KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#566 Jangan Belajar Bahasa Belanda!

2 Comments

Oleh Inggrid Ernesia 

Loh, kenapa? Kenapa kita ngga boleh belajar Bahasa Belanda? Simak dulu yuk penjelasan ini.

Belanda dan Indonesia. Dua negara yang terpisah jarak lebih dari 20.000 kilometer namun terasa sangat dekat dihati.  Netherlands Taal atau bahasa Belanda sempat digunakan sebagai bahasa resmi di Nusantara sekitar abad ke 16 hingga adab ke. Namun tidak semua warga Indonesia pada masa itu bisa berbahasa Belanda. Hanya kaum elit yang diperbolehkan bersekolah dan mempelajari bahasa Belanda. Apabila seseorang bisa menuturkan bahasa Belanda dengan baik, maka ia dianggap memiliki pendidikan yang baik.

Penggunaan bahasa Belanda berangsur-angsur menghilang ketika Jepang menduduki Indonesia. Hal ini bukan berarti bahasa Belanda tidak digunakan lagi setelah kemerdekaan Indonesia. Bahasa Belanda masih melekat erat dalam bahasa sehari-hari yang kita gunakan hingga kini tanpa kita sadari. Bahasa Belanda merupakan sebuah bahasa sumber yang sangat penting di Indonesia terutama untuk mengkaji sejarah, hukum, dan agraria. Kebanyakan warga Indonesia yang mempelajari bahasa Belanda secara mendalam adalah para ahli hukum dan pemerintahan. Hal ini dikarenakan banyak sekali literatur ilmu hukum dan pemerintahan yang masih mengacu pada Belanda. Sebagai peserta kursus bahasa Belanda untuk tahap pemula, saya cukup kaget karena banyak sekali kosa kata bahasa Belanda yang kita gunakan. Beberapa kata pinjaman bahasa Belanda yang digunakan dalam bahasa Indonesia antara lain: Gratis, Netjes (Necis), Notulen, Trakteren (Traktir), Knalpot, Bezoek (Besuk), Achteruit (Atret) Parkeren (Parkirdan masih banyak lagi. Jadi, kenapa kita ngga boleh belajar bahasa Belanda? Karena sebenarnya kita sudah mempelajarinya tanpa kita sadari. Sekarang saatnya untuk memperdalam bahasa tersebut. Berikut beberapa kosakata bahasa Belanda yang sempat saya capturedari kamus besar bahasa Belanda-Indonesia.

 

Sumber: Kamus Besar Bahasa Belanda-Indonesia

Ketertarikan saya untuk belajar berbahasa Belanda cukup simple. Nenek saya sangat suka mendengarkan lagu-lagu dari negara kincir angin itu. Saya selalu penasaran pada makna di tiap bait lagu yang dinyanyikan beliau. Berasal dari kota kecil di Jawa Timur, saya belum menemukan tempat kursus bahasa Belanda dikampung halaman saya. Hingga saat kuliah tiba, saya harus melanjutkan kuliah dikota besar, karena dikota besar pasti memiliki lembaga bahasa asing. Kesempatan untuk memperdalam bahasa Belanda sempat tenggelam karena saya “salah ambil jurusan” kuliah. Sangat berminat untuk belajar sastra, namun berada dikampus eksakta membuat saya terlena dengan beberapa tugas dan laporan praktikum (maaf mengandung sedikit konten curhat, hehe). Karta Pustaka menjadi pilihan saya untuk memperdalam bahasa Belanda. Karta Pustaka merupakan salah satu lembaga bahasa dan budaya Belanda yang berada di Yogyakarta. Walaupun dewasa ini sebagian besar masyarakat Belanda sudah berbahasa Inggris, mereka sangat menghargai orang-orang yang mau belajar bahasa Belanda. Belajar bahasa baru itu selalu menyenangkan. Entah kapan kita bisa mengunjungi negara tersebut, ngga ada salahnya kan menyiapkan diri dari sekarang.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#566 Jangan Belajar Bahasa Belanda!

  1. benar gan ,, tanpa kita sadari bahasa belanda sudah menjadi bagian dari bahasa kita sehari hari ya

  2. Yayasan Karta Pustaka skrg pindah kemana ya? Sy minta alamatnya doong, kirim via email yaakk..
    Cleaning.service220@yahoo.com
    Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s