KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#549 Negara Kincir Angin dalam Pandangan yang Tersirat

Leave a comment

Oleh Binti Nikmatul Afdila

Takjub, heran dan senang ketika mendengar kata Belanda. Sejenak terlupa makna sejarah yang memaksa kita, orang Indonesia, untuk melupakan arti sebuah jajahannya. Belanda dimata saya merupakan negeri yang penuh dengan peningkatan. Segala aspek telah mencapai titik yang stabil serta dapat menjadi negeri negeri yang bisa dibilang untuk menjadi contoh bagi negeri-negeri yang lain. Pendidikannya yang telah membius para siswa Negara lain untuk siap dan tertarik untuk merebut segala tawaran beasiswanya. Sisi pendidikan ini kita bisa temukan beberapa universitas yang berada di Belanda seperti Utrecht University, Leiden University dan begitu banyak jumlah yang lainnya. Semua universitas itu memang sudah saatnya untuk membagi Ilmu yang diunggulkannya untuk negeri lainnya. Keilmuan yang begitu pantas untuk dipelajari lebih lanjut dan diusahakan untuk mengambil sisi positinya agar bisa diaplikasikan dalam system pendidikan Indonesia, terutama dalam keilmuan hukumnya.

Indonesia saatnya berteman dengan Belanda. Sudah tidak musimnya menyimpan kenangan pahit selama 350 tahun untuk saat ini bagi Indonesia terhadap aksi Belanda sebelum kemerdekaan. Banyak pengetahuan baru yang mungkin belum dunia fikirkan, kini sudah direncanakan lebih jauh oleh Belanda.  Selain paparan perkembangan Belanda di atas, ada hal menarik lainnya yaitu konsep  arsitektur, Belanda merupakan salah satu Negara yang memepunyai rancangan arsitektur rumah apung yang luar biasa. Sehingga pencaaian itu bisa disambut dengan mewah oleh jajaran Negara lainnya, termasuk Indonesia. Rancangan ini didesain untuk menagkal Banjir. Agar ketika Banjir datang rumah tidak tenggelam karena bisa mengapung.

Hal menarik dari Belanda menurut penulis yang terakhir adalah ide kincir angin yang sudah saatnya untuk dipelajari bagi Negara lain. Tidak ada waktu untuk menunggu, jika ingin berkembang maka sebuah Negara harus berubah. Perubahanpun hanya bisa terjadi jika ada sebuah tindakan. Penulis yang saat ini mempelajari hubungan internasional sangat ingin mengetahui lebih lanjut mengenai progress Belanda, agar bisa mejadi sebuah ide baru untuk negeri Surga, Indonesia.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s