KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#548 Belanda Pioneer Negara Maju Dunia

Leave a comment

Oleh Cindy Arieska Pratiwi
Pioneer adalah seseorang yang membantu untuk membuka jalur baru penelitian,teknologi, dan seni. Belanda adalah salah satu negara di dunia yang mampu menjadi pioneer yang dapat mensejahterakan masyarakatnya hingga membantu masyarakat dunia. Tak terkecuali negara- negara maju seperti Jepang, Amerika dan Rusia.
 
Gambar 1. Hugo Grotius-Filsuf Belanda
Hugo Grotius (1583-1645)  seorang filsuf Belanda yang menjadi pionir dari pandangan-pandangan modern terhadap hukum internasional dan salah satu pemikir besar tentang hukum alam, dalam karyanya yang berjudul The Law of War and Peace. Hugo Grotiusberargumentasi bahwa “Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial dan makhluk yang bersaing. Akan tetapi, manusia dapat hidup dengan damai walaupun terdapat potensi konflik dalam dirinya. Hal itu dapat dicapai dengan cara menghormati hak-hak setiap orang”.
 
Gambar 2. Pioneer
Ungkapan Hugo Grotius dapat terlihat pada negara Belanda, meskipun sejak berabad-abad lalu hingga sekarang Belanda memiliki keunggulan diberbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi dikarenakan semangat dan tradisi inovasi sumber daya manusia Belanda. Belanda tak lupa untuk tetap berbagi ilmu kepada negara- negara lain di dunia.
 
Gambar 3. Irigasi-Fukushima
1.      Jepang
Jepang adalah salah satu negara yang memiliki kekuatan ekonomi yang dapat diperhitungkan. Tetapi tahukan anda? Pada masa Restorasi Meiji, seorang negarawan Jepang, yakni Nishi Amane (yang mengenalkan modernisasi barat ke Jepang) dan Tsuda Mamichi (yang menyusun pembaharuan hukum) adalah utusan Jepang yang dikirim ke Belanda untuk mempelajari ilmu politik, ilmu hukum, dan ilmu ekonomi di Universitas Leiden, Belanda.
Selain mengirimkan utusan ke Belanda. Jepang juga belajar  pada Belanda untuk civil engineering dan ilmu sosial. Jepang juga mengakui kehebatan Belanda dalam penanganan banjir, pembuatan sistem irigasi, pelabuhan, dan bendungan. Kanal irigasi di Fukushima adalah bantuan pertama insinyur Belanda C.J Van Doorn kepada Jepang.
 
Gambar 4. California Bay Delta
2.      Amerika
Amerika adalah negara adikuasa dunia. Tetapi hal ini tidak lantas membuat Amerika hebat disegala bidang. Terbukti pada tahun 2005 saat terjadi badai Katarina (salah satu badai yang paling mematikan yang terjadi di Amerika Serikat) mengakibatkan Amerika Serikat merugi sebesar US$200 miliar.  listrik di tiga kota besar, yakni Lousiana, Mississippi dan Alabama, padam total, menewaskan hingga 1.289 jiwa dan membuat sekitar 60 ribu warga mengungsi. Untuk mengurangi resiko terjadinya darurat manajemen air maka, Amerika menggandeng Belanda untuk membuat California Bay Delta, terispirasi dari Delta Works yang ada di Belanda.
 
Gambar 5. Terminal Europoort
3.      Rusia
Belanda dan Rusia adalah kedua negara energi. Kedua negara ini memiliki pengetahuan, keahlian dan jangkauan internasional yang saling melengkapi. Direncanakan pada tahun 2016satu miliar dolar Tank Terminal Europoort Barat dekat daerah pelabuhan Maasvlakte 2 harus sudah bisa digunakan. Karena mereka akan  memberikan kontribusi untuk keamanan energi yang lebih baik untuk Uni Eropa dan Rusia. Mengapa Rusia melibatkan Belanda dalam pengembangan energi? Jawabannya adalah karena Belanda memiliki pengalaman yang cukup dalam menilai dan meminimalkan bahaya lingkungan serta memiliki banyak pengalaman dalam bekerja dalam keadaan ekstrim.
Dari hal yang saya paparkan di atas, kita bisa mengambil pelajaran berharga dari negara yang memiliki luas kurang lebih 41.785 km2 ini. Bahwa keterbatasan wilayah bukan menjadi penghalang kemajuan suatu bangsa. Bahkan dari banyaknya kekurangan yang ada bisa membuat kita semakin kreatif dan inovatif serta mampu memberikan kontribusi terhadap kesejateraan dunia.
Refrensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s