KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#560 Bermula Dari Inisiatif Menjadi Profesional

Leave a comment

Oleh Hanifah K

Jika ditanya mau  jadi manusia seperti apa? kebanyakan pasti menjawab “ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain”.  Untuk menjadi bermanfaat tentunya harus mempunyai inisiatif. Berawal dari inisiatif  pada tanggal 24 April 1978  seorang pensiunan kewarganegaraan Belanda yang memiliki harta karun pengalaman, Christian, membentuk Organisasi bernama PUM Netherland Senior Experts. PUM ini dibiaya oleh Pemerintahan Belanda dan para Pengusaha di Belanda. Misi mereka adalah mentransfer pengetahuan ke berbagai negara berkembang. Hingga saat ini PUM sudah memiliki 3.200 relawan. Yah relawan karena mereka membantu tanpa menerima upah alias gratis.  Sudah 35 tahun Organisasi PUM berkarya dengan membagi pengalaman yang dimilikinya selama 30 tahun. Begitu Pedulinya Bangsa Belanda dalam membagikan Ilmu Pengetahuannya menjadikan mereka bangsa yang profesional dan expert serta memiliki gelar The Truly Pioneer, karena sangat dermawan dalam membagi ilmu pengetahuan.

Perkenalan Saya dengan PUM Netherland Senior Experts bermula di tempat Saya bekerja yaitu di Politeknik Kampar Riau. Pada saat itu Saya diperkenalkan dengan Mr. mario Van Berlo dan Mr. Martin Jacobs. Mereka adalah seorang pensiunan di bidang pendidikan yang ditugaskan oleh PUM untuk mengembangkan Pendidikan di Politeknik Kampar Riau. Kerjasama PUM dengan Politeknik Kampar sudah 2 tahun berjalan, mulai Tahun 2010 hingga 2012. Mereka mempunyai tugas masing-masing, Mr. Mario Van berlo membantu Kami dalam  pengembangan kurikulum dan Mr. Martin membantu dalam sistem manajemennya.

 hanifah2Sebelah Kiri adalah Mr. Martin Jacob dan sebelah Kanan adalah Mr. Mario

Tahun 2010 Mr. Mario mengadakan Training Of The Trainers (TOT) yang di khususkan untuk para pendidik mulai Guru hingga dosen di Wilayah Kampar. Materi  yang diperoleh dari training ini adalah Education Methods, Problem Based Learning, How to Develop a Lesson Plan, Career Coaching, Study Skill, communication Skills, Social Skills, dan Competencies. Inti dari training ini adalah memberi pengetahuan dasar untuk menjadi pendidik yang benar-benar mendidik mulai dari kompetensi yang dimiliki hingga pembinaan karir bagi lulusan.

hanifah

Foto bersama antara PUM dan pegawai Politeknik Kampar

Masukan Mr. Mario terhadap kurikulum Politeknik Kampar adalah dimasukkannya mata kuliah Project. Tujuan dari Project ini adalah untuk melatih mahasiswa membuat proyek yang sesuai dengan minatnya, sehingga mahasiswa sudah terlatih untuk menganalisis suatu permasalahan dan mencari jalan keluarnya sehingga mahasiswa Politeknik Kampar Riau terlatih menjadi  seorang yang siap bekerja dan siap bersaing di dunia Industri.

Mulai Tahun 2010 hingga Tahun 2012 kerja sama PUM dengan Indonesia khususnya didaerah Sumatera semakin berkembang. Kerjasama ini bergerak di bidang perkebunan, pertanian, pengelolaan air, pendidikan, dll. Hal ini merupakan kontribusi nyata yang di berikan organisasi PUM untuk pembangunan Indonesia secara berkelanjutan.

Kurang Jelas tapi bisa di lihat langsung ke Web nya kalau Indonesia adalah negara yang paling banyak menerima bantuan proyek dari PUM

Pada kesempatan ini juga Kami mengucapkan terima kasih Kepada Pemerintahan Belanda yang sudah menugaskan PUM atas warisan pengetahuan dan pengalaman kepada kami sehingga kami bisa menjadi seorang Pendidik yang benar-benar mendidik penerus generasi kami. Jadilah seperti padi semakin lama semakin merunduk, semakin bertambah ilmu kita semakin banyak pengetahuan yang kita peroleh, tetap harus rendah hati dan berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Referensi

https://www.pum.nl/ipublish/ipublishprins.nsf/$$ProjectsCountry?OpenForm&Language=EN&region=Asia

http://www.nttd.com.tr/companies/414-pum-netherland-senior-experts

http://www.linkedin.com/company/pum-netherlands-senior-experts

http://politeknik-kampar.com/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s