KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#547 Pers Belanda : Pioneer Bebas “Ngomong” di Eropa

Leave a comment

Oleh Arjuna Putra Aldino

Belanda adalah Negara secuil di daratan eropa, yang wilayahnya tidak lebih besar dari provinsi-provinsi di Indonesia seperti Jawa dan Sumatra. Belanda hanya mengisi sekitar 0,03 daratan bumi.  Akan tetapi kita jangan salah, si mungil kincir angin ini dunia internasional di akui kesohorannya di bidang kebebasan persnya. Kebebasan “ngomong” atau berpendapat dan berekspresi sangat di jamin di Belanda. Belanda sebagai negara demokrasi, belanda sangat menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dan kebebasan “ngomong”. Sejak tahun 2007, Freedom House’s Freedom of the Press menobatkan Belanda sebagai 1 dari 10 negara di dunia yang menjamin kebebasan pers [i]. Di tengah gejolak politik dunia saat ini terutama gejolak politik timur tengah dimana banyak pemberitaan yang bias yang mengancam kedaulatan negara, banyak Negara seperti Korea Utara dan Turki melakukan pengekangan, pembatasan sampai pembunuhan terhadap para jurnalis. Dalam keadaan demikian, belanda justru tampil sebagai pioneer dalam kebabasan pers. Bertepatan dengan hari Pers Sedunia 2013, Reporters Without Borders menyatakan Belanda sebagai negara kedua di dunia yang menjamin keberadaan pers [ii].

Terbukti bahwa demokrasi di belanda lebih di utamakan sebagai pilar membangun bangsa. Sebagai fondasi untuk menjamin stabilitas politik. Terkadang dunia sering keliru dalam hal ini, ketika sebuah negara ingin adanya stabilitas politik hal yang sering dilakukan adalah penyensoran, pembatasan dan pengekangan terhadap geliat pers. Akan tetapi, belanda membuktikan sebaliknya bahwa stabilitas politik dapat di capai justru dengan menjamin kebebasan pers. Disinilah dunia harus mengakui bahwa belanda sangat serius dalam mengembangkan demokrasi dan mewujudkan kekuatan  civil society melalui kebebasan pers dalam memajukan bangsanya. Melalui partisipasi politik dari civil society yang aktif dan sadar, belanda membuktikan pada dunia bahwa dia adalah negara yang tersohor dalam bidang kebebasan pers dan negara yang stabil di bidang politik dan ekonomi. Terbukti belanda dapat bertahan di tengah krisis ekonomi yang melanda eropa dan amerika.

Bukan hanya itu, komitmen pemerintah belanda dalam menjamin kebebasan pers ditunjukan dalam gerakan Bits of Freedom, sebuah lembaga nirlaba yang dibentuk tahun 2000. Lembaga ini memperjuangkan kebebasan berkomunikasi di dunia digital dan berhasil memprakarsai pengesahan net neutrality law pada tahun 2012. Belanda adalah negara pertama di Eropa yang memiliki net neutrality. Hukum ini melarang provider internet untuk campur tangan atau menutup server tertentu. Selain itu, provider dilarang menarik biaya tambahan dari konsumen untuk aplikasi gratis seperti Skype dan Whatsapp [iii]. Disinilah bukti bahwa kebebasan “ngomong” dan berekspresi di belanda justru menjadi suluh kemajuan negara. Kebebasan “ngomong” dan berekspresi di belanda telah menjadi oksigen guna mempertahankan kestabilan kondisi di berbagai sektor pengelolaan negara. Peran pers sangat penting guna pendidikan politik masyarakat. Wajar ketika di belanda sangat mudah terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia, karena pers telah di jamin kebebasannya sehingga pers dapat menjalankan perannya dengan baik. Stabilitas politik melalui Check and Balanced ketika pers dapat dengan bebas melakukan kritik dan koreksi terhadap segala sesuatu yang tidak beres dalam segala persoalan.

Referensi

[i] Anon. (2010). Freedom of Expression: Country Studies-Netherlands. In Democracy Web: Comparative Studies in Freedom. Retrieved from http://www.democracyweb.org/expression/netherlands.php

[ii] 2013 World Press Freedom Index: Dashed hopes after spring. In Reporters Without Borders. Retrieved from http://en.rsf.org/press-freedom-index-2013,1054.html.

[iii] van Daalen, O. (2012). Netherlands First Country in Europe with Net Neutrality. In Bits of Freedom. Retrieved from https://www.bof.nl/2012/05/08/netherlands-first-country-in-europe-with-net-neutrality

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s