KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#509 Cubic House: Hutan Abstrak di Tengah Kota

Leave a comment

Oleh Dinta Rahmawaty

Pernah membayangkan tinggal di atas pohon selama bertahun-tahun? Ah, nggak mungkin. Tetapi segala ketidakmungkinan ini bisa menjadi luar biasa di Belanda. Setiap orang yang dilahirkan di Negeri Kincir Angin ini memang sepertinya dianugerahi gen pelopor yang turun-temurun sehingga bisa membuat hasil karya dan penemuan luar biasa yang mungkin tidak pernah terfikirkan oleh bangsa lain.

Salah satu mahakarya yang menjadi kebanggan Belanda adalah gaya arsitektur khas sebagai pertemuan antara kemampuan teknis, matematis dan seni. Di Rotterdam, terdapat perumahan yang dibangun dengan konsep hutan dalam kota, di mana rumah-rumah menjadi pepohonan abstraknya. Rumah kubus yang disebut jugaKubuswoningen ini terletak di Overblakstreet, di samping stasiun kereta bawah tanah Blaak. Di kompleks tersebut terdapat 38 kubus kecil serta dua kubus besar yang melekat satu sama lain.

Konsep Kubuswoningen berawal pada tahun 1970an di Helmond, kota industri di Belanda bagian Selatan. Piet Blom, pengembang desain rumah bergaya unik, mencoba membuat tiruan hutan yang terdiri dari sekumpulan pohon abstrak berupa rumah. Rumah tersebut dibangun menjulang ke atas dengan tiga lantai. Lantai pertama difungsikan sebagai ruang tamu atau ruang keluarga. Selanjutnya, lantai kedua merupakan tempat untuk kamar tidur dan kamar mandi sedangkan lantai ketiga dapat dimanfaatkan sebagai ruangan tambahan atau taman. Bagian tengah kompleksKubuswoningen dapat menjadi tempat berinteraksi antar penghuni dan tempat bermain anak.

Bentuk Kubuswoningen ini mengingatkan kita pada rumah pohon yang sangat nyaman. Abstraksi batang pohon dalam dirupakan sebagai tembok yang menjulang berbentuk heksagonal. Sementara itu, bagian atasnya yang berbentuk kubus dengan kemiringan 45 derajat mewakili dedaunan. Kubuswoningen memusatkan kekuatan di bagian bawah seperti bangunan pada umumnya, namun menonjolkan bagian atas yang berbentuk heksagonal.

Kubuswoningen menjadi tempat tinggal yang ideal bagi keluarga kecil maupunsingletons. Selain sekilas rumah kubus ini tidak terlihat tidak logis, rasanya tidak mungkin jika kita mampu tinggal bertahun-tahun di dalam rumah berbentuk ‘aneh’ ini. Namun, salah seorang penduduk bernama Juliana mengaku telah tinggal dalam rumah kubus selama 20 tahun (Haley, 2011). Hal ini menunjukkan bahwa pembangunanKubuswoningen tidaklah sekedar eksperimen, namun sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan penghuninya. Penataan interior yang sederhana, namun tetap profesional pada bidang horizontal dan vertikal membuatnya menjadi sangat mengagumkan. Bewonderenswaardig!

 

Setelah sukses mendirikan Kubuswoningen di Helmond, Blom menerapkan konsep ini untuk merancang perumahan di atas sebuah jembatan bagi pejalan kaki di Rotterdam. Sangat mengagumkan bahwa Kubuswoningen dibangun di atas pedestrian yang melintasi arteri jalan raya. Kubuswoningen ini sekaligus menyajikan pemandangan yang luar biasa bagi pengguna jalan yang melintas.

Karya yang luar biasa ini memberikan wawasan bahwa kita harus peka terhadap permasalahan dan potensi di sekitar kita serta berfikir out of the box. Kita juga bisa menjadi pionir, seperti Piet Blom karena kita adalah orang-orang hebat. Apalagi, negara kita dianugerahi sumber daya alam yang berlimpah. Semuanya hanya menunggu untuk kita olah dengan cerdas.

Blom menciptakan rumah kubus sebagai solusi atas kebutuhan pembangunan tempat tinggal di lahan terbatas dan keinginan menghadirkan suasana alam yang asri dari tengah hutan ke dalam hiruk pikuk perkotaan. Nah, mengapa bukan kita yang mempunyai lebih banyak hutan yang terinspirasi ya?

Just be more sensitive to surroundings and everything we have in our country. Denk het!

Referensi

Haley, Ken. 2011. Europe @2.4 km/h. Kent Town: Wakefield Press.
http://www.cubehouse.lv/en/index
http://desainuniq.blogspot.com/2012/06/rumah-kubik-cubic-houses-rotterdam.html
http://eurotowns.org/helmond1/
www.hengeveld.nl
http://www.mimoa.eu/projects/Netherlands/Rotterdam/Cube%20Housing
http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2013/04/wow-keren-ada-rumah-bentuk-kubus-di.html
http://unusual-architecture.com/cubic-houses-rotterdam-netherlands/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s