KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#528 AKU = SUKSES (Konsep Sukses Pengusaha Belanda)

Leave a comment

Oleh Teguh Imam Ariyanto

Siapa yang ingin SUKSES?

Pasti banyak yang menjawab  AKU ingin SUKSES. Lalu bagaimana supaya AKU bisa SUKSES?

AKU ingin SUKSES di usia muda, tetapi apa kunci dari kesuksesan tersebut, terutama di saat AKU masih muda? Maka jawaban yang sangat tepat adalah menjadi seorang wirausaha.

“Setiap orang pasti punya impian untuk berada di puncak karier. Tapi, kenapa harus menunggu usia 50 tahun untuk mencapai predikat sukses? ” – Billy Boen

Mari kita telusuri lebih dalam dari konsep AKU=SUKSES yang menjadi kunci utama suksesnya para pengusaha di Belanda.

Kewirausahaan di Belanda merupakan aspek yang sangat penting untuk pengembangan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja. Di Belanda jumlah startups bisnis tahunan hampir dua kali lipat sejak tahun 1987.

Kewirausahaan dan wirausaha diasumsikan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Salah satu prioritas dari Kementerian Urusan Ekonomi Belanda adalah untuk mendorong (inovatif) dalam bidang kewirausahaan.

Kewirausahaan di pandang sebagai perspektif baru. Dalam tahun-tahun terakhir, jumlah pengusaha di Belanda mulai meningkat di semua sektor. Sekitar sepersepuluh dari penduduk yang bekerja selama 5 tahun terakhir adalah pengusaha. Belanda mengundang dan juga mendukung pengusaha perempuan, serta kelompok minoritas lainnya.

“Sekitar 12% dari penduduk yang bekerja adalah pengusaha”

Para mahasiswa/i di perguruan tinggi terus didorong untuk lebih kreatif dan inovatif dalam bidang kewirausahaan dan menjadi seorang wirausaha. Salah satu organisasi kewirausahaan di Belanda yaitu program HOPE (the Holland Program on Entrepreneurship)

HOPE adalah program di tiga universitas (Rotterdam, Delft dan Leiden) dengan tim manajemen sendiri dan dewan direksi. Setiap universitas juga mendirikan organisasi HOPE  internalnya sendiri, dan disebut juga sebagai Pusat Kewirausahaan.

Tujuan utama dari program HOPE tersebut adalah untuk merangsang budaya kewirausahaan di Universitas Mitra, Mahasiswa dan Staf Akademik. Hal ini juga menciptakan cara-cara baru dalam lingkungan belajar, bekerja, dan inovatif untuk memelihara dan menginspirasi kewirausahaan.

 AKU = SUKSES

AMBISI + KEKUATAN + USAHA = SUKSES

A=Ambisi  

Ambisi menjadi sebuah motor penggerak para anak muda di Belanda, untuk lebih kreatif dan inovatif dalam  Kewirausahaan dan menjadi Wirausaha muda. Tidak heran banyak sekali perusahaan terkemuka di dunia yang berasal dari Belanda.

K=Kekuatan  

Kekuatan yang didukung oleh kecerdasan. Kekuatan yang paling menguntungkan dari iklim kewirausahaan di Belanda yaitu ketersediaan modal, sikap positif dari kaum muda untuk mobilitas tenaga kerja, akses terhadap infrastruktur fisik dan hambatan berkurang untuk kewirausahaan.

U=Usaha 

Usaha dan kerja keras untuk mencapai kesuksesan merupakan hal yang utama untuk menunjang faktor Ambisi dan Kekuatan untuk sebuah kesuksesan.

Salah satu dari banyaknya wirausaha muda yang sukses dari Belanda  yaitu: Danny Mekić.

Dia adalah seorang pembicara, pengusaha muda dan ahli internet dari Belanda. Pada tahun 2009 Danny Mekić dinobatkan oleh majalah  Sprout sebagai pengusaha muda paling sukses di Belanda, dan juga salah satu bakat terbesar Belanda oleh majalah Elsevier.

AKU = SUKSES menjadi konsep yang tidak pernah terlepas dari kesuksesan pengusaha di Belanda, dan juga menjadi motivasi bahwa AKU = (BISA) SUKSES

Semoga konsep AKU = SUKSES dan program HOPE juga dapat menjadi inspirasi para anak muda di Indonesia untuk terus belajar dalam bidang Kewirausahaan dan menjadi Wirausaha.

Referensi
http://www.dutchdailynews.com/entrepreneurs-doubled/
http://newteam.com/danny-mekic/english
http://science.leidenuniv.nl/index.php/sbb/hope/
http://www.getstarted.nl/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s