KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#553 Belanda sang “penghidup imajinasi”

Leave a comment

Oleh Marta Hasibuan 

Saat ini ilmu pengetahuan belum menemukan teori untuk membuat sebuah benda mati menjadi layaknya sebuah benda hidup, yang tidak hanya bergerak namun juga dapat mempertahankan hidupnya secara mandiri.

Dengan imajinasi seorang seniman berkebangsaan Belanda yang bernama Theo Jansen yang memiliki latar belakang pendidikan jurusan fisika saat berada di Delft University of Technology serta pengalaman saat menjadi pelukis profesional, Jansen memulai menghidupkan imajinasinya dengan membuat proyek-proyek yang menggabungkan antara seni dan teknologi yang menciptakan patung kinetis yang dapat bergerak layaknya makhluk hidup dan sekaligus juga dapat mempertahankan hidupnya secara mandiri.

Theo Jansen dalam presentasinya mendemonstrasikan karya patung kinetik yang mirip mahluk hidup dan menakjubkan, yang dibangunnya dari tabung-tabung plastik dan botol limun. Theo jansen menyebut mereka Hewan pantai atau “Strandbeest” yang didesain untuk bergerak dan bahkan untuk bertahan hidup secara mandiri, ”Strandbeest” (Hewan Pantai) tampak begitu organik, yang dari kejauhan terlihat seperti serangga besar yang bergerak atau kerangka raksasa prasejarah.

Strandbeest tidak memerlukan mesin, sensor atau jenis lain dari teknologi canggih untuk bergerak, mereka dapat bergerak berkat kekuatan alam yaitu angin seperti pada pantai. Strandbeest ini mampu menggunakan kekuatan elemen angin untuk memindahkan, menyimpan energi untuk digunakan di lain waktu, dan melindungi diri mereka sendiri dari bahaya. Sama seperti makhluk hidup, yang senantiasa berkembang dan belajar hal-hal baru.

Dengan latar belakang pendidikan jurusan fisika, Jansen menemukan perhitungan jarak-jarak antar tabung yang diperoleh melalui perhitungan algoritma yang rumit yang membuat “Strandbeest” berjalan sedemikian rupa, dan hasil perhitungan tersebut menghasilkan 11 angka kunci  atau Jansen menyebutnya ”11 Holy Numbers”.

Agar benda ini dapat mempertahankan hidupnya secara mandiri seperti layaknya makhluk hidup, Jansen menciptakan kecerdasan buatan sederhana yang membuat “Strandbeest” tersebut dapat  mengambil keputusan atas kondisi bahaya pada lingkungan yang dihadapinya seperti laut dan badai.

Pada video di bawah ini Jansen menunjukkan bagaimana strandbeest dapat menjauhi laut saat kakinya menyentuh air melalui pendeteksi air yang akan menghasilkan daya lawan untuk menjauhi laut saat tabung menyedot air. Pada strandbeest ini juga, Jansen memasang detektor badai pada bagian depan”Strandbeest” sehingga pada saat badai datang, strandbeest dapat menancapkan pasak ke tanah untuk membuatnya tetap bertahan di daratan.

Jansen memiliki cita-cita bahwa kelak Strandbeest ini dapat bertahan hidup secara mandiri. Sehingga, berbagai evolusi atas penelitian ini telah dilakukan Jansen selama lebih kurang 16 tahun. Saat ini Jansen sudah bekerja pada generasi ketujuh standbeest  yaitu Strandbeest yang dapat mengangkut penumpang  yang dinamakan “Animaris Rhinozeros”.

Pada masa yang akan datang, para seniman Belanda memperkirakan bahwa karya Jansen ini akan menjadi karya yang sangat canggih dan fenomenal, dengan mengembangkan sistem otot, sistem saraf, dan beberapa fungsi otak yang dapat mengambil keputusan.

Theo jansen merupakan seniman yang dapat menghidupkan imajinasinya dan akan menjadi pelopor bagi karya-karya kinetis di dunia bahkan penemuan Jansen ini juga bisa dijadikan pelopor bagi penemuan teknologi baru yang ramah lingkungan karena tidak memerlukan sumber energi yang terbatas untuk membuatnya bergerak.

Theo Jansen yang adalah seniman berkebangsaan Belanda, negara dimana terdapat banyak pelopor yang memulai penemuan dan inovasinya berawal dari imajinasi.  Imajinasi menuntun dalam menciptakan hal yang baru sesuai dengan tingkat kreativitas masing-masing individu, merekalah orang-orang yang disebut pelopor sejati di bidangnya.

Referensi

http://www.purselipsquarejaw.org/2008_01_01_blogger_archives.php

http://jeffwerner.ca/2007/04/theo_jansen.html

http://www.artfutura.org/02/05jansen_en.html

http://pradananusantara.wordpress.com/2012/05/03/binatang-buatan-jansen/

http://www.iamexpat.nl/blog/art/theo-jansen-and-his-strandbeests

http://yourdailycake.wordpress.com/2012/05/19/walking-sculpture-theo-jansen/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s