KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#505 Hanya di Belanda: Mahasiswa Tidur di Peti Kemas

Leave a comment

Oleh Nafisah Zahra

Siapa sih yang tidak mau belajar sampai ke Eropa? Pasti hampir semua anak-anak Indonesia pernah punya mimpi untuk menuntut ilmu sampai ke Eropa. Negara-negara di Eropa memang mempunyai sistem pendidikan yang lebih baik dari Indonesia. Salah satunya adalah Belanda. Belanda merupakan tujuan studi bagi ribuan mahasiswa dari seluruh penjuru dunia. Negeri kincir angin itu mempunyai banyak kelebihan dalam sistem pendidikan, salah satunya adalah kemampuan untuk melahirkan pelajar-pelajar berjiwa pionir. Pionir-pionir inilah yang nantinya akan membawa suatu bangsa ke arah yang lebih baik. Salah satu sifat yang dimiliki seorang pionir adalah berani berpikir berbeda dari yang sudah ada. Nah, untuk hal ini Belanda ahlinya.
Ketika seseorang memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri, ada banyak hal yang perlu diurus demi kelancaran studi seperti paspor, visa, biaya hidup, buku, dan juga tempat tinggal. Bagaimana jadinya jika mahasiswa tinggal di dalam peti kemas? Ya. Peti kemas yang biasanya digunakan untuk pengiriman barang-barang dalam skala besar. Peti-peti kemas yang sudah tidak terpakai biasanya akan dibiarkan berkarat.
Di Belanda, ada sebuah ‘kota’ bernama Keetwonen yang merupakan ‘kota’ peti kemas terbesar di dunia. ‘Kota’ yang terletak di Amsterdam ini merupakan tempat tinggal bagi ratusan mahasiswa. Keetwonen dibangun menggunakan peti-peti kemas yang sudah tidak terpakai yang disulap menjadi ruangan-ruangan yang nyaman untuk ditinggali. Satu lagi sifat pionir yang tercermin di sini, memanfaatkan sesuatu yang sudah ada yang awalnya biasa-biasa saja menjadi luar biasa.
 
 Keetwonen, ‘kota’ peti kemas terbesar di dunia
Pionir-pionir Belanda tidak hanya memandang sesuatu dari sudut pandang diri sendiri, tetapi juga orang lain. Mereka berpikir bagaimana mereka ingin diperlakukan oleh orang lain. Hal ini tercermin dari pembangunan Keetwonen ini yang sangat menguntungkan bagi mahasiswa. Para pionir membayangkan jika mereka menjadi mahasiswa, fasilitas-fasilitas apa saja yang ingin didapatkan dari asrama tempat mereka tinggal. Dari sini terlihat bahwa pionir sejati tidak hanya menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri namun juga orang lain.
Oleh sebab itu, kenyamanan adalah nomor satu di Keetwonen. Di sini mahasiswa benar-benar seperti tinggal di rumah pribadi. Keetwonen menyediakan fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap untuk ukuran asrama mahasiswa. Setiap mahasiswa mendapatkan dapur dan kamar mandi pribadi, balkon, juga ruang tidur dan ruang belajar terpisah. Tidak lupa air panas, penghangat ruangan, dan akses internet cepat juga tersedia. Bagaimana dengan tempat parkir sepeda? Tentu saja Keetwonen menyediakannya. Tidak perlu khawatir sepeda yang merupakan aset penting di Belanda ini akan dicuri maling, karena tempat parkir sepeda di sini terjamin keamanannya. Di samping itu ternyata Keetwonen juga menyediakan supermarket, kafe, dan area olahraga. Bahkan Keetwonen dinobatkan sebagai salah satu dari 10 asrama terhijau di dunia!

Memang terlihat nyaman, bukan?
Tempat parkir sepeda Keetwonen di malam hari
Dalam hal ini nampaknya Indonesia perlu belajar dari Belanda. Solusi perumahan seperti ini sangat cocok diterapkan di Indonesia yang berpenduduk padat dan tidak semua penduduknya mempunyai cukup biaya untuk tinggal di hunian yang layak. Selain itu solusi tempat tinggal di peti kemas ini juga bisa digunakan ketika terjadi bencana alam yang mengakibatkan hilangnya tempat tinggal dan mengungsinya banyak orang. Tidak nyamannya tempat pengungsian bisa digantikan dengan peti-peti kemas yang di dalamnya terdapat fasilitas-fasilitas yang memadai. Ayo Indonesia jangan kalah sama Belanda, bangkitkan juga semangat pionirnya!

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s