KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#562 Zoetmulder dan Sastra Jawa

Leave a comment

Oleh Yustina Niken Damayanti

Belanda dikenal sangatmengapresiasi bahasa Jawa. Bahkan, bisa dibilang Negeri Kincir Angin inimemiliki andil yang cukup besar terhadap kelestarian bahasa dan khazanah sastraJawa. Sebagai buktinya adalah di Universiteit Leiden tersimpan manuskrip-manuskripJawa kuno yang masih terawat rapi. Di samping itu, berbagai naskah sastra Jawakontemporer pun dapat ditemukan di sana. Tentunya tak sekadar disimpan, tapiberbagai naskah itu juga dipelajari, didiskusikan, dan diapresiasi oleh paramahasiswanya yang jumlahnya mencapai ribuan. Di universitas itu juga kemudianmuncul para ahli pada bidang bahasa dan sastra Jawa yang kepiawaiannya telahdiakui, bahkan oleh Indonesia sendiri, salah satunya adalah Prof. Dr. PetrusJosephus Zoetmulder.

Petrus Josephus Zoetmuldermungkin cocok menjadi “bapak baptis” Filsafat Jawa. Karena Zoetmulderyang telah menulis Kalangwan, kalangon, keindahan Jawa serta Pantheisme &Monisme Jawa, “Manunggaling Kawula-Gusti”, berhasil menggugah paracendekiawan untuk mengembangkan filsafat asli Jawa terutama dalam bagianbabagan kesusastraan Jawa, Raden Ngabehi Ranggawarsita sudah dinyatakan sebagai”pujangga pungkasan”. Di sini Zoetmulder sebenarnya ingin memberikan sumbangan kecil untuk memahami bangsa yang menghasilkan sastra ini.Menurutnya, lewat sastra religius inilah suatu bangsa membuka isi hatinya. Darisinilah Zoetmulder mulai memahami isi hati orang Jawa.Begitu monumentalnya karya beliau, maka seringkali karya beliauitu terus dikaji oleh para sastrawan Jawa di masa-masa selanjutnya. Oleh karenaitu, Zoetmuldertelah membukakan pintunyalebar-lebar, sekaligus menyediakan lentera dan tongkatpemandu pembelajaran atau studi mengenai Jawa kuno jelas-jelas bisa memberikaninspirasi dan kegunaan praktis untuk masa depan.

Setelah beliaumeninggal, didirikanlah Perpustakaan Zoetmulder yang berisi berbagai naskahJawa kuno maupun kontemporer. Perpustakaan tersebut tepatnya berada di dalamUniversitas Sanata Dharma Yogyakarta, dan sampai saat ini, para ahli sastraJawa kuno ini akan selalu mempelajari dan mendalami perkembangan bahasa dansastra Jawa. Hal ini tak lain bertujuan untuk melestarikan salah satu bahasadaerah yang notabene mulai dipandang sebelah mata oleh para pemakai aslinya.

 

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s