KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#544 The Tielman Brothers, Gaung Indorock di Negeri Kincir Angin

Leave a comment

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana

Rolling Stone, Jimi Hendrix, The Beatles? Pasti nama-nama tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tapi pernahkah kalian mendengar tentang nama The Tielman Brothers? Mungkin masih sedikit yang mengetahui tentang keberadaan band ini. Mereka adalah legenda musik rock Belanda pada periode 1960an. Banyak orang menyebut mereka sebagai pelopor musik bergenre indorock. Loh kok ada nama Indonya? Jawabannya simpel, karena mereka berdarah Indonesia.

The Tielman Brothers merupakan sebuah band keluarga yang terdiri dari kuartet kakak beradik. Mereka adalah Andy Tielman, Reggy Tielman, Pothon Tielman dan Loulou Tielman. Darah pemusik diwariskan oleh ayah mereka – Herman Tielman – seorang tentara KNIL (tentara kerajaan Hindia-Belanda) yang hobi bermain musik di waktu senggangnya. The Tielman Brothers mulai terbentuk ketika kakak beradik ini rutin bermain di acara keluarga saat masih bermukim di Surabaya. Ketika tampil, Tielman bersaudara biasa membawakan lagu-lagu dan tari daerah. Gaya bermusik awal mereka dominan dipengaruhi oleh musik keroncong dan musisi lawas Indonesia semisal Sam Saimun dan Bing Slamet. Ketika masih tinggal di Indonesia mereka sempat beberapa kali tampil di hadapan presiden Soekarno sebelum pada tahun 1957 mereka memilih untuk hijrah ke Belanda.
  
The Tielman Brothers mulai dikenal di Belanda berkat aliran indorock yang mereka bawa. Termindorock sendiri  disematkan lantaran gaya bermusik mereka yang memadukan musik Hawaii yang pada saat itu tengah populer di Eropa dengan musik keroncong khas Indonesia. Gaya bermain yang rock n’ roll sekali seperti Elvis Presley turut menambah warna pada aliran musik yang dibawa. Term indorock juga seakan menegaskan status mereka sebagai orang-orang yang datang dari negeri timur nun jauh bernama Indonesia dan turut membawa unsur musikalitas khas Indonesia di dalamnya. Satu hal yang membuat nama mereka begitu dikenang adalah sebuah revolusi bermusik yang mereka tampilkan di atas panggung. Dunia musik Eropa seakan disuguhkan sebuah tontonan baru lewat gaya bermusik yang energik. Salah satunya ketika sangfrontman, Andy Tielman, bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan. Hal itu dilakukan jauh sebelum Jimi Hendrix melakukannya.
  
Pengaruh yang ditimbulkan oleh The Tielman Brothers kepada dunia musik rock Belanda begitu besar. Para pemuda Belanda saat itu banyak yang terinspirasi oleh gaya bermain mereka dan mulai meniru style rockabilly para personilnya. Bahkan pada salah satu kesempatan, George Harrison, personil grup musik The Beatles, secara terang-terangan mengagumi gaya bermain Andy Tielman. Harrison pada satu kesempatan memuji Andy Tielman dengan sebutan “Andy, the Indo-man” setelah melihat atraksi hebatnya di atas panggung. Konon, The Tielman Brothers turut memberikan pengaruh terhadap gaya bermusik The Beatles. Andy Tielman juga dijuluki sebagaithe godfather of indorock dan beliau merupakan pemegang gelar kehormatan Royal decoration in the Order of Orange Nassau berkat dedikasinya kepada dunia musik Belanda.

Andy Tielman

Apa yang telah dilakukan oleh Tielman bersaudara membuktikan bahwa sebenarnya bangsa kita mempunyai potensi untuk menjadi pionir, bahkan di tempat para pionir banyak berasal. The Tielman Brothers telah membuktikan bahwa mereka  memiliki kemampuan itu setengah abad yang lalu. Jika dulu kita bisa, tentu sekarang kita harus bisa.
 
Referensi
Majalah Rolling Stone Indonesia edisi 75, Juli 2011. Konser Terakhir Duta Indorock: Andy Tielman

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s