KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#533 Masih Ada Belanda di Indonesia

Leave a comment

Oleh Pipit Puspita Sari 

Walaupun Indonesia telah terbebas dari jajahan Belanda ratusan tahun yang lalu, tahukah anda bahwa masih ada Belanda di Negara Indonesia? mari simak sekilas tentang keberadaan Belanda di Indonesia. Ini dia si ‘Belanda’ yang sudah lebih dari 100 tahun bertahan di Indonesia (source: http://tempo.co )

Salah satu Belanda yang masih tegap berdiri di pribumi adalah Katoelampa-dam atau Bendungan Katulampa. Iya, Belanda yang saya sebutkan disini bukan penjajah yang menakutkan yang ingin menguasai Tanah Air seperti masa lampau, namun merupakan karya-karya jaman pemerintahan Hindia-Belanda di Indonesia yang sampai sekarang masih memiliki kebermanfaatan dan berpengaruh penting untuk Indonesia. Tentang si ‘Belanda’ yang mempunyai nama Katoelampa-dam atau Bendungan Katulampa ini, warga ibukota dan sekitarnya pasti tidak asing dengan nama tersebut yang hampir selalu muncul disaat musim hujan di Indonesia.

Bendungan Katulampa merupakan bagian sistem perairan di jaman Belanda yang memiliki panjang total 74 meter. Pemerintahan Belanda sudah sejak lampau merencanakan agar kota Batavia (sekarang Jakarta) terbebas dari banjir. Katulampa dirancang untuk mengatur debit air ke kawasan bawah, serangkai dengan Kanal Banjir Barat, Kanal Banjir Timur, dan kanal-kanal kecil lainnya. Pada saat musim hujan, bendungan ini bisa dilewati air dengan debit 630 ribu liter air per detik atau ketinggian 250 centimeter. Selain untuk pengendalian banjir Katulampa juga disebut memiliki fungsi sebagai sistem irigasi. Sekitar 5000 hingga 7000 hektar persawahan dijaman itu mampu dialiri melalui Oosterslokkan (Kali Baru). Sistem Oosterslokkan ini disebut sebagai sistem irigasi tertua yang dibangun oleh Belanda karena jaman itu persawahan di Indonesia belum pernah ada yang menggunakan sistem irigasi serupa.
sungai katulampa 1920-1930 katulampa-dam 2013 (source: http://id.wikipedia.org) (source:http://news.detik.com)

Pembangunan bendungan Katulampa dengan biaya 80.000 gulden ini, dimulai 16 April 1911 dan selesai pada awal Oktober 1912, serta diresmikan oleh Gubernur Jenderal Alexander Willem Frederik Idenburg pada 11 Oktober 1912 yang turut dihadiri oleh pejabat pada masa itu mulai dari camat hingga bupati serta tentu saja sang kreator Ir. Van Breen sebagai orang yang memperkasai karya bendungan tersebut. Hingga sekarang bendungan Katulampa masih tegap berdiri di di Kelurahan Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat dan masih menunjukkan kedigdayaannya. Namun perlu diketahui kembali bahwa Katulampa sebenarnya hanya sebuah sistem informasi dini terhadap bahaya banjir Sungai Ciliwung yang akan memasuki Jakarta. Jika terjadi kenaikan air dibendungan ini maka diperkirakan sekitar tiga hingga empat jam kemudian air akan sampai di kawasan Depok yang selanjutnya akan menuju ke Sungai Ciliwung dan kawasan Jakarta. Satu hal lagi yang harus dipahami bahwa bendungan Katulampa tidak memiliki kemampuan menahan dan membuka-tutup pintu air seperti layaknya pintu air.

Sekilas tentang bendungan Katulampa tersebut menyadarkan bahwa orang Belanda sejak jaman dahulu memang inovatif dan karyanya masih dapat kita rasakan kebermanfaatannya sampai sekarang walaupun telah ratusan tahun berlalu. Sekarang tinggal bagaimana kita sebagai warganegara merawatnya agar karya tersebut tetap terjaga dan terawat dengan baik, sehingga bendungan ini dapat tetap turut menjadi salah satu ‘penanggulangan dini’ banjir yang hampir tiap tahunnya mengancam warga ibukota dan sekitarnya, mengingat sistem bendungan ini telah mengalami kerusakan selama banjir Jakarta 2013 dan rusaknya fasilitas CCTV sehingga harus dilakukan pengamatan mata langsung untuk bisa mengetahui ketinggian air.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s