KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#551 “MONSTER PELOPOR”

Leave a comment

Oleh Marta Hasibuan

image

Monster! Mungkin kata inilah yang cocok dalam mendeskripsikan mobil sport buatan negeri Belanda ini. Monster yang pada umumnya memiliki ciri-ciri berbobot berat, memiliki tenaga super, dan berkuasa di species-nya, inilah yang juga dimiliki mobil negara bunga tulip ini yaitu mobil Doonkervoort D8 GTO.

Mobil Doonkervoort D8 GTO ini memiliki bobot 700 kg dengan kapasitas mesin 2500 cc, super berat dan super cepat seperti umumnya kekuatan para monster.

Selain bobot dan tenaga super-nya, mobil monster ini memiliki bentuk yang sangat unik dengan bagian kap mesin dan fender dibuat terpisah seperti mobil balap Catterham di Inggris dan bagian depannya terinspirasi dari mobil balap F1 tahun 1950-an.

Mobil ini tidak hanya memiliki ciri-ciri monster namun juga memiliki karakter pelopor di spesies-nya.

“Pelopor di spesies” yaitu pelopor dalam inovasi yang dimiliki mobil ini diantaranya rangka mobil monster ini terbuat dari tabung besi baja yang mampu menahan benturan ketika terjadi kecelakaan. Bahkan rangka kaca depannya pun sudah dipersiapkan mampu menahan tekanan angin yang cukup kencang serta tumbukan ringan.

Bukti nyata bahwa mobil ini merupakan sang “Monster Pelopor di spesies-nya”  sesungguhnya terlihat dari berbagai inovasi yang belum pernah diterapkan pada mobil-mobil sport lainnya. Diantaranya, kunci pada bonnet yang terbuat dari alumunium yang juga diambil dari teknologi roket di Amerika, ringan dan mudah digunakan.

Ditambah lagi, bagian pintu “Mobil Monster” ini juga dibuat dari komposit karbon dengan penemuan unik pintu one piece, mampu menahan beban hingga 1.500 kg dan engselnya bisa menerima beban lebih dari 110 kg. Namun yang cukup mencengangkan, total berat pintu ini hanya hanya 980 gram! Mampu menahan berat namun memiliki berat yang ringan??  Inilah teknologi yang diambil dari pesawat terbang ini yang belum pernah diaplikasikan sebelumnya pada spesies mobil lainnya.

Kini dalam dunia perindustrian, mobil “Monter Pelopor Donkervoort” ini pun dipercayakan sektor performanya kepada perusahaan Audi Quattro GmbH.

Prestasi yang dimiliki sang “Monster Pelopor” ini adalah pada tahun 2012 yang lalu, tim uniqgear yang merupakan tim independen yang terkenal dalam menilai mobil-mobil terbaik di dunia telah merangkum sepuluh mobil terbaik dan mobil Donkervoort D8 GTO menduduki posisi pertama sebagai mobil terbaik. Hal ini merupakan prestasi yang tidak diragukan lagi karena dengan segala inovasi kecanggihan yang diterapkan pada mobil Donkervoort ini semua pasti mengakui bahwa monster asal Belanda ini adalah pelopor bagi dunia otomotif “sportscar”  di dunia.

Referensi

http://eramobila.blogspot.com/2012/10/mobil-sport-belanda-donkenvoort-d8-gto.html
http://www.topspeed.com/cars/donkervoort/index323.html
http://autobild.co.id/mobile-autobildindonesia/index.php?t=detil&id=5027
https://www.popular-world.com/control/Archive?articleId=531
http://www.uniqgear.com/blogs/view/491/10-mobil-terbaik-tahun-2012
http://otomotif.kompas.com/read/2011/12/28/200/Bad.Boy.ala.Doonkervort#

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s