KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#567 Dari Belanda, Masa Depan Bagi Dunia

Leave a comment

Oleh Meta Mulyani

Air dan kincir angin memang menjadi ciri khas Belanda. Jika orang mengatakan Belanda maka yang pertama kali terbayang adalah kincir angin. Terbukti, Belanda sering kita panggil dengan ‘Negara Kincir Angin’. Namun tahukah kita bahwa pada abad ke-19 Belanda dikategorikan dalam negara yang ‘lamban’ dalam proses industrialisasi jika dibandingkan dengan negara tetangganya, terutama karena ketergantungannya terhadap infrastruktur air dan kekuatan angin. Saat itu Belanda dianggap negara yang terlalu konvensional. Kini Belanda sanggup membuktikan bahwa dunia tidak akan lagi menyepelekan tradisi penggunaan kincir angin dan infrastruktur air.

Kincir angin pada awal keberadaannya di Belanda sekitar abad 13 berfungsi untuk mendorong air ke lautan agar terbentuk daratan baru yang lebih luas (polder). Hal ini mengingat letak dataran Belanda yang sebagian besar wilayahnya berada di bawah permukaan laut.

Dengan perkembangan teknologi, sekitar abad ke-17 kincir angin digunakan juga sebagai sarana pembantu di bidang pertanian dan industri. Seperti memproduksi kertas, mengasah kayu, mengeluarkan minyak dari biji, dan menggiling jagung. Pada tahun 1973, kincir angin modern atau turbin angin dimanfaatkan oleh Belanda sebagai alat pembangkit energi listrik. Khususnya pascakrisis energi yang sempat melanda dunia pada dasawarsa 1970-an.

Dimotori oleh pakar energi angin, Chris Westra, pada awal tahun 1970-an mereka aktif berpartisipasi mengembangkan sistem energi tenaga angin untuk memasok listrik bagi sekitar 27 ribu rumah tangga di wilayah sekitar Kamperduin. Dalam perkembangannya, kincir angin pembangkit listrik tak hanya di bangun di daerah daratan. Tetapi juga di laut, tepatnya di daerah-daerah lepas pantai.

Belanda merupakan negara yang sangat serius dalam pengelolaan energi. Terutama pengelolaan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Ya, Belanda memang pionernya dalam memanfaatkan apa yang dimilikinya.

Salah satu bukti keseriusan Belanda untuk menjadi pioner pengelolaan energi terbarukan adalah ECN. ECN merupakan kepanjangan dari Energy Research Center of Netherlands. ECN  merupakan salah satu lembaga penelitian tentang energi terbesar di Eropa. ECN sudah mendunia lho.. ECN memiliki kantor di Amsterdam,EindhovenWieringermeerBrussels dan China. ECN meneliti dan menjadi pioner dalam meneliti dan membuat energi baru yang ramah lingkungan. ECN juga melakukan penelitian tentang peluang masa depandal latar belakang ekonomi di bidang energi loh… Semula ECN bernama Reactor Center Netherlands (RCN) yang fokus pada penyebaran energi nuklir yang damai. Namun kemudian Belanda menganggap bahwa energi masa depan tidak hanya bergantung pad nuklir saja. Netherlands is pioneer of peace.

Saat kebanyakan negara di dunia ribut tentang nuklir sebagai energinya, Belanda tenang saja karena Belanda sudah memikirkan teknologi untuk mengoptimalkan energi alternatif malalui ECN. Yup, seperti mottonya ‘Your energy. Our passion’. Energi alternatif ya Belanda lah pionernya.

Selain ECN, Belanda juga punya AEB (Afval Energie Bedrijf). Yeah, Belanda ternyata juga pioner dalam hal pengolahan sampah. AEB merupakan perusahaan terbesar penghasil energi listik berbasis sampah.  Perusahaan tersebut menjadi perusahaan pengolah sampah terbesar di dunia yang mampu menghasilkan energi listrik untuk memenuhi sekitar 320.000 rumah tangga dan listrik seluruh di Amsterdam.

Wow, Belanda memang pioner dalam hal energi alternatif yang ramah lingkungan bagi masa depan. Semoga semua negara di dunia bisa seperti Belanda.

Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
http://listrikindonesia.com/pemanfaatan_energi_angin_di_belanda_belum_optimal_125.htm
http://www.alpensteel.com/article/47-103-energi-angin–wind-turbine–wind-mill/558-perkembangan-energi-angin-belanda-kalah-bersaing-di-darat-.html
http://www.ecn.nl/nl/nieuwsbrief/engels/2013/march/new-strategic-direction-for-ecn-wind-energy/
http://en.wikipedia.org/wiki/Energy_Research_Centre_of_the_Netherlands

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s