KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#542 Malu Berkreasi, Sesak di Jalan

Leave a comment

Oleh Muhammad Yusuf

“The Netherlands is densely populated and very mobile.”
Begitulah kalimat yang kira-kira cocok untuk menggambarkan keadaan sosial penduduk Belanda. PADAT dan SANGAT AKTIF.

Populasi

 Cerminan kerapatan dan tingkat mobilitas penduduknya terspionase dari padatnya volume kendaraan di jalan raya. Bayangan saja, sekitar 9 juta kendaraan siap beroperasi tiap harinya, menyebabkan ruas jalan sesak oleh kendaraan.

Sadar akan pentingnya jalan raya sebagai akses utama menuju gerbang pembangunan nasional. Orang-orang Belanda yang terkenal dinamis pun mulai menata sarana dan prasarana transportasinya. Diantaranya melalui manajemen lalu-lintas dan moda transportasinya sendiri.

monitoring1

Adalah Variable Message Signs (VMS), sistem penanda elektronik yang mengatur kelajuan kendaraan di jalan raya. Bilamana volume kendaraan di jalan sedang menumpuk, VMS bertugas menampilkan angka kecepatan kendaraan yang sesuai untuk mengatur harmonisasi kelajuan kendaraan.

VMS

Kelebihan lain dari panel ini juga memberikan informasi mengenai estimasi waktu tempuh rute tertentu dan kemacetan yang terjadi, sehingga pengendara dapat memilih rute alternatif untuk menghindar.

Alhasil, kendaraan dapat mengalir bebas dan selaras.

Berikutnya adalah Smart Highway, yang ini juga tak kalah uniknya. Dengan fitur unggulannya bernama Dark in Glow, jalan aspal hitam-gelap-gulita mampu diubah menjadi jalan terang benderang di malam hari.

Smart

Rahasianya ada pada penggunaan komposisi cat jalan yang dibuat dari bubuk photo-luminescent. Dimana bubuk ini dapat menyimpan energi matahari untuk digunakan menerangi jalan selama lebih dari 10 jam.

Pada tahun berikutnya, Smart Highway juga akan menggunakan teknologi cat yang peka terhadap temperatur, sehingga apabila cuaca dingin jalan raya akan menampakkan pola kristal es yang bisa dilihat pengemudi agar lebih berhati-hati.

Hebatnya lagi, Smart Highway juga akan memfasilitasi mobil listrik untuk melakukan recharge energi pada saat melintas di muka jalan.
Hasilnya pun sangat nyata, para pengendara dapat melaju dengan aman di kala gelap, membantu pemerintah mengurangi biaya tinggi instalasi lampu-lampu jalan, hemat beban listrik, dan kemudahan recharge energi bagi pengendara electric car.
Betul-betul smart and so bright!

Lain lagi dengan alat transportasinya, beberapa jenis kendaraan yang sudah eksis di make-over habis-habisan, sehingga melahirkan prototype jenis baru.

PAL V (Personal Air and Land Vehicle) merupakan perpaduan antara mobil dan gyrocopter, serta penambahan sistem manuver sepeda motor. Ibarat kata, ini merupakan kendaraan “3 in 1”. Keunggulan yang dilahirkan pun beragam, mulai dari hemat bahan bakar, bebas polusi suara, gesit dan kemampuan untuk berkonversi ke mode terbang secara instant.

Ketika volume kendaraan di jalan sedang memuncak, maka PAL V tidak perlu turut serta dalam antrian panjang kendaraan. Cukup dengan bertansformasi, maka ia pun siap melanjutkan perjalanannya di udara.

PALV

Kendaraan unik lainnya adalah Floating Dutchman, bus amfibi hasil persilangan perahu motor dengan bus. Walaupun ia mengapung di permukaan air, tetapi nuanansa bus sangat terasa didalamnya.

FD

Dan masih banyak lagi kendaraan super unik lainnya yang tentu saja berpartisipasi dalam meminimalisir problem berkendara di jalan raya. Zo geweldig!

Tidak mengherankan kemudian, jika Belanda berkembang sangat cepat pada hampir segala aspek kehidupannya. Ini tentunya berbanding lurus dengan usaha dan ide-ide kreatif pioneernya.

Bumi persada pun sepatutnya segera berkaca dari hal tersebut. Senantiasa menggalakkan semangat berkreasi dan berinovasinya. Demi mewujudkan visi-misi negeri ini dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan sepenuhnya.

Referensi
http://www.connekt.nl/uploads/2011/09/its-in-the-netherlands.pdf
http://www.holland.com/global/tourism.htm
http://www.triplepundit.com/2013/02/smart-highway-be-installed-netherlands-2013/
http://www.pal-v.com
http://www.dailymail.co.uk/news/article-2045058/Super-bus-takes-23-passengers-travels-155mph.html
http://www.traffictechnologytoday.com/news.php?NewsID=30346
http://www.ieahev.org/by-country/the-netherlands-industry/
http://en.wikipedia.org/wiki/Electric_car

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s