KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#545 Gatso: Dari Belanda Untuk Dunia

Leave a comment

Oleh Dina Heriyati

Setiap mendengar bunga tulip, kincir angin, sepeda dan kanal hal yang terlintas dibenak kita pertama kali apalagi kalau bukan Negara Belanda. Lalu, apa yang terlintas dipikiran kalian ketika mendengar kata Gatso?. Ternyata tidak banyak yang tahu bahwa Gatso ini berasal dari Belanda. Gatso adalah sebuah sistem manajemen lalu lintas yang terdiri dari speed camera dan red light camera yang dipasang di jalan raya yang berfungsi untuk merekam kecepatan kendaraan sebagai pendukung kegiatan penindakan  pelanggaran lalu lintas.

Gatso ditemukan oleh Maurice Gatsonides, seorang rally driver berkebangsaan belanda yang lahir di Indonesia. Selain berprofesi sebagai pembalap, Maurice juga merupakan seorang teknisi. Dia menemukan sebuah perangkat untuk merekam kecepatannya saat ia melaju melalui berbagai kurva dan konfigurasi jalan sehingga ia bisa meninjau jalur dan kecepatannya untuk mengoptimalkan performa pada saat perlombaan. Berawal dari temuan tersebut, pada tahun 1958 ia memperkenalkan perangkat pengukur kecepatan pertama di dunia atau yang lebih dikenal sebagai world’s first speed measuring device. Pada tahun yang sama, Maurice mendirikan perusahaan dengan nama “Gatsometer BV” yang hingga sekarang menjadi pemimpin industri speed camera dan red light camera.

Maurice membuktikan kepionirannya di dunia traffic enforcement melaui temuan-temuan lainnnya seperti perangkat kamera perekam kecepatan pertama di dunia (world’s first speed enforcement camera) pada tahun 1964. Kemudian red-light camera pertama di dunia pada tahun 1966, radar pengukur kecepatan pada tahun 1970, first mobile radar speed control pada 1980. Maurice melanjutkan pembuktian kemahirannya melalui penemuan world’s first red light enforcement system in combination with speed based on loops pada tahun 1989, dan world’s first lane specific speed enforcement system linked to variable speed signs pada tahun 1993. Pada tahun 1994, Gatso mengenalkan world’s first section control solution, world’s first to offer a front/rear camera system for speed pada tahun 1996, first digital red-light camera pada tahun 1997, Gatso Loopless Trigger Radar pada tahun 2005 dan pada tahun 2010, Gatso menjadi yang pertama dalam pengintegrasian AMBER Alert pada perangkat kameranya.

 Gatso memiliki visi “making traffic safer’ dan misi “contribute to reducing the dramatic figures of traffic injuries”. Selama lebih dari 50 tahun, Gatso sudah menginstalasi hampir 45.000 buah perangkatnya di lebih dari 60 negara di 6 benua. Kota Cedar Rapids di Negara Bagian Iowa yang menggunakan perangkat Gatso berhasil menurunkan angka kecelakaan lalu lintasnya dari 34 kasus menjadi 8 kasus pada tahun 2010. Pada tahun 2010, Hong Kong yang menggunakan perangkat red-light enforcement system berhasil mencatat penurunan angka kecelakaan lalu lintas secara dramatis sejak tahun 1955.

Penemuan besar perangkat Gatso oleh Maurice memberikan kontribusi yang sangat besar bagi sistem keselamatan lalu lintas dunia. Tanpa adanya perangkat Gatso bisa jadi sampai sekarang angka kecelakaan masih meningkat dan kasus pelanggaran lalu lintas belum menemukan solusinya. Untuk itulah sudah sepatutnya kita berterima kasih kepada Maurice yang telah menciptakan perangkat luar biasa ini. Dank u wel Maurice! Dank u wel Netherlands!

Referensi

http://www.leblogauto.com/2009/01/maurice-gatsonides-de-la-course-a-la-chasse-aux-exces-de-vitesse.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Gatso

http://en.wikipedia.org/wiki/Maus_Gatsonides

Gatso Corporate Brochure (www.gatso.com)

Speed Enforcement Case Study – Cedar Rapids (IA), USA (www.gatso.com)

Intersection Safety Case Study : Hong Kong (www.gatso.com)

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s