KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#521 Anton Corbijn, Art That Comes From The Heart

Leave a comment

Oleh Andika R. Nastiti 

Saya pecinta film. Dari semua event berbau film di Indonesia, salah satu yang paling saya nantikan tiap tahunnya adalah Europe on Screen. Europe on Screen merupakan salah satu festival film yang dikelola dengan sangat baik dan profesional, dengan deretan film-film Eropa pilihan yang variatif dan tentu saja, berkualitas baik. Dalam Europe on Screen, Anda bisa menemukan film anak-anak, drama romantis, action,thriller juga dokumenter. Sebagai salah satu pendiri European Union, Belanda dhi. film Belanda, tidak ketinggalan berpartisipasi dalam line up film Europe on Screen. Dan untuk Europe on Screen 2013 kali ini, film dokumenter Belanda yang satu ini sudah masuk dalam “daftar film yang harus saya tonton”, Anton Corbijn: Inside Out.

Anton Corbijn adalah fotografer, yang kemudian juga menjadi music video director dan film director, berkebangsaan Belanda yang saat ini tinggal di London, Inggris. CMIIW.

Saya mengenal Anton Corbijn pertama kali melalui foto-foto portrait hitam putihnya. Dan reaksi pertama saya saat melihat foto-foto tersebut adalah diam. Diam, dengan nafas tertahan. Foto-fotonya tidak biasa. Foto-foto Anton Corbijn bukan hanya meng-capture wajah, tapi merupakan visualisasi yang bercerita, yang menjelaskan karakter serta kepribadian subyek fotonya. It really captivated me.

Awalnya saya pikir Anton Corbijn adalah fotografer dengan spesialisasi foto portrait hitam putih, tapi kemudian saya menemukan foto-fotonya pada cover berbagai majalah, kaset hingga compact disc (CD) berbagai artis, juga berbagai music video hingga film yang ia sutradarai. But still, I couldn’t find any pattern. Semuanya terjawab dalam Anton Corbijn: Inside Out.


Anton Corbijn: Inside Out berdurasi 85 menit dan disutradarai oleh Klaartje Quirijns, yang juga berkebangsaan Belanda.

Film dokumenter ini mengeksplor sisi profesional dan sisi pribadi dari Anton Corbijn mengungkap motivasi artistik yang tidak memberinya banyak ruang dan waktu untuk dirinya sendiri. Anton Corbijn telah melalui semuanya. Mulai dari memfilmkan George Clooney dalam “The American”, menyutradarai biopik pemenang Piala Director’s Fortnight 2007 (Festival Film Cannes) “Control”, hingga menjadi fotografer musisi legendaris U2 dan Metallica. Bono bahkan berkata, ada sesuatu tentang foto Anton Corbijn yang seolah menerawang jiwa. Tetapi ketika dirinya sendiri terekam kamera, terungkaplah figur melankolis yang kesulitan menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitarnya. Sesuai definisinya sendiri, dirinya tak lebih dari seorang pria yang lebih mengutamakan kepentingannya berkesenian ketimbang keperluan pribadinya.

Dari film inilah saya mengetahui bahwa kecintaan Anton Corbijn akan musik, sedemikian berartinya musik, sampai-sampai membuatnya ingin menjadi bagian dari dunia musik. Semuanya berawal dari sebuah foto yang secara kebetulan ia ambil, hingga kemudian ia menjadikan para musisi ini menjadi subyek fotonya. Dan secara perlahan, muncullah kecintaannya akan fotografi.

Anton Corbijn bisa jadi bukan orang Belanda pertama yang berprofesi sebagai fotografer. Bukan pula fotografer Belanda pertama yang membuat portrait hitam putih, menjadi fotografer musisi maupun sutradaramusic video Belanda pertama. Tapi kecintaannya akan musik, dan dedikasinya pada seni yang melebihi kepentingan pribadinya membuatnya menjadi artist panutan.

Menjadi fotografer/music video director/film director pionir dengan karya seni yang diakui, bukan hanya di Belanda tapi juga di seluruh dunia. Karena semua karyanya, dihasilkan dan dibuat dengan kesungguhan dan cinta. Dari hati.

Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s