KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#570 Total football sebagai dasar permainan sepak bola modern tiki taka

Leave a comment

Oleh I Nyoman Kidarmajaya 

Siapa yang tidak kenal spanyol, negara yang saat ini merajai olah raga paling popular di planet bumi yaitu sepak bola. Rentetan gelar mulai dari juara euro 2008, piala dunia 2010 hingga yang terakhir mempertahankan gelar piala euro tahun 2012 dengan mengandaskan perlawanan Italia di final. Jika kita lihat bagaimana spanyol bisa berjaya diikuti dengan klub sepak bola Barcelona yang juga asal spanyol berhasil menguasai eropa dalam beberapa tahun terakhir,semuanya tidak lepas dari gaya permainan mereka yang terkenal dengan tiki taka.Permainan tiki taka adalah taktik permainan bola dimana umpan umpan pendek cepat dan jarak antar pemain yang rapat dengan pengusaan bola dominan sepanjang pertandingan dan dipadukan dengan pertahanan yang kuat karena setiap pemain saling bergerak mengisi kekosongan temannya.

 nyoman

 Spanyol juara eropa 2012

 

Melihat gaya permainan seperti ini  bukanlah hal yang baru,dahulu taktik seperti ini sudah pernah dilakukan tim sepak bola belanda. Belandalah yang pertama kali mengenalkan taktik seperti ini dengan “total footbalnya”. Tiki taka sebenarnya merupakan taktik yang mengadopsi dari sistem total football yang menjadi ciri khas permainan belanda. Sejarah mencatat jack Reynolds adalah orang pertama yang meletakan fondasi dasar total football kemudian di perhalus dan diperbaiki oleh rinus michels kemudian diperbaiki kembali lagi oleh Stefan kovacs.

Lalu bagaimana total football bisa berubah menjadi gaya tiki taka dengan team yang berbeda seperti yang digunakan spanyol saat ini?. Adalah hendrik Johannes cruyff atau johan cruyff yang merupakan maestro sekaligus guru  total football yang mengajarkan sepak bola ini ketika dia menangani klub spanyol Barcelona pada tahun 1988.johan cruyff adalah orang yang sukses mengusung dan menerapkan total football baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih.

 nyoman2

 Cruyff sebagai pemain dan pelatih

.”move the ball because the ball never get tired” kata kata cruyff inilah yang menjadi pegangan permainan Barcelona dimana mereka mengalirkan bola ke semua sisi lapangan berusaha mencari celah untuk membuat gol dengan sabar. tidak heran Barcelona dengan gaya tiki taka yang merupakan evolusi dari penyempurnaan total football berhasil merajai kompetisi lokal maupun eropa dalam 25 tahun terakhir dan berimbas dengan gaya permainan team spanyol yang mayoritas teamnasnya adalah pemain Barcelona.

Keampuhan taktik total football belanda dibuktikan dengan gelar pertama mereka dengan menyingkirkan uni soviet di final eropa tahun 1988. sebelumnya belanda sudah dua kali masuk final piala dunia secara beruntun yaitu tahun 1974 dan 1978, dan yang terbaru mereka berhasil masuk final pada piala dunia 2010.

nyoman3

Belanda menjuarai euro 1988

Sampai saat ini belanda masih mengusung taktik total footbalnya untuk lolos ke piala dunia 2014 di brazil .Di bawah asuhan louis val gaal belanda menorehkan hasil sempurna dengan tidak terkalahkan dari 6 pertandingan dan tinggal membutuhkan dua kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke piala dunia .

Banyak pelatih sepak bola dari negara lain yang berusaha meniru taktik tiki taka atau total football belanda namun tidak semua mampu melakukannya, dibutuhkan fisik yang kuat dan teknik tinggi untuk menerapkan gaya bermain ini dan cruyff sukses melaksanakannya bersama belanda dan Barcelona.

Indonesia adalah salah satu negara yang ingin mewujudkannya dengan menaturalisasi beberapa pemain keturunan belanda serta merekrut pelatih asal belanda.

nyoman4

Sergio van dijk,pemain naturalisasi asal belanda

namun tidak adanya pemain pemain yang memenuhi syarat taktik ini serta management organisasi sepak bola yang buruk dan tidak adanya pembinaan usia dini yang berkelanjutan membuat tiki taka atau total football belum dapat diterapkan di Indonesia. sebaliknya belanda dengan penduduk yang lebih sedikit dari indonesia berhasil menciptakan sebuah taktik sepak bola total football yang menjadi dasar peletakan taktik sepak bola modern saat ini yaitu “tiki taka”.

Referensi

http://www.duniabola.net/artikel/spanyol-juara-euro-2012.html

http://dgm04.wordpress.com/tag/tiki-taka/
http://www.themetonline.co.uk/sport/european-all-time-greatest-xi/attachment/johan-cruyff/
http://www.bisnis-jatim.com/index.php/2012/05/21/piala-eropa-juara-euro-1988-total-football-really-flying/
https://twitter.com/serginhovandijk

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s