KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#511 Netherlands: The Land of I.D.E.A

3 Comments

Oleh Teguh Budianto

“Ideas are the beginning points of all fortunes.” – Napoleon Hill
 
Saya tidak mampu membendung rasa kagum saya terhadap Negara yang dimana untuk pertama kalinya sebuah Negara membuat daratannya sendiri. Orang-orang belanda benar-benar memiliki IDEluar biasa untuk mengubah keterbatasannya menjadi sebuah kekuatan baru. Bahkan hal ini mungkin saja tidak pernah terpikir oleh Negara lain.
 
Lalu saya coba untuk menjawab sebuah pertanyaan saya,yaitu “Seperti apa lagi IDE yang ada di Belanda?”
Idea atau ide memainkan peranan penting dalam lahirnya karya-karya inovatif di Belanda. Dari karya-karya tersebut Belanda mencuat sebagai kekuatan baru di berbagai sektor yang ada di dunia. Inovasi tiada henti dari Negeri Kincir Angin ini membuatnya menyabet gelar sebagai Most Innovative EU Country (urutan 5), dan menempati urutan ke 6 negara terinovatif berdasarkan Global Innovative Index (GII) di tahun 2012.
 
Ide dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Dari ide inilah menyebabkan timbulnya konsep, yang menjadi dasar segala macam bentuk pengetahuan dan inovasi. Ya seperti itulah ide yang kita pahami selama ini. Tapi di Belanda, ide atau idea yang berasal dari buah pikiran manusia mampu menghasilkan I.D.E.A yang menjadi akar lahirnya para pioneer di Negeri itu!
I.D.E.A sendiri merupakan singkatan dari Inventors, Discoverers, Entrepreneurs and Artists. Mari kita menilik satu persatu seperti apa I.D.E.A yang ada di Belanda.
Inventors
Penemuan dari Belanda dapat dikategorikan sebagai hal yang fantastic karena manfaat yang besar bagi kehidupan di  dunia. Lihat saja di abad ke 16 – 17 orang Belanda sudah menemukan mikroskop, teleskop, dan thermometer merkuri. Alat-alat ini menjadi cikal bakal alat-alat ilmiah modern pada masa sekarang ini. Pada tahun 1957, Dr. Willem Johan Kolff yang merupakan seorang pioneer di bidang organ buatan (artificial organ) melakukan implantasi jantung buatan kepada seekor anjing. Kolff dikenal sebagai Bapaknya Artificial Organs dan juga sebagai salah satu fisikawan paling penting di abad ke 20. Dan tentu saja Kolff adalah seorang Belanda.
Discoverers
Sebagai orang Indonesia tentu kita tahu betul Negara yang berada di bagian selatan Indonesia, yang sekaligus merupakan sebuah benua. Yap, Australia. Australia dan juga Selandia Baru adalah wilayah yang ditemukan oleh penjelajah asal Belanda, Abel Tasman pada abad ke 17. Orang-orang Belanda sepertinya memang terpacu untuk menemukan hal baru, lihat saja sederet nama wilayah dan pulau yang telah ditemukan oleh orang-orang Belanda sebagai berikut: New Ireland (island), Tasmania, Fiji, Samoa, Hoorn Islands, dan Orange Islands. Penemuan ini adalah buah perjalanan dari orang Belanda.
Entrepreneurs
Kenal dengan Philips? Perusahaan lampu terkemuka yang ada di Dunia. Philips merupakan salah satu dari banyaknya contoh sukses kisah entrepreneurship yang ada di Belanda. Belanda berisikan penduduk yang terkenal memiliki jiwa berwirausaha paling tinggi di antara Negara-negara di Eropa lainnya. Di dunia, Belanda menempati urutan ke 5. Dari orang-orang Belanda berusia dari 18 hingga 64 tahun, 7,2% dari mereka memiliki start-up company atau sedang merencanakan untuk membangun sebuah perusahaan baru. Orang-orang Belanda yakin bahwa dengan menjadi seorang entrepreneur adalah cara terbaik untuk membangun karir. Dari sinilah inovasi terhadap produk dari perusahaan dibangun dan semakin berkembang, sehingga menjadi dasar untuk dapat berperan besar di persaingan pasar internasional.
Artist
Karya seni Belanda di bidang lukis sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah, jika mengingat para pelukis-pelukis besar yang berasal dari Belanda seperti  Rembrandt, Vermeer Jan, Jan Steen, Vincent van Gogh atau Piet Mondriaan.
Semoga kita juga mampu melahirkan ide inovatif dan mencapai kesuksesan seperti “The Land of I.D.E.A” Belanda!

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

3 thoughts on “#511 Netherlands: The Land of I.D.E.A

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  2. Pingback: Pengumuman Pemenang Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  3. Sedari dulu, surga ide ternyata ada di negri kincir angin. dan itu tercipta berkat pemikiran yang di tindak lanjuti dengan aksi nyata. MERDEKA!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s