KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#557 Habis Manis Sampah Disayang

Leave a comment

Oleh Albertus Indratno

Lima perusahaan hadir sebagai inovator di bidang manajemen penanggulangan sampah di Belanda. Mereka berhasil menjadikan sampah sebagai berkah. Selain VAR, ada Bammens, Sita, Nihot dan Vista Online. Dahulu VAR mengurus tempat penimbunan sampah. Peraturan baru pemerintah yang melarang adanya tempat pengumpulan sampah membuat VAR banting setir menjadi perusahaan daur ulang. VAR sendiri terbagi menjadi lima divisi: minerals, sorting, biogenic, energi dan engineering. Divisi minerals dan biogenic bertanggung-jawab atas pengolahan material yang masuk. Sedangkan proses seleksi dilakukan divisi sorting. Lalu hasil akhir berupa energi adalah tanggung-jawab divisi energy.   Selain besi, ada juga plastik, sisa bahan bangunan, dan kaca, yang akan diolah menjadi produk baru siap pakai seperti tembok cor (concrete blocks), pupuk, kompos, atau   ekstraksi gas metana. Setelah VAR, ada Bammens yang memproduksi tempat sampah berbentuk kotak berkapasitas 5m3. Selain lebih sedap dipandang, kotak Bammens juga higienis dan efisien. Tak hanya bebas bakteri, kotak tersebut juga lebih sering dibersihkan karena lebih cepat penuh. Bahkan, pada produk terbaru dilengkapi  piranti elektronik yang bekerja seperti bar code reader di supermarket. Mesin ini mampu membaca “kartu pas” yang dibawa oleh mereka yang akan membuang sampah. Selain berfungsi membuka kotak, mesin ini juga membebankan pajak. Berapa besarnya? Semakin sering membuang sampah jumlah pajaknya juga semakin besar. Nah, lo!

Tempat sampah buatan Bammens

Ada juga perusahaan spesialis daur ulang gabus. Namanya Sita. Sampah gabus atau disebut juga EPS (expanded polystyrene) jumlahnya mencapai 11.500 ton per tahun di Belanda. EPS biasanya digunakan sebagai pembungkus televisi atau kulkas. Sita mengumpulkan EPS dari berbagai industri, menghancurkannya hingga menjadi bagian yang lebih kecil, lalu membuatnya menjadi EPS baru. Jadi, 100 persen sampah EPS beres.  Untuk urusan mesin sortir sampah, ada perusahaan bernama Nihot. Tingkat akurasi mesin antara 95% – 98%.  Mesin buatan Nihot piawai memisahkan berbagai jenis sampah secara tepat lalu mengelompokkannya berdasarkan jenis yang sama. Nihot memproduksi mesin dengan skala besar dan kecil yang terdiri atas 650 tong pemisah. Mesin Nihot juga mampu menghemat biaya. Semisal bagi perusahaan yang bergerak di bidang penghancuran gedung. Sampah-sampah bangunan tak perlu dibawa ke lokasi lain. Nihot mampu memilah sampah di lokasi yang diinginkan. Praktis dan mudah bukan? 

Mesin pengolah sampah jenis Compact Series buatan NIHOT

Upaya penanggulangan sampah juga terkait dengan perangkat lunak (software) untuk pengawasan. Perusahaan bernama Vista – Online (VO) menawarkan piranti yang berfungsi untuk mengetahui kondisi ruang publik secara lebih cepat dan lebih mudah. Selain sampah yang menumpuk di jalan, para petugas juga bisa melaporkan tentang ketebalan salju yang ada. Petugas-petugas tersebut dibekali smart phone yang berfungsi mengirimkan data ke server. Setelah itu data bisa dilihat secara rapih saat itu juga (real time) di situs VO oleh konsumen pemegang kode akses.  Selain digunakan pemerintah Belanda,  teknologi VO juga sudah diterapkan oleh otoritas bandara  udara di kota Manchester, Inggris. Ibarat pohon, negara bebas sampah ialah buah yang manis. Inovasi menjadi ranting kuat yang menyangga. Regulasi dan komitmen pemerintah menjadi batang yang kokoh. Sedangkan kesadaran tiap individu menjadi akar yang menumbuhkan semua kebaikan itu. Bangsa Belanda membuktikannya. Sumber tautan:www.waste-management-world.comwww.nihot.co.ukwww.bammens.nl

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s