KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#500 Keukenhof, Surga Dunia Versi Belanda

Leave a comment

Oleh Gilda Miranda

“The world is a book and those who don’t travel read only one page”-Augustine of Hippo

Bagi para travellers, Belanda sudah menjadi salah satu tujuan destinasi. Kalau dengar kata keju, sepeda, kincir angin, tulip, kita pasti langsung terbayang negeri Belanda. Khusus dalam hal bunga tulip, siapa yang tak kenal dengan Taman Keukenhof? Taman yang dijuluki sebagai Garden of Europe ini selalu menjadi salah satu tujuan destinasi kalau ke Belanda. Taman bunga ini terletak di dekat kota Lisse, sekitar ± 37 km di barat daya kota Amsterdam.

 

Taman Keukenhof ini hanya dibuka selama musim semi sekitar bulan Maret sampai Mei. Dan setiap tahunnya para wisatawan akan dihadapkan pada hamparan bunga seluas 32 hektar yang didesain dengan berbagai bentuk sesuai tema pada tahun itu. Tentu saja bukan hanya bunga tulip. Lavender, mawar, chrysanthemum, daffodil, dan tumbuhan subtropis lainnya yang juga bermekaran di taman ini.  Nah siapa sih sebenarnya yang pertama kali mendesain taman bunga ini? Kok bisa sih ngedesain taman seluas ini? Namanya juga orang Belanda, dari dulu sampai sekarang selalu gila akan kreativitas. Namanya J.D dan L.P Zocher, duo arsitek landscape dari Belanda pada abad ke-19 yang pertama kali menyulap taman yang dulunya berupa taman untuk menanam tanaman herba menjadi sebuah taman bunga. J.D dan L.P Zocher mendesain taman ini dengan gaya English Landscape. Pasangan ayah dan anak ini juga dikenal sebagai arsitek perancang taman Vondelpark di Amsterdam.

 

           J.D. Zocher

 

 Bagi siapa aja yang berencana mengunjungi taman Keukenhof alias si Surga Dunia dari Belanda, sebaiknya susun jadwal sebagus mungkin. Seperti yang kita tahu taman bunga ini hanya buka selama periode Maret sampai pertengahan Mei. Jadi jangan sampai ketinggalan buat nyaksiin gimana indahnya bunga-bunga tulip bermekaran di Belanda.

Referensi

http://www.amsterdamcitytours.com/keukenhof-tours.html

http://www.itotours.nl/keukenhof.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s