrik dengan tenaga kotoran unggas terbesar di dunia. Fasilitas  ini diharapkan dapat mengkonversi 440.000 metrik ton (490.000 ton) dari kotoran unggas menjadi lebih dari 207 juta kilowatt-jam listrik setiap tahun,  dan dapat menyerap sekitar sepertiga dari  ‘kelebihan stok pupuk’. Dengan kemampuan fasilitas tersebut maka akan mampu menghasilkan listrik yang cukup untuk sekitar 90.000 rumah per tahun.

Delta tak hanya berarti mega konstruksi  pembangunan bendungan dan penahan badai yang luar biasa, Delta juga pembangkit listrik dari sesuatu yang tadinya hanya berupa limbah. Delta yang  menjadi rumus matematika untuk perubahan ini benar-benar menjadi lambang semangat dan kesuksesan bagi kepioniran Belanda di berbagai bidang ilmu dan terobosan bagi masa depan dunia yang lebih baik lagi.

Referensi

http://www.bayjournal.com/article/netherlands_a_pioneer_in_manure_management_
http://inhabitat.com/dutch-harvest-chicken-manure-to-power-90000-homes/
http://biomassmagazine.com/articles/2132/poultry-litter-fuels-new-dutch-power-plant
http://en.wikipedia.org/wiki/Delta_(letter)
http://news.mongabay.com/bioenergy/2008/09/worlds-largest-biomass-plant-running-on.html


Leave a comment

#197 Teka Teki Silang (Find the Secret Words!)

Oleh Dani Karnaen

“lho Laura, kok udah jam 7 malem gini kamu masih nonton TV, bukannya belajar, sebentar lagi kan kamu naik kelas IX, memangnya tidak ada PR?”

“Iya pa, tadi Bu Mar, ngasih Laura PR kok”

“terus kenapa ga kamu kerjain ?”

“habis, PR-nya aneh pa”

“maksudnya aneh seperti apa?”

“jadi nama PR-nya “Secret Words”, intinya kita disuruh mencari si Secret Words tadi, dengan cara menjawab beberapa pertanyaan, kayak TTS gitu deh, jadi tiap jawaban udah tersedia kotaknya masing-masing”

 

“terus yang bagian anehnya seperti apa?”

“beberapa udah dijawab sih pa, tapi ada beberapa pertanyaan yang aneh”

“memang pertanyaan yang aneh itu seperti apa”

“yaudah laura bacain deh, yang pertama, 11 kotak mendatar huruf depan N, asal negara Cruyff, pencipta permainan Tiki-taka paling terkenal dalam sepak bola yang dipakai FC Barcelona, nah kebetulan laura paham banget soal bola, pasti jawabannya Spanyol, tapi ternyata kotaknya ini kelebihan, jadi pasti soalnya salah pa”

Ayahnya hanya tersenyum

“ada juga nih pertanyaan aneh, 7 kotak menurun, Negara  peringkat pertama dengan jumlah sepeda terpadat didunia dengan 99% dari total penduduknya, mana mungkin sih ada Negara yang punya sepeda sebanyak itu, pasti ini soalnya salah”

Ayahnya kembali tersenyum

“Terus ada lagi nih pa, 3 kotak menurun, organisasi dagang pertama dari belanda yang menjadi Pioneer dan menerapkan system stock exchange, pasti kan kalau keuangan modern, kayak bursa saham gitu, pasti punyanya negeri paman sam”

Ayahnya kembali tersenyum

“ih papa kok malah senyum, pasti karena pertanyaannya aneh ya pa, tenang, masih ada yang lebih aneh kok pa, 11 kotak menurun, Ilmuan asal Negeri Kincir yang menemukan Mikroskop pertama dan juga dijuluki Father of Microbiology, terus 7 kotak mendatar, ilmuan asal negeri keju yang menemukan cincin planet saturrnus, bulan Titan, pembuat Pendulum Clock, dan penemu konsep centrifugal force, pertanyaan lainnya, 7 kotak mendatar, seorang Philosopher terkenal asal belanda dan namanya juga di abadikan dalam program beasiswa di eropa. Gak mungkin banget di negeri kincir ada ilmuan hebat, ini pasti soalnya salah pa”

Ayahnya hanya kembali tersenyum

“nah pertanyaan yang ini juga aneh pa, nama pelabuhan terbesar di Eropa dan terletak di negeri keju, kan ga mungkin banget ada pelabuhan terbesar di Negara yang kecil, bahkan 50% lebih daratannya berada dibawah permukaan laut, ini pasti soalnya salah pa, besok pokoknya Laura mau protes ke Bu Mar”

“ehm, tidak ada yang eneh kok dari pertanyaan itu, semua pertanyaannya ada jawabannya, coba kamu searching di Internet, boleh kan sama Bu Mar pake Internet”

“boleh si pake Internet, tapi kayaknya sia-sia pa”

“sudah, Coba dulu sana”

“yaudah deh karena papa maksa”

(*2 jam kemudian)

“wah Papa emang hebat, ternyata soalnya ga salah, semua jawabannya ada”

“jadi Secret Wordnya apa?”

“ jadi Secret Wordnya Dutch is Pioneer, pa”

 

 (*keesokan harinya)

“lho laura, kamu kok belajar sambil nangis, PR yang kemarin salah ya?”

“Bukan Gitu pa, PR-nya bener kok, terus Bu Mar juga cerita banyak tentang kehebatan negeri Belanda, tapi laura Sedih karena Bu mar besok akan kuliah di Belanda, dan laura tetap semangat Belajar gini, biar Pinter dan bisa menjadi Pionir kayak orang-orang Belanda, pa”

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Dutch_inventions_and_discoveries


Leave a comment

#196 Demi Sebuah Ketekunan, Miliki Satu Nomor Telepon

Oleh Dian Savitri 

Jika orang Indonesia memiliki dua nomor telepon seluler, maka hal yang sama tidak terjadi dengan orang Belanda. Sebagian besar dan hampir semua orang di Belanda hanya memiliki satu nomor yang dapat dihubungi. Bahkan mereka juga memiliki waktu khusus untuk menerima panggilan maupun pesan pendek dari orang lain. Begitu berharganya waktu bagi orang-orang Belanda sampai mereka memiliki pengaturan pribadi sedemikian rupa. Salah satu kebiasaan ini menjadikan bangsa Belanda sebagai pionir dunia di berbagai macam bidang. Bagaimana bisa?

Komitmen merupakan hal paling penting dalam mengerjakan sesuatu. Tanpa adanya komitmen, dipastikan seseorang sulit mencapai tujuannya. Orang Belanda selalu menjaga sikap ini demi mewujudkan impiannya. Salah satunya sikap tersebut diterapkan dalam kepemilikan sebuah telepon seluler. Mereka tidak mengenal adanya dua nomor telepon yang digunakan satu orang. Ada beberapa alasan menyertainya. Pertama, memiliki satu nomor telepon akan meminimalisir pemborosan waktu. Mereka terkenal dengan ketekunan tinggi dalam bekerja. Jika dikalkulasi, mungkin mereka hanya memberi beberapa jam bagi diri sendiri untuk menerima panggilan atau pesan pendek dari telepon seluler. Suatu pemandangan wajar jika di sana jarang sekali orang-orang memegang telepon genggam. Di saat mereka mengajar, belajar, dan bekerja di kantor kebanyakan dari mereka mematikan telepon sampai mereka benar-benar telah selesai dari pekerjaan. Semua alasan tersebut dikarenakan mereka tidak mau diganggu ketika sedang bekerja maupun belajar. Kedua, mereka adalah orang-orang yang mencerminkan bertanggung jawab tinggi. Mereka tidak akan lari dari masalah yang mengejar dengan mengganti nomor telepon mereka. Sebuah sikap yang rata-rata dimiliki seseorang dengan dua nomor telepon.

Tingginya penghargaan waktu, ketekunan juga komitmen dari orang Belanda membuat mereka menjadi bangsa yang disegani di dunia. Bahkan ilmuwan Belanda juga terkenal sebagai pionir di berbagai bidang ilmu. Selain itu, Belanda merupakan Negara penerima nobel terbanyak di dunia seperti:

Jacobus Henricus van ‘t Hoff di bidang kimia, Hendrik Antoon Lorentz di bidang fisika, Pieter Zeeman di bidang fisika, Willem Einthoven & Christiaan Eijkman di bidang kedokteran, Tobias Asser di bidang Perdamaian, Jan Tinbergen di bidang Ekonomi serta masih banyak lagi ilmuwan-ilmuwan Belanda penerima penghargaan nobel di dunia.

Sebuah sikap sederhana dari orang Belanda ternyata mampu mengubahnya menjadi Negara besar dan maju. Seyogyanya sikap positif ini mampu dicermati bangsa Indonesia. Sehingga tidak akan lagi ada pemandangan siswa asyik ber-SMS (Short Message Service/pesan pendek) ria ketika pelajaran berlangsung. Demikian semoga bermanfaat.


Leave a comment

#195 Atlantis Omgekeerd; Hoe Water in Land Veranderde

Oleh Risa Anissa Febry

Belanda merupakan sebuah negara mini yang berada dibagian Eropa Barat. Luas dari negara Belanda adalah 41,528 km2 , yang berarti satu pertiga dari luas Pulau Jawa. Penduduknya pun sekitar 16 juta jiwa. Tapi toch ada kenyataan yang menarik dari negara kincir angin ini, yaitu 27% dari total keseluruhan  luas daratan ternyata berada dibawah permukaan laut dimana 60% dari penduduknya bertempat tinggal disana. Oleh karna itu orang-orang Belanda memiliki sistem inovasi yang tertata dan teratur, biasa disebut Polder. Sampai saat ini negara Belanda mempunyai 3000 polder.

Sedikit menengok kedalam sejarah Belanda, pada tahun 1575-1650 seorang berkebangsaan Belanda bernama Jan Adriaanszoon, merupakan orang pertama yang mencoba mengeringkan danau dengan cara membentengi sekeliling sisinya dengan tanggul-tanggul. Setelah itu, air dari danau tersebut dipompa keluar dan dikuras (untuk zaman sekarang menggunakan kincir angin bertenaga). Dengan cara inilah tanah daratan di negara Belanda di perluas. Jika dibandingkan beberapa puluh tahun sebelumnya, luas negara Belanda lebih kecil dari pada sekarang. Namun berkat gebrakan dari Jan Adriaanszoon sebagai pioneer pertama dan juga ketekunan orang-orang Belanda serta ambisius yang besar dalam memajukan negaranya yang pada akhirnya berbuah manis.

Jan Adriaanszoon Leeghwater

 Nederland staat bekend om zijn waterbouwkundige werken, zoals de Afsluitdijk.  Kalimat ini memang benar! Afsluitdijk dibangun pada tahun 1927-1933 melalui pengerukan laut Zuiderzee, kemudian Laut ini berubah menjadi danau IJsselmeer. Project ini dimaksud untuk melindungi seluruh area dari tekanan air laut yang dapat mengurangi bahaya akan banjir, selain itu fungsi lain dari Afsluitdijk  adalah sebagai penghubung dua provinsi, yaitu Noord-Holland dan Friesland.

Afsluitdijk

Setelah adanya Afsluitdijk, masyarakat Belanda berfikir keras untuk membuat lahan daratan yang kering untuk ditinggali penduduk setempat dan juga untuk kebutuhan ladang.

Flevoland adalah sebuah provinsi yang merupakan hasil dari sistem polder. Berhasil didirikan pada tahun 1950-1957. Tidak hanya itu saja , sebagian dari Laut Selatan, yaitu Wieringermeer (1930) yang berhasil dikeringkan. Ir. C.W. Lely (1885-1932) adalah salah satu tokoh yang berjasa dalam proyek polderisasi Laut Selatan. Selain itu antara tahun 1937 dan 1942 di daerah polder Laut Timur yang berhasil mengeringkan sekitar 48.000 hektar lahan. Tidak hanya berhenti disitu saja, kota-kota yang cukup besar berhasil pula dibangun seperti Emmeloord, Lelystad dan Almere.

    

Setelah berhasil membuktikan kepada dunia bahwa sistem ini merupakan sebuah sistem inovasi yang baik serta efektif, beberapa negara telah menerapkan sistem ini seperti di negara Jepang, Inggris dan juga negara tetangganya, yaitu Belgia. Lalu yang masih menjadi pertanyaan, apakah sistem ini bisa diterapkan di negara Indonesia?

Indonesia  merupakan negara kepulauan, dengan jumlah ribuan pulau besar maupun kecil yang dikelilingi oleh lautan. Hal ini memungkinkan adanya penerapan sistem Polder. Namun penggunaan sistem ini lebih diorientasikan dalam hal penanggulangan banjir di daerah dataran rendah, terutama pada kota-kota yang rawan banjir. Sehingga dalam keadaan tertentu sistem ini dapat menghindari banjir besar. Kita harus banyak belajar dari negara-negara maju seperti negara Belanda dengan sistem poldernya.

Zoals in het stukje gedicht van Hendrik Marsman wordt beschreven,is Nederland een prachtig laagland!

Denkend aan Holland

zie ik breede rivieren

traag door oneindig

laagland gaan

Referensi

Snoek, Kees. 1987. Nederland leren kennen.
http://en.wikipedia.org/wiki/Polder
http://www.holland.com/global/tourism/article/afsluitdijk-10.htm
http://www.bhic.nl/index.php?id=11781


Leave a comment

#194 This Girl Is On Fire

Oleh Rizky Amelia

Sudah satu dekade ini, negara kita Indonesia diserang virus entrepreneurship. Seminar dimana-mana tentang kewirausahaan. Melihat hal ini, tak ada salahnya kita belajar dari Belanda. Bahkan saat ini, kaum wanita disana juga begitu semangat menjadi seorang entrepreneur. Seperti lagu Alicia Keys yang berjudul Girl On Fire, noni-noni Belanda ini sangat on fire untuk maju untuk meraih impian meski banyak hambatan. Yes, This girl is on fire, she’s walking on fire.

 Mengapa harus Belanda?

Mengapa harus entrepreneur?

Dan mengapa harus Wanita?

Oke, kita sepakat bahwa Belanda memiliki banyak sekali pemrakarsa dan pelopor di berbagai bidang. Dan dunia perdagangan bukanlah hal asing bagi mereka sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Pioneering and entrepreneurship will always connected each other, karena menjadi pengusaha juga berarti menjadi pelopor. Ia membuka lapangan pekerjaan ketika yang lain sibuk mencari pekerjaan.

Pada tahun 2011, Belanda disebut sebagai Most Entrepreneurial Country in European Union. Suatu negara akan makmur apabila sedikitnya punya 3% pengusaha. Wajar bila kita sebut Belanda negara makmur karena 7,2 % rakyatnya yang berusia 18-64 tahun adalah pengusaha, dan prosentase ini meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2012 dimana terjadi krisis besar di Eropa, banyak pengangguran di Belanda yang kesulitan dalam mencari kerja tidak mau menunggu terus-menerus, dan lama-kelamaan mereka lebih tertarik untuk membuka usaha sendiri.

Hal yang menarik dari pertumbuhan para pengusaha Belanda ini adalah, terjadinya peningkatan pula pada jumlah pengusaha wanita, berdasarkan sebuah lembaga survey independen Belanda, EIM. Tentu ini menjadi kabar baik, karena selama 100 tahun (1850-1950) dunia bisnis Belanda di dominasi oleh kaum Pria. Meski begitu, penghasilan pengusaha wanita rata-rata baru 60% dari penghasilan pengusaha pria. Hal ini disebabkan karena pengusaha wanita disana biasanya menggarap sektor-sektor yang profitnya tidak banyak, disamping itu mereka harus tetap seimbang dalam menjalankan rumah tangga dan karir.

Joyce Pijnaker with her brand-store Pimp My Pie

Joyce Pijnaker adalah satu dari sekian wanita Belanda yang ‘berprofesi’ sebagai pengusaha. Bidang yang ia jalankan pun tak jauh-jauh dari kodrat seorang wanita, yakni bidang masak-memasak alias kuliner. Berawal dari hobinya dalam membuat kue, Joyce mencoba mewujudkan idenya untuk membuka sebuah toko bahan kue di kota Aalsmeer pada tahun 2011. Pada saat itu tidak banyak yang mendukung idenya. Berbagai kesulitan pun ia temui sebelum bisnisnya settle, seperti sulitnya memperoleh pinjaman uang dari bank untuk memulai bisnis dan kesulitan dalam memperoleh izin usaha di Belanda yang sangat ketat, terutama dalam bidang kuliner. Namun berkat ketekunannya,akhirnya ia memperoleh bantuan mikro-kredit dari program EU: European Progress Microfinance Facility, toko impiannya yang di beri nama Pimp My Pie di Aalsmeer bisa terwujud.

Ik Hou Van Holland taart

Beruntung di Indonesia, pengembangan usaha kecil dan menengah telah di support oleh pemerintah melalui program kredit UMKM. Tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Dari kisah Joyce Pijnaker di atas, membuktikan bahwa wanita juga bisa sukses dalam menjalankan dunia usaha tanpa harus meninggalkan kodratnya. Kuncinya adalah lakukan apa yang menjadi minat Anda, dan semangat. 😀

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.”

Referensi
http://www.dutchdailynews.com/most-entrepreneurial-country-in-eu/
http://grethevangeffen.nl/2013/03/12/dutch-entrepreneurs-then-and-now/
http://www.thenextwomen.com/2011/05/06/women-entrepreneurs-increase-holland
http://www.schoolvoorjournalistiek.com/europe/?p=5554
http://www.pimpmypie.nl/