KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#536 Berkreasi dengan jalan paving !

Leave a comment

Oleh Lina Febrianty

“Belanda.. Netherland.. Dutch.. Holland..

Sering mendengarnya?”

Yaa.. tentu saja ini adalah negara Tulip yang penuh dengan berjuta inovasi. Mulai dari sisi sosial, budaya, maupun teknologi. Di Belanda pemerintah maupun pihak swasta memang sengaja untuk melestarikan inovasi-inovasi dari masyarakat setempat. Salah satunya dengan memberikan Award setiap tahunnya. Hadiahnya juga menggiurkan, yaitu pendananaan untuk mengembangkan inovasinya tadi. Tentu saja hal ini memacu individu maupun kelompok untuk berlomba lomba berkreasi.

Satu hal menakjubkan di negara kincir angin adalah pemasangan paving block terlihat amat mudah layaknya menggelar sebuah karpet saja. “Berjongkok atau berlutut untuk menempatkan batu bata di permukaan tanah dengan tangan terlalu melelahkan” tutur seorang beranama Henk van Kuijk, direktur perusahaan industri Vanku dari Belanda. Dari masalah inilah sebuah mesin instan diciptakan untuk menjawab pernyataan tersebut. Mesin inovatif itu diberi nama “Tiger-Stone”, yaitu sebuah mesin paving dengan lebar hingga 6 meter. Alat ini dirancang berdasarkan pada sistem berbasis gravitasi sehingga paving-paving tersebut dapat meluncur secara bersamaan dalam lembaran paving pada tanah.

lina

Banyak keunggulan yang dapat diuraikan dari alat yang bernama “Tiger stone” ini. Produktivitas alat ini setidaknya 300 meter persegi per hari. Apabila dibandingkan dengan pemasangan paving secara konvensional dengan tangan yang hanya mampu menyelesaikan antara 75 dan 100 meter persegi per hari, hemhh.. rasanya Amazing !

Biaya pemeliharaan untuk alat ini tak begitu mahal mengingat tingginya tingkat produktivitasnya. Selain itu untuk mengoperasikan alat ini cukup mudah, hanya cukup dioperasikan oleh 1 sampai 3 orang operator dan tenaga listrik maka jalanlah alat ini!

Pengerjaan pada malam hari? Kenapa tidak. Meski bertenaga listrik namun pada saat beroperasi mesin ini sungguh dirancang dengan sangat minim kebisingan.  Untuk masalah harga, mesin Tiger Stone ini dibandrol seharga €60.000 sampai €80.000 (780 juta sampai 1 milyar Rupiah).

Kualitas kerja yang tinggi dibuktikan dengan hasil akhir dari pengerjaan yaitu paving-paving segera terkunci ketat antara trotoar dan badan jalan serta selesai pada waktunya dan tidak ada limbah atau sampah di jalan! Tak khayal apabila mesin tiger stone ini masuk dalam jajaran nominasi “Herman Wijffels Innovation Award 2010” yaitu sebuah ajang bergengsi memuat tentang inovasi-inovasi di Belanda yang di selenggarakan oleh bank multinasional Belanda “Rabobank”.

Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan masyarakat yaitu :

“Lalu harus kemana pekerja-pekerja yang selama ini mengerjakan paving?”

Mereka tetap dapat bekerja dengan mengerjakan hal yang lain, contohnya adalah pemadatan, bertujuan agar paving yang telah terpasang menjadi semakin melekat dengan tanah dasar yang menjadikan paving tidak mudah terlepas dan tidak mengakibatkan jalan menjadi bergelombang. Adanya alat ini juga diupayakan agar para pekerjanya lebih termotivasi dan antusias.

Keuntungan lainnya adalah :

1. Efisiensi waktu ! Tepat rasanya untuk mengibaratkan manfaat dari Tiger Stone.

2. Produktifitas tinggi ! Tak lengkap rasanya jika meminimkan waktu kerja tanpa meningkatkan produktifitas.

Begitu banyaknya keuntungan dari alat ini, rasa-rasanya sudah saatnya kita melakukan perubahan. Handmattige ga naar machine !

Referensi

http://www.tiger-stone.nl

http://www.dailymail.co.uk/news/article-2276585/Follow-self-road-Incredible-machine-lays-carpet-bricks-removing-breaking-hard-work.html#axzz2KarV9bO8

http://coffeeandtelogodhog.blogspot.com/2010/11/tekhnologi-konstruksi-mesin-penyusun.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s