KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#559 Semangat Total Football Der Oranje

Leave a comment

Oleh Cisya Cinantya

Masih ingat dengan kejayaan tim sepakbola nasional Belanda di era 1970an?Ya, keberhasilan mereka mencapai final Piala Dunia 1974, 1978, dan 2010 walaupun masih belum berhasil meraih titel tertinggi, timnas Belanda telah berhasil membuka mata dunia atas keindahan dan kehebatan filosofi total footballyang mereka usung.

Semangat total football ini pertama kali diperkenalkan oleh pelatih kawakan, Rinus Michels, yang mengantarkan klubnya, Ajax Amsterdam merajai kontes persepakbolaan Belanda dan memenangkan EUFA Champions League ditahun 1971. Michels mengawali karir sebagai produk asli binaan akademi Ajax Amsterdam, bermain, hingga akhirnya menjadi pelatih di klub tersebut dansinilah ia pertama kali mengenalkan prinsip totalfootball.

Taktik ini intinya sederhana saja, yaitu seluruh pemain kecuali kiper harus turut serta baik dalam skema bertahan maupun menyerang. Seorang striker harus merelakan egonya dan turun ke belakang mengawal pemain lawan saat timnya diserang dan bek harus ikut menyokong ke depan saat timnya menyerang. Kekosongan area yang ditinggalkan setiap pemain akan langsung diisi oleh pemain lainnya. Kekompakan dan kesatuan tim dalam bermain jelas menjadi kunci utama. Tak heran, ampuhnya strategi total footballmenjadi inspirasi klub-klub besar dunia seperti FC Barcelona, Arsenal, dan timnas Spanyol.

Fisik yang prima dan skill yang mumpuni adalah dua syarat mutlak yang harus dimiliki kesebelas pemain yang bertempur di lapangan demi suksesnya taktik total footballBagaimana caranya? KNVB, induk sepakbola tertinggi Belanda telah lama mencanangkan program pembinaan pemain dari usia yang masih sangat muda, 5 tahun! Mereka juga memiliki kompetisi berjenjang mulaidari U-6 hingga timnas senior. Pihak klub pun juga turut serta. Tengok saja bagaimana hebatnya akademi pembinaan sepakbola klub-klub Belanda yang sukses menghasilkan pemain-pemain hebat seperti Johan Cruyff, Marco van Basten, Robinvan Persie, Arjen Robben, dan Wesley Sneijder yang berprestasi dunia.

 “Voetbal is ons leven, Sepakbola adalah hidup kami,”  KNVB

Ya, seperti halnya Indonesia, Belanda memiliki basis pendukung fanatik yang sangat kuat. Sepakbola adalah bagian dari hidup dan kebanggaan masyarakatnya. Mereka inilah pemain keduabelas sekaligus sumber motivasi bagi timnas Belanda. Di mana pun timnas Belanda bermain, dapat dipastikan stadion dan sepanjang jalan akan dipenuhi warnaoranye, warna kebesaran timnas Belanda. Pada helatan final Piala Dunia 2010kemarin, puluhan ribu fans The Flying Dutchmen menempuh jarak puluhan ribu kilometer untuk memberikan dukungan kepada tim tercintanya. Bahkan, ada beberapa yang menempuh jalan spartan dengan mengendarai mobil van mereka dan berkemah, sesuatu yang menjadi ciri khas masyarakat Belanda.

Sebagai olahraga nasional, sepakbola dan timnas Belanda yang kita lihat sekarang ini bukanlah produk instan sekelompok kalangan saja tetapi adalah hasil sinergi semua elemen, induk olahraga, klub, masyarakat, dengan menerjemahkan semangat membara mereka menahan egonya dan bersatu padu dalam total football’ demi membentuk tim kebanggaan negeri.

“Tears of joy are made of sweats,destroy egos, starting with your own”

Nike

Suatu contoh nyata dari Belanda, ayo kita belajar dari mereka, bersama-sama membangun dan mendukung tim Garuda terbang tinggi ke angkasa dalam semangat total football’!

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s