KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#537 The Colour of carrot is Orange, Isn’t?

1 Comment

Oleh Lina Febrianty 

“Apa yang anda ketahui tentang wortel?”

Saya yakin, pertama kali yang terbesit dipikiran anda adalah wortel sendiri yang berwarna oranye.

Wortel yang mempunyai nama latin Daucus Carota adalah jenis sayuran umbi akar. Wortel mempunyai siklus hidup 12-24 bulan dengan tinggi sekitar 1 meter dengan bunga berwarna putih. Wortel kaya akan vitamin A sehingga baik untuk kesehatan mata. Disarankan bagi para orang tua untuk membiasakan anak-anaknya memakan wortel karena pada umumnya kita tahu bahwa anak-anak tak suka makan sayur.

Usut punya usut tahukah kalian sebenarnya apa warna wortel sebenarnya? Bukan oranye ! Awalnya wortel merupakan tanaman liar yang hanya diambil bunga maupun daunnya saja. Wortel sampai pada Yunani dan Romawi sejak sebelum masehi. Namun wortel sendiri mulai dikenal sejak abad ke-1 masehi. Tak lama kemudian pada abad ke-10 masehi wortel mulai dbudidayakan di Afganistan. Sejak saat itu wortel muncul dalam beragam warna merah, hitam, ungu, putih dan kuning.

Pada tahun 1500-an beberapa petani Belanda berinisiatif untuk membuka ladang di kota Hoorn, Belanda Utara. Entah apa alasannya, mereka suka menanaminya dengan wortel. Pembudidayaan wortel itu tak berhenti disini karena melalui rekayasa genetika, wortel itu dibiakkan menjadi berwarna oranye.

“Kenapa harus warna oranye?”

Beberapa alasan kuat disebut karena sebagai bentuk dukungan para petani terhadap Willem van Oranje, pemimpin perjuangan kemerdekaan Belanda. Alasan lain yaitu sebagai senjata perlawanan. Ketika para pejuang faksi politik Belanda sedang bertikai dengan keluarga kerajaan Oranje, mereka menganggap wortel sebagai salah satu senjata perlawanan. Mereka mengatakan “wortel yang dijual dengan akarnya, dianggap terlalu mencolok dan karena itu dianggap sebagai provokasi.”

Jadi apapun alasan para petani di Hoorn Belanda telah sukses menjadikan wortel berwarna oranye terkenal di seluruh pelosok negeri. Inilah simbol warna oranye Belanda !

Referensi

http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/wortel-oranye-karena-belanda
http://www.carrotmuseum.co.uk/history.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#537 The Colour of carrot is Orange, Isn’t?

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s