KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#518 Ini Dia Sang Pioneer Belanda yang Mengaharu Biru

Leave a comment

Oleh Rima Faiqoh Augustine

Lukisan diri Vincent van Gogh

Menjadi seorang pioneer dan namanya terkenal di seluruh dunia tidaklah mudah. Banyak rintangan dan cobaan yang akan terus menghadang di saat perjalanan menuju langit yang cerah. Vincent Van Gogh, yah dialah pelukis yang sangat terkenal dan paling mahal di dunia asal Belanda, namun tidak sedikit orang mengetahui cerita mengharukan dari seorang pelukis. Cerita yang paling sering di dengar adalah Vincent Van Gogh meninggal karena bunuh diri dan memotong telinganya sendiri. Tapi tahukan anda dibalik cerita yang tragis itu Vincent Van Gogh telah menorehkan banyak cinta dan perjuangan di lukisannya.

Vincent Van Gogh lahir 30 Maret 1853 di Belanda. Awal hidupnya penuh dengan semangat pemuda yang bercita-cita menjadi seorang pendeta, namun keberuntungan tak memihak Vincent, saat itu dia gagal dalam ujian beberapa pelajaran. Vincent juga beberapa kali jatuh cinta kepada gadis, namun cintanya selalu kandas ditengah jalan.
Beruntung Vincent memiliki seorang adik yang amat menyayangi dia, Theo. Theo terus mendukung kakaknya untuk melukis dan bahkan membiayainya sekolah di pendidikan seni Academic Royale des Beaux-Arts, Belgia. Setelah bersekolah, Vincent bertekad menjadi pelukis yang professional.
Pada 1881, lukisan Vincent yang awalnya berobjek sederhana seperti pedesaan atau figure buruh, banyak diprotes oleh pelukis-pelukis professional abad itu. Mereka memprotes bahwa lukisan Vincent suram dan gelap karena era waktu itu sangat trend lukisan dengan warna-warna yang cerah. Vincent sangat terpukul saat itu. Namun dia berjuang untuk bangkit lagi.
Kemudian Vincent pergi ke Paris untuk meredahkan kekecewaannya terhadap penolakan karya-karyanya. Beruntung Vincent bertemu dengan seniman terkenal Paul Gauguin dan mereka pun menjadi teman dekat yang mempunyai mimpi yang sama. Vincent pun lebih banyak belajar melukis gaya impresionisme dan neo-impresionisme yang warna-warnanya lebi cerah dan gaya yang mudah dikenali.
Namun sayangnya Vincent memiliki beberapa penyakit mental yang parah, salah satunya adalah epilepsy dan delusi. Penyakit tersebut mengakibatkan Vincent kalut dan hampir saja membunuh Paul Gauguin. Akhirnya temannya itu pergi meninggalkan Vincent seorang diri. Dalam kesendiriannya yang pedih Vincent sangat tak kuasa menahan cobaan itu semua, akhirnya dia memotong telinganya sendiri.
Pada tahun 1888, Vincent lalu mendaftarkan diri ke rumah sakit Jiwa Saint Paul-de-Mausole, disana dia lebih tenang untuk melukis semau tanpa ada gangguan dari luar. Karya-karyanya mencapai 1900 lukisan namun sayangnya yang bisa dijual Vincent hanya 1. Tidak ada yang mengapresiasi lukisan Vincent hingga dia pun menyadari hidupnya penuh dengan kesia-siaan. Akhirnya pada tanggal 29 Juli 1980 Vincent mengakhiri hidupnya dengan menembak diri di dadanya.
Tak lama setelah Vincent meninggal, istri dari Theo, adiknya memutuskan untuk mempublikasi lukisan-lukisannya. tak disangka lukisannya pun seketika mendadak terkenal dan sangat dicari oleh kolektor-kolektor. Bahkan lukisan Vincent dianggap gaya aliran baru yaitu Post-impresionisme. Berikut ini adalah lukisan Vincent yang terkenal:

Gambar 2 Sun Flowers – 1888

Gambar 3 Starry Night – 1889

Gambar 4 The Potato Eaters – 1885

Seorang Pioneer seperti Vincent adalah asset Negara karena menjadikan Negara Belanda terkenal akan seni lukisnya. namun hidupnya harus berakhir karena keputus asaan dia sendiri. Menjadi Pioneer selain harus mempunyai semangat yang tinggi, juga harus memiliki mental yang siap menghadapi kegagalan. 

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s