KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#571 Bernostalgia dengan Museum Tertua di Belanda

Leave a comment

 Oleh Mokhammad Hilman Fatah

Museum merupakan bangunan yang dibuat untuk melestarikan koleksi artefak dan benda-benda yang berasal dari karya seni, budaya, ilmu pengetahuan maupun koleksi peninggalan sejarah yang penting. Museum difungsikan bagi mereka yang ingin melihat benda-benda yang berharga tersebut secara langsung. Konon katanya, didirikannya Museum juga difungsikan sebagai tempat yang dapat mengajak pengunjungnya agar bernostalgia dan menyelami keadaan dari benda-benda yang sedang dipamerkan di museum. Negara belanda merupakan salah satu Negara yang memiliki sejarah panjang dan kiblat dari bidang kesenian dan kebudayaan. Inilah yang melatarbelakangi pemerintah untuk mendirikan beberapa museum. Saat ini tidak mengherankan jika di Belanda sendiri terdapat ratusan museum yang telah didirikan, contohnya saja seperti museum seni klasik dan kontemporer Van Gogh, Rijksmuseum, Royal Picture Gallery Mauritshuis, Bonnefantenmuseum Maastricht dan Kunsthal Rotterdam. Jika Anda merasa masih kurang menjelajahi museum kesenian klasik, Anda juga dapat mengunjungi museum sejarah dan budaya Belanda di Anne Frank House, Museum Sejarah Yahudi Royal Delft, dan Amsterdam Museum. Bahkan pemerintah belanda juga mendirikan museum yang diperuntukan untuk anak-anak. Tidak hanya mendirikan ratusan museum, pemerintah Belanda juga mengagendakan suatu event tertentu di museum yang terkait. Bahkan terdapat program gratis untuk mengunjungi lebih dari 500 museum yang tersebar di belanda pada akhir pekan pertama April yang dinamakan “National Museum Weekend”. Kebanyakan museum juga menyelenggarakan lokakarya dan kegiatan lain untuk kesempatan khusus ini. Akomodasi menuju ke museum juga telah diprogramkan oleh pemerintah contohnya dengan menggunakan Kartu City Pass. City Pass memfasilitasi para wisatawan agar dapat mengunjungi tempat wisata-wisata dan menaiki transportasi di belanda dengan harga yang murah bahkan gratis. City Pass ini diterima di seluruh Belanda, termasuk kota-kota besar Amsterdam, Rotterdam, Utrecht dan Den Haag. Semua program ini dibuat semata-mata untuk menarik wisatawan agar berbondong-bondong mendatangi tempat rekreasi di belanda termasuk Museum.

Pieter Teylers merupakan orang yang berjasa untuk pertama kalinya memperkenalkan museum di belanda. Pieter Teylers ialah salah satu bangsawan kaya yang dimiliki oleh Negara kincir angin saat itu. Dia sangat tertarik untuk mengumpulkan benda-benda berharga dan mewariskan kekayaannya untuk kemajuan agama, seni dan ilmu. Lalu dibuatlah sebuah monument pada saat itu yang dinamakan Museum Teylers untuk menampung benda-benda berharga milik Pieter. Museum Teylers didirikan pada tahun 1778 yang terletak di kota haarlem. Saat itu museum ini menjadi museum yang pertama didirikan di Negara kincir angin. Museum ini membagi hasil pamerannya dalam bidang seni, edukasi dan sejarah disetiap komplek bangunannya. Museum Teylers mengajak pengunjungnya untuk menelusuri berbagai item pada abad kedelapan belas yang ditampilkan melalui  sebuah layar bersejarah yang menarik dan hanya diterangi oleh sinar matahari. Hal ini seolah-olah Anda sedang bernostalgia sebuah ensiklopedi yang memungkinkan setiap objek untuk menceritakan kisah sendiri seperti dari benda- benda meliputi instrumen fosil, instumen mineral atau ilmiah, koin, medali, buku, dan lukisan. Beberapa terkenal, beberapa sangat kompleks, dan semua itu sangat menarik untuk ditelaah lebih jauh. Anda dapat mendengar cerita dari pameran ini melalui sebuah audio tur, atau belajar lebih banyak tentang mereka di kamar Multimedia yang telah disediakan oleh pihak museum. Kebanyakan objek yang ditampilkan di etalase yang sama di mana mereka ditempatkan sesuai tahun pada saat benda itu ditempatkan oleh orang-orang yang berjasa untuk museum teylers ini. Semua membangkitkan sensasi itu, hanya sesaat, dan Anda merasa tidak berada didunia modernisasi seperti saat ini. Di sinilah kita dapat melihat panggung pameran yang memberikan presentasi akan sorotan item tertentu dari koleksi permanen yang besar. Peristiwa ini sering diselenggarakan di sekitar museum saat ini, menggabungkan pinjaman penting dengan fosil kami yang paling indah, koin dan buku, atau dengan gambar oleh seniman terkenal.

Museum ini telah di nobatkan sebagai 100 warisan dari daftar situs Belanda sejak tahun 1990 dan dinominasikan pada tanggal 12 Desember 2011 oleh Kabinet Belanda sebagai status warisan dunia UNESCO berdasarkan sejarah panjang sebagai lembaga pengetahuan publik dan upaya untuk terus melestarikan akses publik terhadap perusahaan koleksi. Museum menyediakan fasilitas berupa informasi yang tersedia dalam bahasa inggris, prancis dan jerman. Tur dalam museum juga dilengkapi oleh tur audio untuk Ipod atau mp3 player Anda,  dan Anda dapat mengunduhnya melalui www.artcast.nl. Pemerintah belanda sangat memperhatikan sisi historis dari sebuah monumen ini hingga dinobatkan sebagai tempat warisan dunia. Benar-benar pemerintah ingin agar penduduk/wisatawan menyelami serta mengetahui sisi sejarah dari Negara belanda. Karena dengan mengetahui sejarahnya maka Anda akan lebih mengetahui lebih dalam tentang sebuah negeri.

“Sudut dari sebuah ruangan di Museum Teylers”

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s