KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#576 Gebrakan dari Negeri Tenggelam

Leave a comment

Oleh Muhammad Nofrizal
Belanda atau Koninkrijk der Nederlanden ( Kerajaan Tanah-Tanah Rendah) hidup dibawah permukaan laut dan ini tentu memaksa pemerintah Belanda untuk dapat terus melakukan inovasi agar negerinya tidak tenggelam ditelan laut. Jika suatu negara ingin dikenal oleh negara lain sebagai syarat de jure tentu negara tersebut harus melakukan suatuaction. Salah satu hal yang dilakukan oleh Belanda dengan melakukan berbagai inovasi yang diantaranya adalah menerapkan teknik-teknik untuk menghadang terjangan air laut. Mengingat negeri yang sangat dikenal dengan negeri kincir angin ini hampir 27% wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Adapun luas wilayah negeri Belanda sendiri sangat jauh dibanding dengan luas wilayah Indonesia yakni hanya sekitar 41.546 km2 dan berpenduduk sekitar 16 juta jiwa.
Banyak tanah rendah dikawal oleh dijk (tanggul) dan dinding tanah. Bahkan ada beberapa daerah seperti kawasanFlevoland harus direklamasi. Ini menandakan  rapuh nya negeri Belanda ini tapi Belanda mampu membuktikan bahwa dirinya tidak rapuh meskipun hidup dibawah laut. 2000 tahun yang lalu bangsa yang mendiami Belanda sudah melakukan tindakan antisipasi agar tidak terbawa omabak laut dengan membuat tanggul-tanggul dan bendungan yang tentunya tidak berfungsi untuk membentengi diri tapi untuk reklamasi daratan dan yang terpenting adalah untuk jalur pengairan. Adapun bentuk inovasi lainnya adalah Afsluitdijk ( Penutup Tanggul ) yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini 32 km dan lebarnya 90 m. Proyek ini juga mmampu menghubungkan 2 propinsi yakni Noord Holland dan Friesland. DisampingAfsluitdijk, Negeri bunga tulip ini  juga membuat sebuah proyek besar yakni dengan membentuk bendungan berseri secara berurut-urut yang disebut Deltawerken. Delta works merupakan proyak terbesar yang tentu membuat negara di dunia berdecak kagum yakni dibuat dengan menghadapi arus laut, gelombang dan tanah yang cukup bervariasi.
Tentu kalian tidak asing dengan julukan der oranje. Ya. Itu adalah julukan bagi pasukan sepak bola negeri tulip tersebut. Warna orange jelas menunjukan keceriaan. Keceriaan yang akan selalu membuat inovasi terbaru termasuk dalam hal sepak bola. Belanda-lah pencetus teknik TotallVoetbal. Teknik ini pertama kali digunakan oleh Ajax Amsterdam pada tahun 1969.
Inovasi yang dilakukan Belanda tentu tidak berhenti sampai di Total Football saja melainkan dari kondisi kota juga melakukan inovasi. Kita lihat saja kota Amsterdam yang sangat indah tersebut. Banyak dijumpai kanal-kanal di dalam kota dan hal ini dilakukan tentu untuk memanjakan para wisatawan yang ingin berkeliling kota Amsterdam dengan menggunakan water-bus. Disamping kanal-kanal yang tentu dapat menajakan wisatawan, Belanda juga memiliki sebuah kota yang didesain tanpa adanya jalan raya.
    
Kota tersebut adalah Giethroon, sebuah kota kecil yang tanpa adanya jalan raya tapi memiliki banyak kanal-kanal sehingga bentuk aktifitas penduduk kota ini adalah menggunakan perahu untuk melintasi kanal-kanal tersebut. Terletak di propinsi Overijssel, kota ini memiliki kanal sepanjang 6,5 km dengan rumah-rumah tradisional belanda disekelilinginya. Tentu tidak mengherankan kota ini mendapat julukan wisata sebagai venesia dari Belanda.
Mungkin itulah beberapa bentuk inovasi yang dilakukan sebuah negara tenggelam yang terus melakukan inovasi agar seluruh dunia tahu bahwa keterbatasan lahan bukan sebagai penghalang untuk bisa menjadi negara yang maju.
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s