KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#517 Perusahaan Inovasi dari Negeri Kincir Angin

Leave a comment

Oleh Rima Faiqoh Augustine 

Belanda, Negara yang penduduknya gemar berdagang sudah kita kenal ketika kita duduk di bangku SD, dimana buku sejarah menceritakan tentang lembaga persekutuan dagang asal Belanda yang kita kenal VOC. Kini Belanda memiliki perusahaan konsumen terbesar di dunia yaitu Philips.
Philips adalah perusahan elektronik yang berkontor pusat di Amsterdam, Belanda. Produknya meliputi produk elektronik, semikonduktor, lighting, dan sistem medis. Di Indonesia Produk yang paling terkenal adalah lampunya. Tapi tahukah anda bahwa Philips juga dikenal sebagai perusahaan inovasi yang berpangaruh terhadap pertumbuhan elektronik di dunia? Apa sajakah inovasinya? mari simak yuk:
1. Compact Audio Cassette
 
Pada tahun 1962, Philips menciptakan Compact Audio Cassette yang pertama di dunia. Compact Audio Cassette adalah media penyimpan audio. Dengan adanya kaset audio ini juga menyebabkan bertumbuhnya dunia music dengan cepat sehingga banyak orang mengenalnya dengan sebutan musik kaset.

2.       Compact Disc

 
Pada tahun 1979, Philips bekerja sama dengan Sony memperkenalkan Compact Disc yang dapat digunakan menyimpan digital data. Awalnya dikembangkan untuk menyimpan rekaman audio saja. Philips terus mengembangkannya sehingga muncullah media dengan berdasarkan fungsi penyimpanannya yaitu CD-R (read-only), CD-RW (rewriteable), dan VCD (Video Compact Disc).

3.      DVD

 
Pada tahun 1995, Philips bekerjasama dengan Sony, Toshiba dan Panasonic mengembangkan Compact Disc menjadi lebih besar penyimpanannya yang disebut DVD. DVD merupakan cikal bakal dari Blu-Ray.

4.       Senseo

 
Senseo adalah merek dagang sistem coffee brewing (mesin kopi) yang diciptakan oleh Philips pada awal tahun 2001. Dengan adanya mesin kopi ini membuat kopi menjadi lebih mudah, murah dan praktis.
Banyak sekali inovasi yang diciptakan oleh perusahaan asal Belanda ini, hingga Frits Philips, CEO dari Philip menghadiahkan sebuah museum sains untuk masyarakat Eindhoven saat ulang tahun Philips ke 75 tahun yang diberi nama Evoluon. Bangunan ini memiliki desain yang unik seperti UFO (piring terbang) yang mendarat ditengah-tengah kota Eindhoven. Evoluon sangat popular sehingga menarik lebih dari 500.000 pengunjung pada tahun 1970 dengan acara-acara pameran teknologi.
Tanpa kita sadari bahwa banyak sekali penemuan dari Belanda yang kita bisa nikmati dan rasakan hingga saat ini. Terima Kasih Belanda.
Referensi

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s