KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#519 Tong Tong Fair

Leave a comment

Oleh Rr Octanty M 
Tong Tong Fair adalah sebuah festival tahunan paling besar ke-4 di negeri Belanda, festival ini juga merupakan festival tertua di Belanda karena sudah mulai diselenggarakan sejak tahun 1959.
Ketika pertama kali mendengar Tong Tong Fair,  pasti akan terbesit rasa penasaran pada benak kita, sebenarnya apa maksud dari kata “Tong Tong ” tersebut ? . “Tong Tong” berasal dari nama suatu organisasi pada zaman dahulu, yaitu Indische Kunst Kring Tong Tong. Nah, Tong Tong Fair tersebut ialah bentuk sarana penggalangan dana untukorganisasi Indische Kunst Kring Tong Tong.
 Tujuan dari Tong Tong organisasi adalah untuk mendorong Budaya Hindia Eurasia dalam  memperluas pemahaman sejarahnya. Budaya Hindia Eurasia adalah budaya sudah ada selama berabad-abad, yang dimulai ketika pedagang Eropa berlayar ke kepulauan Indonesia dan mendirikan pos perdagangan mereka.
Seiring perkembangan zaman, lama kelamaan Tong Tong Fair tersebut menjadi sebuah tradisi sebagai acara tahunan yang menyajikan festival budaya, pameran, dan pasar barang kerajinan dan makanan .Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1976 nama Pasar Malam Tong Tong berubah menjadi Pasar Malam Besar, dan pada tahun 2009 memiliki nama baru, Tong Tong Fair.
Sebenarnya dimana letak festival Tong Tong Fair ini?

Tong Tong Fair dan Tong Tong Festival diadakan di Malieveld di pusat kota Den Haag (Koningskade 1, 2596 AA Den Haag). Cara menempuhnya ialah lima menit jalan kaki dari Stasiun Sentral Den Haag, atau 30 menit dari Bandara Schiphol dengan menggunakan kereta api atau mobil.

Karena merupakan festival ke-4 terbesar di Belanda, serta banyaknya stand dan seni yang dipertunjukkan, maka lahan yang dipergunakan untuk festival ini cukup besar yaitu seluas 22.000 m2.
Di  dalamnya terdapat banyak stand yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman khas Indonesia, yang tentunya sangat lezat. selain itu terdapat juga teater kuliner, media dan seni pertunjukan, area bengkel, area untuk kuliah dan wawancara, daerah pasar, serta daerah untuk perdagangan.
Acara ini berlangsung selama 12 hari dengan ratusan pertunjukan, dengan dimeriahkan juga oleh beberapa artis. Artis-artis yang mengisi acara di Tong Tong Fair tidak hanya berasal dari Indonesia saja, tapi ada juga artis, seperti musisi dan penari dari Amerika, Eropa. Untuk Indonesia sendiri sudah konsisten diundang oleh Tong Tong Fair semenjak tahun 1970. Tidak hanya artis, Tong Tong Fair juga dimeriahkan dengan sajian musik keroncong, dan bela diri khas negara Indonesia, Pencak Silat.
Dari tahun ke tahun, Tong Tong Fair selalu menarik perhatian masyarakat, termasuk negara di sekitar Belanda. Warga setempat termasuk pendatang dari Indonesia begitu antusias menyambut acara. Tercatat sejak tahun 1945 sampai pertengahan 60-an, sekitar 300 ribu orang bermigrasi dari Indonesia ke Belanda. Acara Tong Tong Fair, bisa mengobati kerinduan mereka tentang Indonesia. Tak hanya menggelar, memperkenalkan seni, budaya dan kuliner dari negara-negara Asia Tenggara, Tong Tong Fair juga membantu pembangunan kembali Keraton Solo yang rusak karena kebakaran tahun 1985, juga membantu korban tsunami di Indonesia tahun 2006 dari keuntungan festival tersebut.

Pada tahun 2013 ini Tong Tong Fair akan diadakan pada tanggal tanggal 22 Mei – 2 Juni 2013, mulai pukul 12.00-22.00 waktu setempat.

Referensi

http://jakartaweekend.com/tong-tong-fair-jadi-ajang-indonesia-bidik-turis-asing/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s