KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#556 Pelabuhan CINTA itu Ada di Belanda

2 Comments

Oleh Puteri Soraya Mansur

Pernah jatuh cinta? Bisa dipastikan pernah, karena cinta merupakan perasaan dasar yang dimiliki manusia. Sebagai sang pencinta tentu akan melakukan apapun bagi yang dicinta. Sampai di ujung dunia pun, jika sang kekasih berada maka kita akan berusaha meraihnya.

Wirausahawan, penemu dan pionir layaknya sang pecinta yang tergila-gila dengan pemikiran, ide-ide dan kreatifitas sebagai kekasihnya. Mereka akan melakukan apapun untuk bisa mewujudkan mimpi melalui pergumulan yang menghasilkan karya-karya sebagai buah hati.
IDEA + ACT = CREATION
Cinta sang wirausahawan, penemu dan pionir tak selalu berakhir bahagia, layaknya cinta manusia. Cinta mereka sering bertepuk sebelah tangan karena tidak semua negara mau dijadikan sebagai pelabuhan cinta. Namun, ada satu negara yang benar-benar ikhlas bahkan mendukung sepenuhnya para pecinta itu untuk melabuhkan cinta mereka. Adalah Belanda, negeri mungil yang terletak di Eropa.
puteri
Sebenarnya CINTA seperti apakah yang dimiliki oleh mereka sehingga Belanda sangat tertarik dan mendukungnya?
Creative. Sebuah ungkapan mengatakan bahwa cinta dimulai dari mata turun ke hati. Creative merupakan matanya. Mata yang mampu melihat sesuatu yang menarik hatinya untuk menggerakkan sang pecinta melakukan pekerjaan yang mengandung kecerdasan dan imajinasi. Dengan kreatifitas, sang pecinta akan memutar otaknya untuk memunculkan ide-ide cemerlang. Uniknya, di situs-situs Belanda tersebar pengumuman tentang pengadaan lomba ide-ide itu. Salah satunya ialah lomba ide inovatif pengembangan produk atau jasa kesehatan yang dilaksanakan Februari kemarin. Hadiahnya tidak tanggung-tanggung € 90.000/pemenang atau setara dengan 1 milyar rupiah lebih.1 Wow!
puteri4
Inspiration. Kreatifitas itu kemudian memunculkan inovasi-inovasi yang cemerlang, seperti yang dilakukan sang pecinta bernama Daan Roosegaarde dengan ‘Smart Highway’-nya, produksi Bio-Methanol dari Bio-Coal, National Museum Weekend dan lainnya. Inovasi-inovasi itu menginspirasi sekelompok orang di Belanda membuat acara yang menghimpun orang-orang yang dianggap sangat inspiratif sehingga bisa menularkan ide-ide mereka ke orang lain dan orang-orang itu pada akhirnya akan menciptakan inovasi baru. Acara itu disebut TEDxBinnenhof.2  Video-video acara tersebut dapat dilihat di Youtube.3
Nimble of Mind. Kreatifitas dan inovasi itu menunjukkan kecepatan berpikir sang pecinta dan diwujudkan dalam sebuah kompetisi. Belanda memberikan fasilitas dalamwww.brainport.nl/ne bagi penemu dan pionir. Kecepatan berpikir mereka akan ‘diukur’ dalam Brainport 2020. Kompetisi ini juga menyulut para wirausahawan di Southeast Netherlands untuk berusaha mencapai Top 3 daerah teknologi papan atas Eropa sertadalam sepuluh besar pada skala global. Mereka berlomba-lomba mewujudkan ambisi dengan memaksimalkan strategi mulai dari governance (pemerintahan), people (sumber daya manusia), technology (teknologi), business (bisnis) dan basic (membuat tempat tinggal yang nyaman).4 Motto yang digunakan ‘Top Economy, Smart Society’5 adalah sebuah cambuk untuk mencapai ambisi itu.
puteri2
Talent. Tak semua orang memiliki bakat, namun jika kita mau mendeteksi bakat itu secara serius, maka yang terjadi adalah sebuah keajaiban. Sebuah karya dari hasil ketekunan yang mungkin tak akan pernah kita sangka. Belanda berusaha untuk mendeteksi bakat-bakat manusia yang haus akan rasa cinta sehingga mereka dapat menjadi salah satu dari sang pecinta (wirausahawan, penemu atau pionir).
Anything. Musibah, kesulitan, kebahagiaan, dan sebagainya, apapun itu membuat ide-ide cemerlang semakin bertebaran. Sang pecinta mampu mengubah itu menjadi bermakna dan bermanfaat.
Gerbang pelabuhan akan selalu terbuka bagi sang pecinta sejati di Belanda. Karenanya, segeralah labuhkan kapal CINTAmu di Negeri Belanda. Welcome to be pioneering!
puteri3

Referensi

2.        http://tedxbinnenhof.com/about/
3.       http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=NgVd2uNRIeE#
5.       http://www.brainport2020.nl/home

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#556 Pelabuhan CINTA itu Ada di Belanda

  1. Kok gambarnya gak ada ya mbak/mas admin? Padahal sudah kusertakan di file documennya.😦
    Kalau teman-teman mau lihat di blog saya ini: http://www.puterisorayamansur.blogspot.com/2013/05/pelabuhan-cinta-itu-ada-di-belanda_1601.html

  2. Thank you mas/mbak admin. Selamat bekerja. Semangat selalu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s