KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#531 The Lowlands with The ‘Wow’ Plans!

Leave a comment

Oleh Evans Poton

Sebagaimana yang kita ketahui, Belanda adalah sebuah kawasan di Eropa Barat yang dua per tiga daratannya berada di bawah permukaan laut. That’s why Netherlands means Lowlands ; tapi siapa sangka, selain megaproject mereka yang telah terkenal bernama Deltaworks yang telah menginspirasi negara-negara lain di seantero dunia ini termasuk Amerika pasca Katrina dan Ho Chi Minh City; dunia kembali terpukau dengan ide cemerlang mereka dalam mengatasi masalah berkendara di cuaca buruk yang merupakan tantangan tak terhindari apabila musim dingin datang. Smart Highway Project yang di prakarsai oleh Daan Roosegaarde dan Heijmans Infrastructure dimana masalah cuaca buruk dalam berkendara pada malam hari, berhasil diatasi dengan adanya cat luminescent yang dapat menyala dalam gelap. Ide ini pun telah direalisasikan pada beberapa fietspad (jalur sepeda) yang berada dicuaca ekstrim seperti di Zwolle – Overijssel.

gambar 1 • illustrasi SmartHighway pada fietspad (oleh penulis)

Tak hanya itu, perhatian dunia kembali mengacu pada ambisi negara Rood, Wit, Blauwakan gagasan mereka untuk memulai misi Life on Mars. Adalah Mars One, sebuahmegaproject yang dicetuskan oleh Bas Lansdorp M.Sc, seorang entrepreneur jebolan Mechanical Engineering Universitas Twente. Dibantu dengan beberapa koleganya, megaproject berupa Reality TV yang telah dirumuskan sejak Maret 2011 ini akan dirintis satu dekade ke depan dan bertujuan untuk merealisasikan cita-cita umat manusia dalam hal Extraterrestrial Life. Dalam realisasinya, Mars One membutuhkan budget sekurang-kurangnya 6 miliyar USD namun Mars One adalah lembaga non-profit dan semenjak ide mereka meletup, tak ayal sederetan institusi dan perusahaan dari penjuru dunia seperti Jerman, Australia, Inggris, Hungaria bersedia menjadi corporate sponsorship untuk proyek ini.

gambar 2 • illustrasi Holland ppl embarks the life on Mars by penulis

Setiap ide-ide yang mencuat dari tanah rendah ini menguap ke permukaan, publik sering kali menanggapinya dengan tanda tanya besar. selain megaproject diatas, satu lagi proyek yang rencanaya akan direalisasikan tahun 2014 mendatang: World first 3D printed House! Ide ini dirancang oleh Janjaap Ruijssenaars dari Universe Architechture Amsterdam yang dalam teknisnya menggunakan D-Shape 3D Printer dan dalam implementasinya akan menggunakan bentuk Moebius Strip, bentuk enigmatik yang juga familiar pada karya Graphic Artist terkenal asal Belanda, MC Escher.

gambar 3 • bentuk bangunan moebius strip. source

Untuk bidang otomotif, BBC UK dengan TV Show- terkenalnya: Top Gear mendeskripsikan mengenai sesuatu yang melayang di langit Belanda, dan bukan mengenai aroma yang keluar dari coffe shop, melainkan PAL-V Europe, sebuah mobil autogyro (memiliki sayap berputar) komersial pertama di dunia, dan tentunya itu hasil karya sumber daya manusia Belanda.

Sekarang timbul pertanyaan: Apa yang menjadi pemicu penemuan-penemuan mencengangkan itu?

Jawabannya tak lain mengenai penjelasan budaya individualistis yang mereka emban:paku yang menonjol tak akan dipalu, melainkan dicabut, dibina dan dipromosikan!Jelas ide-ide berkaitan diatas berasal dari ‘paku-paku menonjol’, berbeda dengan sistem Asia dengan budaya kolektif yang mementingkan harmoni sosial: paku yang menonjol akan dipalu.

Disamping itu, sistem pendidikan Belanda yang berbeda; berbeda dengan sistem yang ada di Asia, Amerika bahkan di negara-negara Eropa lainnya. Minat siswa mulai diarahkan pada saat pendidikan tingkat dasar tapi tetap mempertimbangkan kemampuan akademis siswa bersangkutan, dengan alasan sistem itu, pendidikan Belanda sangat yakin dalam membina Passions– suatu hal penting dan vital namun diabaikan oleh pramubakhti ilmu di negara kita khususnya.

Digging into the lowlands, and you’ll dwelling the ‘Wow’ plans!

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s