KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#513 Seni + Teknologi = Lebih Dari Sekedar Indah

Leave a comment

Oleh Gabrielle Irene

Sore ini saya tidak berhenti berdecak kagum menyusuri laman demi laman internet berisi penemuan-penemuan para pionir Belanda baik di masa lampau maupun masa sekarang. Sederet terobosan baru di bidang ilmu pengetahuan yang ditemukan para pionir Belanda beberapa kali dianugerahi Nobel. Berbagai permasalahan nyata yang dialami negeri Belanda seperti banjir dan permasalahan energi pun berhasil diselesaikan para pionir yang super kreatif. Negeri Belanda menjadi identik sebagai salah satu pusat perkembangan teknologi dunia.

Tetapi selain menjadi tempat berkembangnya teknologi modern, seringkali kita lupa bahwa Belanda juga dikenal sebagai tempat kelahiran seniman-seniman kelas dunia seperti Rembrandt dan Vincent Van Gogh. Ya, menjadi pionir tentu bukan status milik para ilmuwan dan penjelajah saja, bukan? Di Belanda, seniman pun dapat menjadi seorang pionir. Hebatnya lagi, mereka dapat menjadi pionir seni sekaligus teknologi!

Pernah mempunyai angan-angan untuk menyentuh awan yang melintas di depan kaca jendela pesawat terbangmu? Atau ingin mengikat awan di langit dan memasangnya di kamar sebagai penghias langit-langit? Sepertinya sekarang angan-angan itu dapat terwujud berkat Berndnaut Smilde!

Berndnaut Smilde, seorang seniman Belanda kelahiran Groningen, berhasil membuat sebuah karya seni instalasi yang mencengangkan banyak orang. Bagaimana tidak,  ia berhasil menciptakan awan di dalam sebuah ruangan (indoor clouds)! Dengan smoke machine sederhana dikombinasikan dengan pengaturan pencahayaan dan atmosfer dalam ruangan yang rumit, ia menciptakan Nimbus II, awan indoor tersebut.

Teknologi Aerogel – The Frozen Smoke (terdiri dari 99,8% udara)

Kombinasi interior ruangan yang kosong dan bayang-bayang awan yang dihasilkan menghasilkan kesan magis dan surreal bagi siapapun yang melihatnya. Smilde mengatakan dalam salah satu wawancara, “Saya ingin membuat sebuah gambaran tipikal awan Belanda (Dutch clouds) berada di dalam sebuah ruang.” Beberapa blog dan website yang saya baca mengatakan orang Belanda senang berbicara dan mengekspresikan dirinya melalui cuaca. Melihat karya Smilde, sepertinya hal itu benar ya?🙂

Cerita selanjutnya datang dari Casper Berger. Pematung yang belajar di Jan van Eyck Academy di Maastricht ini menjadi pionir seni-teknologi dengan membuat berbagai seri patung yang berbahan baku replika tulang belulangnya sendiri. Bagaimana bisa? Ternyata Berger memanfaatkan teknologi dunia medis dan kreativitasnya untuk menghasilkan karya seni unik yang menjadi ciri khasnya.

Pertama-tama Berger harus menjalani CT Scan canggih yang memberikan info detail tentang anatomi tubuhnya.

Lalu info tersebut harus dicetak dengan 3D printer menjadi sebuah rangka dasar yang terbuat dari resin.

Rangka dasar inilah yang kemudian ditransformasikan ke dalam patung-patung emas dan perak yang dibuatnya. Menarik ya? Ternyata walaupun teknologi semakin berkembang pesat, seni tetap memiliki caranya sendiri untuk berkembang dan berjalan beriringan dengan teknologi.🙂

 

Referensi
http://stuffdutchpeoplelike.com/2010/11/17/no-11-discussing-the-weather/
http://www.gizmag.com/indoor-clouds/21702/
http://www.gizmag.com/3d-print-ct-scan-skeleton/25035/
http://www.bergervroom.nl/casparberger-wp/wp-content/uploads/2012/10/self-20-4.jpg
http://www.booooooom.com/wp-content/uploads/2012/06/Berndnaut-Smilde-02.jpg
http://images.gizmag.com/gallery_lrg/caspar-berger-skeleton-3.jpg
http://www.ibiblio.org/wm/paint/auth/rembrandt/self/self-1629.jpg
http://www.artcyclopedia.org/art/van-gogh-self.jpg

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s