KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#554 Brilliant Dutch Brain

Leave a comment

Oleh Reita Wijaya

 
Penemuan terhadap hal-hal baru sangat penting bagi kemajuan suatu negara, itulah yang dilakukan oleh Belanda. Negara “Kincir Angin” ini terkenal dengan inovasi-inovasi yang membantu memudahkan dalam menyelesaikan dan melakukan sesuatu, atau dikenal dengan “Dutch Pioneering”. Pioneer menurut Kamus Longman merupakan a person who does something first and so make it possible or easier for others to do it later. Sementara kata “Pioneering “ diartikan sebagai introducing new ways of doing things, which others later follow.[1] Selanjutnya, dalam Kamus Oxford, “Pioneer” mempunyai arti be one of the first people , to do, discover or use something new.[2] Contoh “Dutch Pioneering” ini adalah Vic Hayes, penemu Wi-fi yang tadinya bekerja pada perusahaan di Niewegien, Belanda yang ternyata lahir di Surabaya, Indonesia
Selain dibidang teknologi, “Dutch Pioneering” dapat terlihat dari penemuan baru yang menguntungkan bagi pesepeda di Belanda. Penduduk Belanda sudah terbiasa menggunakan sepeda sebagai transportasi sehari-hari mereka. Karena pemerintah di sana sangat memperhatikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan dari pesepeda. Para pengguna sepeda di Belanda tidak perlu lagi khawatir terutama saat musim dingin, mereka tetap dapat bersepeda dengan aman melalui penemuan terbaru berupa glow in the dark road. Dimana, jalanan khusus peseda dipanaskan sehingga ketika sepeda melaju di jalan, garis-garis akan menyala dalam kegelapan. Gerhard Winters, seorang spesialis energi panas bumi yang terlibat dengan proyek jalan glow in the dark bagi pesepeda inimenjelaskan bahwa teknologi bekerja dengan cara memompa air tanah melalui batu plastik di beton, yang menghangatkan permukaan jalan selama musim dingin. Hal tersebut merupakan solusi terbaik untuk menghemat bensin dan juga listrik di Belanda.”[3] Dengan kreativitas tinggi disertai aksi nyata yang dimiliki oleh orang Belanda membuktikan bahwa Belanda memang “Dutch Pioneering” dalam berbagai bidang yang semakin memudahkan manusia untuk berkarya dan berkreasi dengan berbagai hal yang dipelopori terlebih dahulu oleh orang Belanda.
Referensi

 

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s