KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#555 INNOVATION FOR THE NATION

Leave a comment

Oleh Rohawani Egryas

Begitu banyak bukti yang dapat kita ketahui mengenai berbagai kemajuan yang telah diperoleh bangsa Belanda. Perkembangan ilmu, teknologi,serta sumber daya manusia yang berkualitas telah dimiliki dan diakui oleh penduduk dunia. Pengakuan penduduk dunia atas prestasi berupa hasil riset membawa Belanda menempati peringkat atas dan menjadi negara yang terdepan dalam riset ilmiah internasional di Eropa  dan menduduki peringkat ke-lima untuk jurnal-jurnal perkapita nya. Apabila dicermati, Belanda telah memiliki hubungan antara kualitas bangsa dan sumber daya manusia yang bersifat klausal berupa adanya keunggulan kompetitif.  Salah satu bentuk keunggulan kompetitif dari bangsa Belanda adalah I.N.O.V.A.S.I.  Inovasi dalam riset, inovasi dalam pembelajaran, serta inovasi dalam pemecahan masalah. 

Arus globalisasi dan perdagangan bebas yang membuat setiap bangsa menjadi tampak borderless mengharuskan suatu bangsa berfikir untuk tidak hanya bagaimana bisa bertahan melainkan juga berfikir bagaimana bisa menjadi pengendali dari arus yang ada. Tidak hanya menjadi follower tetapi menjadi pelopor untuk kedepannya. Inilah bangsa Belanda yang menjadikan inovasi sebagai nafas kehidupan dan pelopor dari berbagai kemajuan yang ada -dengan berprinsip pada suatu bangsa yang tidak memiliki budaya inovasi tidak akan sanggup melakukan perubahan, dan tidak akan pernah bertumbuh dengan sukses- dan telah mampu melakukan salah satu komponen yang mempengaruhi pertumbuhan sebuah negara, yaitu adanya kapasitas untuk belajar (the capacity to learn).

The Times Higher Education Supplement menyatakan bahwa 85% universitas riset di Belanda masuk dalam 200 universitas terbaik didunia. Belanda juga menerima pengakuan internasional untuk masalah terobosan sistem pembelajarannya. Sistem ini melatih siswa untuk menganalisis dan memecahkan masalah dengan praktis dan mandiri melalui penekanan cara belajar mandiri dan kedisiplinan (Problem based Learning).

Wujud pengakuan tersebut merupakan sebuah hasil kerja bangsa Belanda yang berupaya memfokuskan diri mereka untuk pendidikan. Tidak hanya melalui kebijakan alokasi dana pendidikan yang berkisar 37% dari dana APBN tetapi juga sistem pendidikan yang di-setting sejak pendidikan dasar hingga universitas.

Salah satu keunikan lain dari sistem pendidikan di Belanda adalah wajib belajar 16 tahun dan penjurusan yang sudah dimulai sejak pendidikan di tingkat dasar dengan mempertimbangkan minat dan kemampuan akademis siswa yang bersangkutan. Wajib  umur bersekolah adalah 5 tahun dan proses pendidikan dasar adalah sekitar 8 tahun. Sehingga sejak siswa berumur 12 tahun sudah dimulainya penjurusan untuk pendidikan tahap lanjut. Maka tidak heran jika Belanda memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi karena Belanda mengutamakan minat diatas segalanya untuk mencapai tujuan atas bangsanya secara matang dalam proses pembelajaran sedari dini.

Sedangkan pada tahap pendidikan tinggi, Belanda bersikap open minded dan mau bekerjasama terhadap dunia internasional dengan diadakannya program studi berbahasa Inggris bagi pendidikan tinggi. Lebih dari 1300 program studi internasional untuk berbagai bidang ditawarkan oleh pendidikan tinggi. Perlu diketahui bahwa Belanda merupakan negara non berbahasa Inggris pertama yang menawarkan program pendidikan tersebut sehingga terdapat lebih dari 81.700 mahasiswa internasional menimba ilmu di Belanda tanpa harus mengalami kendala dalam bahasa.

Bagi Belanda perbedaan bahasa, suku, agama bukanlah sebuah penghalang mencintai riset & menggemari inovasi untuk  membuka diri menerima sebuah masukan dari bangsa lain demi suatu perubahan bagi bangsanya.

Maybe, this is their key to success:

“PASSION+ EDUCATION+COOPERATION = INNOVATION          FOR THE NATION”
(Five ON)

Referensi

Kompas.com, Nuffic Neso Indonesia.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s