KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#501 Total Football, Filosofi Temuan Sang Meneer

Leave a comment

Oleh Muhammad Rizqi Fahma

Rinus Michels sang Pioneer Total Football

Dunia tidak akan mungkin melupakan salah satu taktik permainan sepakbola ini. Berlabeltotaalvoetbal (Total Football), Rinus Michels memperkenalkan sebuah taktik sepakbola yang inovatif kepada dunia pada tahun 1970an. Total Football merupakan sebuah “filosofi” permainan sepak bola dimana setiap pemain dapat menggantikan peran pemain lain.

Rinus_Michels_1984

Filosopi permainan inilah yang dirintis sang meneer, Rinus Michels di Ajax Amsterdam. Mengantarkan Ajax menjadi juara liga Belanda empat kali (1966,1967,1968,1970), dan juara Piala Eropa pada tahun 1971 dan 1972. Pertandingan final Piala Eropa tahun 1972, Ajax mengalahkan Internazionale Milan 2-0, sekaligus menunjukkan kepada dunia dominasi filososofi sepak bolaTotal Football terhadapCatenaccio yang diadopsi oleh Internazionale Milan.

Sukses dengan Total Footballtemuannya, Rinus Michels dipercaya menjadi pelatih Tim Nasional Belanda untuk berkompetisi di Piala Dunia 1974. Tim Nasional Belanda paling tidak harus berjibaku dengan beberapa kesebelasan terbaik dunia, salah satunya adalah tim “Samba” Brazil. Tim Nasional Brazil yang kala itu merupakan juara Piala Dunia sebelumnya pada tahun 1970 adalah momok menakutkan bagi tim-tim lain. Disaksikan 52.500 penonton di Westfalenstadion, Jerman Barat,  permainan Total Football Tim Nasional Belanda sekali lagi membuat publik terpesona dengan berhasil menundukkan permainan sepak bola indah milik Brazil 2-0 tanpa balas. Tim Nasional Belanda berhak melaju ke final berhadapan dengan tuan rumah Jerman Barat.

johan-cruyff-Netherland-1974

Partai final Piala Dunia 1974 di Munich mempertemukan dua negara tetangga Jerman Barat dan Belanda.  Belanda sempat unggul terlebih dahulu pada menit kedua. Namun, dewi fortuna masih belum berpihak kepada tim Oranje. Jerman Barat berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-1, sekaligus menjadi juara Piala Dunia 1974.

Sepak bola profesional adalah sesuatu yang sangat mirip dengan peperangan.

Rinus Michels

Tim Nasional Belanda memang tumbang di partai final tersebut, namun keindahan sepak bola Total Football karya Rinus Michels ini membuat timnas Belanda dianggap sebagai juara tanpa mahkota. Timnas Belanda dan Total Football belum berhasil menjadi juara dunia kala itu. Namun pengaruh dan implementasi Total Football temuan sang Meneer masih bertahan hingga masuk ke era sepak bola modern.

Beberapa tim terbaik sepak bola dunia terang-terangan mengadopsi dan memodifikasi filosofi sepak bola ini. Dua diantaranya adalah Arsenal FC dan Barcelona CF. Pelatih Arsenal, Arsene Wenger bahkan berterus terang bahwa formasi 4-3-3 yang dia gunakan terinspirasi dari Belanda, tidak meniru skema permainan tiki-taka dari Barcelona ataupun Timnas Spanyol.

Saya menggunakan formasi 4-3-3 sebelum Barcelona menggunakannya. Saya menggunakan 4-3-3 di Monaco dan saya pikir bukan Barcelona yang menciptakan sistem (taktik/filosofi) permainan tersebut. Sistem itu diciptakan oleh Orang Belanda.

Arsene Wenger

Terlepas dari siapapun yang menggunakan filosofi Total Football, siapapun tidak akan pernah melupakan bahwa Orang Belanda lah yang menemukannya. Meskipun tidak berbau scientificseperti penemuan mikroskop, berasa Hi-Tech seperti Blu-Ray dan Bluetooth yang juga merupakan Dutch Inventions/PioneeringTotal Football akan tetap menjadi salah satu hal yang mengingatkan dunia kepada Belanda. Dan jangan lupa, bahwa dibalik atraktifnya filosofi Total Football ini, adalah Rinus Michels the mastermind behind this concept.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Rinus_Michels
http://en.wikipedia.org/wiki/1974_FIFA_World_Cup_Final
http://en.wikipedia.org/wiki/1974_FIFA_World_Cup
http://en.wikipedia.org/wiki/Category:Dutch_inventions
http://en.wikipedia.org/wiki/Football_tactics_and_skills
http://www.uefa.com/uefa/aboutuefa/organisation/history/obituaries/newsid=285010.html
http://www.totalfootballforums.com/forums/topic/66084-influence-of-dutch-football/
http://heaven7.heck.in/drama-sepakbola-total-fottball-catenacci.xhtml

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s