KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#514 Mikroskop: Dari Tabung Berlensa Hingga Mesin Penggerak Atom

Leave a comment

Oleh Gabrielle Irene

Menurut saya, para pionir adalah manusia-manusia penuh rasa ingin tahu yang berhasil membuka jalan pikiran manusia lain terhadap dunia baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Mereka memulai pemikiran, aktivitas atau metode baru untuk melakukan sesuatu dengan lebih kreatif dan efisien. Penemuan seorang pionir bisa jadi tidak lagi dipakai di zaman modern, tetapi ide awal mereka akan terus hidup dalam penemuan-penemuan modern yang diilhaminya.

Di akhir tahun 1500-an, seorang pria pembuat lensa kacamata di kota Middelburg, Belanda, bereksperimen dengan barang dagangannya. Selama ini lensa-lensa yang dibuatnya memang telah terbukti dapat membantu penglihatan yang mulai rabun. Tetapi rasa ingin tahu tiba-tiba mengusiknya. Bila pengelihatan seseorang dapat diperjelas dengan sebuah lensa, apakah yang akan terjadi bila lensa yang digunakan ditambah menjadi dua? Apakah ia akan dapat melihat hal-hal yang selama ini terlalu kecil untuk dilihatnya seperti kutu, misalnya?

Ia lalu mengambil sebuah tabung dan memasangkan dua lensa di kedua ujung tabung itu. Dan seketika… Ajaib! Tiba-tiba ia dapat melihat hal-hal yang tidak pernah dilihatnya sebelumnya. Kaki kutu-kutu yang biasa membuat kulitnya gatal dapat terlihat jelas melalui tabung itu.

Pria pembuat lensa kacamata itu bernama Zacharias Janssen. Ia berhasil menemukan alat yang menjadi pendahulu mikroskop modern. Alat buatannya saat itu hanya dapat melakukan perbesaran objek 3-9 kali, tetapi penemuan kecil itu berhasil mengundang ilmuwan dari berbagai negara dan bidang ilmu untuk terus mengembangkan alat ini hingga sekarang.

1624 – Galileo dari Italia mengaplikasikan ide Zacharias dan membuat instrumen mikroskop pertamanya untuk mengamati serangga. Sebelum mengenal ide mikroskop Zacharias, Galileo yang terkenal dengan penemuannya di bidang astronomi ini menggunakan teleskop untuk mengamati hal-hal kecil di sekitarnya.

Mikroskop Antonie van Leeuwenhoek

1674 – Seorang pedagang bernama Antonie van Leuuwenhoek dari Belanda mengembangkan alat sederhana Zacharias menjadi instrumen peneliti spesimen biologi dalam di air sungai, kayu pohon dan bagian tubuh manusia. Semasa hidupnya ia mengembangkan lebih dari 200 jenis mikroskop dengan berbagai perbesaran. Ia kini dikenal sebagai Bapak Mikrobiologi atas temuan-temuannya yang menjadi kontribusi besar di bidang mikrobiologi.

1863 – Henry Clifton Sorby, seorang ilmuwan Geologi asal Inggris, mengembangkan penggunaan mikroskop dalam penelitian geologi. Penelitiannya tentang struktur besi dan baja melalui mikroskop mempelopori metode mass-production baja yang berkontribusi besar pada industri modern.

1860-an – Ernst Abbe dan Otto Schott dari Jerman mengembangkan desain mikroskop optikal. Partner mereka, Carl Zeiss, menjadi produsen mikroskop terbesar pada saat itu. Hingga kini, perusahaan Carl Zeiss AG adalah salah satu perusahaan besar dalam bidang optik yang memproduksi lensa kacamata dan lensa kamera berkualitas tinggi.

Di abad ke-20, mikroskop berkembang semakin pesat. Penemuan mikroskop elektron, field ion microscope, phase contrast microscope, hingga atomic force microscope memberi kontribusi besar di bidang kesehatan, biologi, fisika dan banyak lagi. Bahkan di tahun 2013 ini, teknologi mikroskopi berhasil membuat terobosan yang mengagumkan yaitu film terkecil di dunia yang dibuat oleh para peneliti IBM. Dalam film ini, atom diperbesar hingga 100 juta kali menggunakan scanning tunneling microscope dan diatur agar bergerak sesuai keinginan para peneliti.

Zacharias mungkin tidak pernah menyangka idenya untuk melihat dunia lebih dekat melalui lensa dapat mendorong lahirnya penemuan-penemuan besar seperti sekarang ini, ya!🙂

Referensi

http://www.theverge.com/2013/5/1/4287044/ibm-a-boy-and-his-atom-stop-motion-film
http://en.wikipedia.org/wiki/Henry_Clifton_Sorby
http://en.wikipedia.org/wiki/Carl_Zeiss_AG
http://en.wikipedia.org/wiki/Ernst_Abbe
http://inventors.about.com/od/mstartinventions/a/microscope.htm
http://www.enchantedlearning.com/inventors/1500.shtml
http://www.history-of-the-microscope.org/hans-and-zacharias-jansen-microscope-history.php
http://www.nobelprize.org/educational/physics/microscopes/timeline/index.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Zacharias_Janssen#Microscope
http://www.merriam-webster.com/dictionary/pioneer
http://en.wikipedia.org/wiki/Timeline_of_microscope_technology
https://en.wikipedia.org/wiki/Antoni_van_Leeuwenhoek

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s