KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#520 yang Mengintip Masa Depan Melalui Pendidikan dan Penemuan

Leave a comment

Oleh Varida Megawati Simarmata

Apabila judul diatas merupakan pertanyan isian sebuah teka-teki silang, maka jawaban yang mewakili adalah Belanda. Ya, Belanda. Mungkin sempat terlintas di benak kita, kenapa Belanda? Apa yang menarik dari negara yang luas wilayahnya tidak melebihi setengah pulau Sumatera Utara ini, sehingga dapat menjadi jawaban atas judul diatas?

 

Koninkrijk der Nederlanden (biasa kita kenal dengan “Belanda”) secara harafiah berarti “Kerajaan Tanah-Tanah Rendah” berkaitan erat dengan letak dan kondisi geografis Belanda yang sebagian besar berada dibawah permukaan laut dan selalu bertatap muka dengan ancaman banjir dan pasang air laut. Pada tahun 1953, Belanda mengalami banjir besar yang mengakibatkan 1800 korban jiwa. Namun, justru ancaman dan kontur bumi Belanda yang tidak bersahabat inilah yang ‘memaksa’ penduduk Belanda untuk beradaptasi melalui berbagai upaya serta inovasi dan bermuara pada Delta Worksyangmerupakan proyek raksasa pembangunan tanggul penahan gelombang laut. Terbukti, hingga saat ini bangunan ini berhasil “mengamankan” Belanda dari bahaya banjir dan membuat sistem pengelolaan air di Belanda menjadi yang terbaik di dunia.

 

Selain ‘perasaan terancam’ ini, pendidikan, penelitian, dan berbagai penemuan juga memberikan sumbangsih terhadap kemajuan Belanda.Negara yang terkenal dengan djik(bendungan), kincir angin, bunga tulip, dan keju inidengan sistem pendidikan dan berbagai penemuan yang memberikan manfaat bagi kemanusiaan. Di era globalisasi yang menjadikan Eropa semakin bebas tanpa batas justru dimanfaatkan Belanda untuk “mengintip” rupa masa depan dunia melalui pendidikan, ilmu pengetahuan dan penemuan.

 

Belanda menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas dan cukup terjangkau. Saat ini, terdapat setidaknya lebih dari 1.700 program studi internasional yang disuguhkan dengan penuh keramahan menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Ini merupakan penawaran terbesar dari seluruh negara di Benua Eropa. Terobosan lainnya adalah dengan menciptakan Pembelajaran Berbasis Persoalan (Problem Based Learning) yang melatih mahasiswa belajar mandiri dalam menganalisis dan memecahkan permasalahan praktis. Berita yang dirilis oleh huffingtonpostmenunjukkan Belanda masuk dalam peringkat ketujuh Best Countries for Educationdan disaat negara lain hanya menempatkan satu institusi pendidikannya di 200 perguruan tinggi terbaik di dunia, Belanda berhasil menempatkan 11 institusi pendidikannya dalam daftar tersebut.Hal ini semakin mengukuhkan betapa sistem pendidikan Belanda bagus dan sudah sepatutnya dijadikan kiblat.

 

Pendidikan berkualitas tinggi inilah yang menjadi salah satu roda penggerak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Belanda yang kemudian turut ‘dicicipi’ oleh seluruh negara di belahan dunia. Berbagai penemuan Belanda yang akhirnya mempermudah kegiatan manusia adalah Mikroskop, Teleskop, Jam Bandul, Kapal Selam, dll.

Penemuan terbaru Belanda di bidang transportasi adalah mobil terbang PAL-V one flying car telah berhasil dilakukan test drive bulan April 2012 lalu dan diharapkan menjadi pelopor mobil terbang di masa depan.

 

Penemuan lainnya yang masih berkaitan dengan transportasi adalah Smart Highway. Rancangan yang meraih penghargaan Best Future Concept  dalam ajang Dutch Designer Awardsini tidak berfokus pada mesin kendaraan, namun pada jalan yang menjadi arenanya. Pembatas jalur jalanan yang terbuat dari cat photoluminescent yang bercahaya pada malam har sekaligus memberitahu kondisi jalan, cuaca dan mengisi ulang energi pada siang hari.

Beberapa fakta kemajuan sistem pendidikan dan penemuan diatas hanya segelintirDutch pioneering yang mencoba mengintip bahkan menghadirkan masa depan beribu langkah lebih cepat di hadapan kita. Bagaimana dengan Indonesia? Jangan sampai ‘rasa aman’ justru menjadi penghambat kemajuan bangsa.

Referensi
http://www.deltawerken.com/, diakses pada tanggal 12 Mei 2013, pukul 12.00 wib
http://www.studyinholland.nl/education-system, diakses pada tanggal 12 Mei 2013, pukul 13:45 wib.
http://www.huffingtonpost.com/2012/11/27/best-education-in-the-wor_n_2199795.html#slide=1810080, diakses pada tanggal 10 Mei 2013, pukul 14:25 wib
http://www.eupedia.com/forum/threads/16865-Greatest-Dutch-contributions-to-the-world,diakses pada tanggal 11 Mei 2013, pukul 12:10 wib
http://www.dutchsubmarines.com/specials/special_drebbel.htm, diakses pada tanggal  12 Mei 2013, pukul 13.00 wib
http://www.historytoday.com/nick-pelling/who-invented-telescope, diakses pada 11 Mei 2013, pukul 15:10 wib

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s