KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#534 Mengenal Koen Olthuis dan Waterstudio.NL, Duet Arsitek dan Perusahaannya : Pionir Konsep Pembangunan Sistem Terapung di Belanda

Leave a comment

Oleh Alfina Hapsari

Belanda, Negara yang telah menjajah Indonesia selama kurang lebih 3,5 abad merupakan negara yang kaya akan kreativitas, salah satunya terkait dengan manajemen air. Belanda adalah salah satu negara yang letaknya paling rendah di dunia. Sekitar 70 persen wilayah Belanda memang berada di bawah permukaan laut dan dilewati tiga sungai besar yaitu Sungai Rhien, Waal, dan Maas (Meuse) yang berpotensi menyebabkan banjir. Kondisi geografis yang seperti ini tidak membuat Belanda berdiam diri, melainkan semakin terpacu kreativitasnya untuk melawan dan mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini ditunjukan dengan semangat anak Negeri Belanda yang mengabdikan dirinya dalam bidang arsitektur dan membawa Belanda menjadi Negara dengan kemampuan manajemen air dan tanah yang terbaik di dunia.

Siapakah sosok tersebut? Dia adalah Koen Olthuis, seorang arsitek istimewa dari Belanda, dimana karya pioner-nya telah menyelamatkan wilayah kota yang rendah dari ancaman kenaikan permukaan air laut. Koen Olthuis dimasukkan ke dalam daftar orang paling berpengaruh tahun 2007 oleh Majalah TIME  karena karyanya telah memperoleh perhatian global tentang apa yang seharusnya dilakukan kota-kota besar di seluruh dunia untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan iklim dan perkembangan populasi. Perusahaannya, Waterstudio.NL, adalah jawaban di balik bentuk unik pengembangan arsitektur berbasis air yang menempatkan bangunan dan struktur lainnya di atas air dengan memakai pondasi apung

Waterstudio.NL merupakan perusahaan pionir dalam bidang arsitektur, desain, perencanaan kota dan ekonomi yang berfokus pada elemen-elemen apung di atas air. Waterstudio.NL merancang semua bangunan agar bisa naik dan turun sesuai dengan ketinggian air. Perusahaan arsitektur asal Belanda yang berbasis di Rijswijk ini, namanya telah mendunia dengan mendesain struktur bangunan mengapung di berbagai negara di dunia, seperti  Moskwa, Argentina, Brasil, Jepang, dan China.

http://www.youtube.com/watch?v=Ve5faGqcYcQ

http://www.youtube.com/user/Waterstudionl

Koen Olthuis dengan perusahaannya percaya bahwa apapun yang dilakukan terhadap bumi ini akan berdampak terhadap lingkungan. Usaha solutif untuk menyeimbangkan pembangunan dengan kelestarian lingkungan yaitu dengan konsep pembangunan apung. Konsep ini akan menghasilkan bangunan tanpa cacat, karena dalam prosesnya mengandung dua poin penting, yaitu tidak ada jejak karbon dan tidak ada jejak fisik.

  1. Tidak ada jejak karbon

Waterstudio.NL berusaha dalam setiap proses pembangunan, sebisa mungkin tanpa emisi CO, upaya ini didukung dengan memasang panel surya mengapung di sekeliling bangunan.

  1. Tidak ada jejak fisik

Waterstudio.NL tidak akan meninggalkan jejak fisik dalam pembangunannya, hal ini dikarenakan Waterstudio.NL akan membuat bangunan yang fleksibel dan dapat dipindah tanpa meninggalkan bekas fisik pada lokasi sebelumnya.

Pemikiran yang sangat briliant, dimana kebutuhan untuk pembangunan terus menerus tetap dilakukan dan lingkungan tidak menjadi korban atas pembangunan tersebut.

Belanda telah bersiap dengan teknologi zaman keemasan karya Koen Olthuis tentang kehidupan di kota yang selaras dengan air demi masa depan yang gemilang, Because Olthuis believes that the best way to live with water is to live on water. Hakikatnya Tuhan menciptakan manusia di bumi ini untuk selalu berpikir dan berusaha. Jika kita selalu berpikir dan berusaha, kepastianlah yang akan menjawab usaha kita. Indonesia juga pasti bisa untuk sejajar atau bahkan lebih dari Belanda. Kegigihan anak negeri Belanda untuk selalu menjadi pionir dalam segala aspek-lah yang harus dijadikan teladan bagi anak negeri Indonesia. Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Referensi

http://suprememastertv.com/ina/bbs/board.php?bo_table=featured_ina&wr_id=791&goto_url=iphone&url=link3_1&eps_no=1583&show=ajt&flag=1
http://www.youtube.com/user/Waterstudionl
http://www.waterstudio.nl
http://www.waterstudio.nl/images/pa/w402_2_harschel_foto4.jpg
http://www.waterstudio.nl/images/pa/w410_huijing_visual.jpg
http://assets.inhabitat.com/wp-content/uploads/waterstudiomainsnell.jpg
http://www.waterstudio.nl/images/pa/2056_bam.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/1e/Koen_Olthuis.jpg/220px-Koen_Olthuis.jpg

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s