KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#577 Bersepeda di Belanda ternyata Menyenangkan dan Nyaman

4 Comments

Oleh Ikhsan Azhar

Animo Warga Negaranya yang Begitu Tinggi

Selain dikenal sebagai negeri kincir angin, Belanda juga lebih dikenal sebagai negeri sepeda. Hal ini disebabkan oleh Belanda menjadi negara satu-satunya  yang mempunyai populasi sepeda terbanyak di dunia. Saat ini saja, populasi sepeda di Negeri Belanda mencapai 22 juta unit. Padahal jumlah penduduknya hanya 16,6 juta jiwa. Ini artinya, setiap warga negara Belanda mempunyai lebih dari satu sepeda.

Begitu besarnya populasi sepeda di Belanda, membuat animo masyarakat, baik itu yang tua-muda, dan anak-anak atau orang dewasa selalu memenuhi jalan-jalan di Belanda dengan mengendarai sepeda.

 ikhsan

Gambar anak-anak dan orang dewasa sedang mengendarai sepeda

 Beragam Bentuk Sepeda di Belanda

Bukan Belanda namanya jika tidak kreatif menciptakan inovasi-inovasi terbaru. Untuk membuat masyarakatnya nyaman dan menyenangkan ketika bersepeda, maka dibuatlah begitu banyak inovasi teknologi mengembangkan sepeda. Ada 4  bentuk atau model sepeda yang membuat pengendara sepeda di Belanda merasa menyenangkan.

Pertama adalah bentuk sepeda Omafiets.

Bentuk ini adalah bentuk sepeda yang populer di Belanda. Omafiets disebut juga Grandma’s bike. Sepeda  Omafiets tradisional berwarna hitam, dengan frame yang agak jauh, sehingga membuat posisi tegak, bagian rantai yang tertutup sebagai penahan lumpur. Pada awal pembuatan sepeda Belanda hanya ada gigi satu atau gigi tiga, sehingga kecepatannya rendah. Namun, sepeda Belanda sekarang dilengkapi dengan gigi yang lebih tinggi, bisa mencapai gigi 8.

 ikhsan2

Sepeda Omafiets

Yang kedua adalah sepeda Taga Hybrid.

Bentuk sepeda seperti ini dibuat oleh desainer sepeda asal Belanda-Israel. Desainnya yang menarik dan mampu membawa dua anak jadi pilihan bersepeda dengan keluarga. Bentuk sepeda seperti ini bisa jadi pilihan bagi ibu-ibu membawa anak balitanya jalan-jalan mengitari kota-kota di Belanda.

 ikhsan3 Sepeda Taga Hybrid

Kemudian yang ketiga adalah bentuk sepeda taxi.

Bentu sepeda ini banyak ditemukan di ibukota Belanda, yaitu Amsterdam. Konsep sepeda taxi cukup menarik, karena sepeda ini bisa digunakan untuk beberapa orang. Oleh karena itu, konsep sepada ini dikenal dengan slogan yaitu “many people, one bicycle”.

 ikhsan4 Sepeda dengan Bentuk Mirip Taxi

Keempat adalah sepeda Berbentuk “bus sekolah”.

Bentuknya yang seperti bus membuat sepeda ini unik . Sepeda ini diperuntukan untuk anak-anak sekolah usia 4-12 tahun. Perlu kalian ketahui, bahwa bentuk seperti ini menjadi pertama dan satu-satunya di dunia!

ikhsan5

Sepeda berbentuk Bus Sekolah

Begitu Nyamannya Bersepeda di Belanda

Pada umumnya, sepeda di Belanda dilengkapi dengan dua pedal rem belakang atau rem kaki yang berfungsi seperti rem lainnya. Akan tetapi, rem ini lebih baik jika pengendara melaju dengan kecepatan tinggi. Hal inilah yang membuat para pengendara sepeda di Belanda merasa aman dan nyaman.

Hal lain yang membuat masyarakat Belanda nyaman ketika bersepeda adalah sepeda-sepeda di Belanda dapat disimpan di luar sepanjang tahun dengan kondisi hujan dan salju tanpa berkarat. Hal ini penting di Belanda, karena keterbatasan ruangan.

Untuk membuat masyarakatnya lebih aman lagi ketika bersepeda, saat ini beberapa sepeda dilengkapi dengan dinamo yang terhubung dengan roda sepeda, sehingga bisa menyalakan lampu sepeda. Selain itu, pemerintah Belanda juga menyediakan jalur sepeda yang bisa mengeluarkan cahaya pada waktu malam hari.

 ikhsan6

Jalur Bagi Pengendara Sepeda yang Mengeluarkan Cahaya ketika Malam Hari

Referensi

http://ada2ja.wordpress.com/;
http://luar-negeri.kompasiana.com/2013/04/12/bbm-naik-di-belanda-tidak-masalah-karena-ada-sepeda-550384.html;
http://kelinputih.blogspot.com/2012/05/belanda-dan-dunia-sepeda.html.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

4 thoughts on “#577 Bersepeda di Belanda ternyata Menyenangkan dan Nyaman

  1. semoga bisa ikut merasakan nikmatnya bersepeda di tempat tersebut…🙂

  2. Wah, semua sangat rapi dan teratur.

  3. alangkah baiknya kalau kita bersepeda di negara kita sendiri, yang mana kita bisa bersepeda dengan melintasi alam nan hijau dan udara yang kita hirup jauh lebih bersih.Heaven Track Bike

  4. jadi kepengen indonesia bisa begitu juga biar gak banyak polusi udara..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s