KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#502 Netherland, Bukan Sekedar Pioner ReKLaMaSi

Leave a comment

Oleh Alfian Cahyo Budiardi

Berbicara tentang Belanda, mungkin kata REKLAMASI merupakan kata yang paling banyak muncul pada benak seseorang. Ya, bukan tanpa alasan hal tersebut dapat terjadi karena sejatinya Belanda adalah pioner dalam menerapkan teknologi tersebut karena memang didasari dengan kondisi dimana hampir setengah dari area daratannya berada satu meter di bawah permukaan air laut. Oleh karena itu, reklamasi sangatlah perlu di negeri tersebut. Namun, ternyata reklamasi yang dilakukan negeri yang terkenal juga denga bunga Tulip tersebut juga menyimpan suatu hal unik yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Taukah kalian bahwa sejatinya kata ReKLaMaSi ternyata menggambarkan bagaimana Negeri Belanda menahbiskan diri sebagai pioner dalam beberapa hal, bukan hanya sekedar pioner teknologi reklamasi semata!

Kata “Re” mewakili kata respect yang menggambarkan Belanda sebagai pioner dalam hal kepedulian sosial. Hal ini dibuktikan dari hasil penyelidikan sekelompok pemikir di Washington, US yang menyelidiki 21 negara kaya dunia dalam peranannya membangun Negara miskin di dunia. Dari hasil tersebut, diketahui Negeri asal Marco Van Basten ini berada pada ranking  atas dimana penelitian ini tidak hanya menghitung besar sumbangan yang diberikan namun juga kualitas bantuan tersebut.
Kata berikutnya yaitu huruf “K” merupakan inisial dari kreativitas. Ya, siapa yang menyangka bahwa Negara yang dataran tertingginya hanya 321 meter daripermukaan lautdan sekitar setengah dari luas areanya berada di bawah permukaan air laut justru menjadi salah satu Negara yang unggul dalam pertanian. Keunggulan tersebut dibuktikan dengan terkenalnya negeri Belanda sebagai penghasil bunga tulip. Tentu hal tersebut adalah bukan hal kebetulan dan keberuntungan semata, namun hasil dari suatu pemikiran kreatif dari kondisi yang ada yakni dengan mereklamasi areanya yang bahkan bisa menghasilkan suatu karya yang luar biasa yang bernama Deltaworks yang berguna untuk membendung air laut agar tak masuk ke daratan yang merupakan hasil reklamasi. Jadi, keterbatasan yang dikelola dengan sangat baik telah menunjukkan suatu hasil yang luar biasa karena kreativitas, dan Belanda telah menjadi pioner dalam hal tersebut.
Sedangkan huruf “La” memberikan gambaran tentang law atau hukum.Bagaimana bisa begitu? Mungkin bukti akan menjawab hal itu dimana banyak orang yang melanjutkan studi di sana dalam bidang hukum. Lalu, jika mengingat beberapa dekade yang lalu, pernah ada seorang ilmuan yang bernama Tyndalle yang dihukum mati karena sedikit salah dalam menerjemahkan kitab Injil. Hal tersebut membuktikan bahwa negeri tersebut sudah menegakkan hukum sejak beberapa ratus tahun yang lalu.
Lalu, sudahkah itu cukup untuk menggambarkan negeri Belanda? Jawabannya adalah belum. Hal ini digambarkan dengan inisial “Ma” yang menunjukkan bahwa negeri belanda adalaj Negara yang unggul dalam hal multilingual atau Negara yang majemuk dalam hal berbahasa. Ya, siapa sangka bahwa negeri Belanda adalah pioner dalam penggunaan berbagai macam bahasa internasional sebagai pengantar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah formal. Jadi, secara tidak langsung Belanda merupakan negara yang terdepan sebagai bansga yang visioner dengan menjadikan bahasa Inggris dan Mandarin sebagai bahasa pengantar selain bahasa nasional mereka.
 
Dan yang terakhir digambarkan dari kata reklamasi adalah inovasi. Nah, jika berbicara tentang yang satu ini, sudah bukan rahasia lagi bahwa inovasi merupakan roh / jiwa dari negeri Belanda. Inovasi seakan telah menjadi DNA bagi seluruh warga negara Belanda. Contoh konkret yang paling mutakhir adalah bagaimana negeri Belanda mendesain jalan raya yang dapat menyala di malam hari dengan memanfaatkan energi sinar matahari yang didapatkan ketika siang sehingga hal ini akan memberikan petunjuk dan rambu-rambu kepada pengguna jalan. Inovatif bukan?
Well, jadi secara tidak langsung, negara Belanda telah memberikan contoh yang sangat luar biasa dalam menahbiskan diri sebagai pioner dalam berbagai hal yang juga digambarkan secara tidak langsung dari kata ReKLaMaSiyang juga menjadi prototipe atau identitas dari negara Belanda di mayoritas penduduk dunia. Luar Biasa !
Bibliografi

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=10&jd=Belanda+Juara+Pemerhati+Kemiskinan&dn=20071229212140 (diakses 28 April)
http://rezahafidz.blogspot.com/p/kreativitas-negara-belanda.html (diakses 28 April)
http://moniqblueprint.wordpress.com/2012/05/09/cara-kreatif-belanda-belajar-dari-alam-dan-bertahan-di-bawah-air/ (diakses 28 April
http://miramarsellia.com/2010/04/28/belanda-di-mata-dunia-inovasi-dari-masa-ke-masa/ (diakses 28 April)
http://netsains.net/2009/01/keunggulan-menjadi-bangsa-multilingual-studi-kasus-belanda/ (diakses 28 April)
http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/01/12/187338_higway-smart–menyala-saat-gelap-_663_382.jpeg (diakses 28 April)
http://images.travelpod.com/tripwow/photos/ta-00d0-6184-a491/the-delta-works-in-vlissingen-middelburg-the-netherlands+1152_12955625461-tpfil02aw-7936.jpg (diakses 28 April)

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s