KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#552 Belanda: Sumbangan 100% dengan mamfaat 100%

Leave a comment

Oleh Marta Hasibuan

image

Menyumbang merupakan suatu hal yang mulia karena menyumbang merupakan suatu partisipasi dalam memenuhi kebutuhan seseorang yang membutuhkan bantuan. Hal inilah yang dilakukan bangsa yang dipimpin oleh raja Willem-Alexander, Belanda, melalui segala potensi yang dimiliki bangsa ini mereka menyumbangkan sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat dunia. Tidak seperti kebanyakan orang yang menyumbang dengan menyisihkan 10% dari apa yang dimiliki, namun bangsa Belanda menyerahkan 100% potensinya bagi kepentingan seluruh masyarakat dunia.

Para inovator Belanda yang dermawan ini menyumbangkan 100% potensi mereka melalui penelitian dalam bidang teknologi, kedokteran, transportasi, dan sains. Dan sumbangan dari bangsa Belanda diberikan 100% bagi seluruh masyarakat dunia ini dapat dirasakan 100% mamfaatnya oleh seluruh masyarakat dunia.

  1.Bakteri

Penelitian dari ilmuwan Belanda “Antony Van Leewenhoek” yang merupakan salah satu sumbangan 100%  dengan mamfaat 100% bagi masyarakat dunia diantaranya adalah penemuan Bakteri. Kesungguhan 100% dari Leewenhoek yang  dikenal sebagai “pionir hewan mikroskopis” ini terlihat dari penemuannya terhadap makhluk hidup yang amat kecil yang bahkan tidak dapat kita lihat dengan kasat mata. Dengan adanya penemuan Bakteri,saat ini masyarakat dunia dapat merasakan 100% mamfaatnya melalui pengetahuan mengenai  mamfaat dan bahaya bakteri yang ada di sekitar lingkungan kita, bahkan saat ini kita dapat menemui makanan bahkan obat-obatan yang berasal dari bakteri.

 2. Mesin Ginjal

Mesin yang dapat menggantikan fungsi ginjal ini diciptakan oleh seorang berkebangsaan Belanda bernama Williem Kolff, pada tahun 1944.  Dikatakan sumbangan dengan keikhlasan dan kesungguhan 100%, hal ini dilihat dari mesin cuci darah yg diciptakan Willem Kolf tidak dipatenkan oleh dirinya. Ia beralasan karena temuannya merupakan pengabdian kepada rasa kemanusiaan.

Bahkan dengan kesungguhan 100% tidak dirasa cukup oleh Kolf, ia juga melakukan penelitian untuk mesin jantung buatan di Cleveland Clinic Foundation, dan sekarang para penderita sakit ginjal dapat merasakan 100% mamfaat atas penemuan atas kebaikan hati Willem Kolff ini.

Atas jasa Willem Johan Koff,  beliau kemudian diakui sebagai Bapak Organ Tubuh Buatan dan disebut sebagai salah seorang ilmuwan paling penting di abad ke-21. Dia meraih lebih dari 12 gelar doktor kehormatan di berbagai universitas di dunia dan lebih dari 120 penghargaan internasional, di antaranya Harvey Prize (1972), AMA Scientific Achievement Award (1982), the Japan Prize (1986), the Albert Lasker Award for Clinical Medical Research (2002), dan the Russ Prize (2003).

3. Elektrokardiograf

Sumbangan 100% lainnya dari bangsa Belanda ini adalah alat elektrokardiografi (EKG) yang merupakan terobosan besar di bidang kedokteran, dan mamfaat 100% yang dapat dirasakan adalah alat ini dapat digunakan di seluruh dunia untuk mendiagnosis dan mengevaluasi berbagai penyakit jantung.

Ilmuwan dermawan atas alat Elektrokardiograf yang ditemukan pada tahun 1903 adalah Willem Einthoven berkebangsaan Belanda  yang lahir di Semarang, Jawa, Hindia-Belanda (kini Indonesia), pada 21 Mei 1860 dan saat ini banyak orang mengenal Einthoven sebagai pionir dalam hal Elektrokardiagraf.

Mesin ini membutuhkan waktu ratusan tahun untuk penyempurnaan dari bentuk mesin dasar hingga mesin yang saat ini sering kita jumpai, namun terminologi yang digunakan dalam penggambarkan EKG berasal dari penemuan Einthoven. inilah bukti kesungguhan 100%  yang diperuntukkan 100% mamfaatnya bagi masyarakat dunia.

Referensi

http://ms.wikipedia.org/wiki/Perekaan_dan_penemuan_Belanda
tokohsejarah.blogspot.com
http://kelompok2brc.blogspot.com/2009/08/mamfaat-protozoa-muh-ridwan-ali.html
http://pengetahuanpopuler-pengetahuan.blogspot.com/2010/05/penemu-mesin-ginjal.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Willem_Johan_Kolff
http://trussty-jasmine.blogspot.com/2012/03/pionir-hemodialysis.html#axzz2SbaaaBRQ
https://stendanson.wordpress.com/2010/11/15/penemu-penemu-dunia-semua-penemuan-yang-terbaik-sepanjang-masa/
http://herusupanji.blogspot.com/2012/09/willem-johan-kolff.html
http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/2011/01/siapa-penemu-elektrokardiogram.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s