KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#499 Nereda Sulap Air Limbah Jadi Air Bersih Dengan Bakteri

Leave a comment

Oleh Gilda Miranda

 “The knowledge of all things is possible”- Leonardo da Vinci

Air bersih adalah sumber kebutuhan. mau makan, minum, buang air, mandi, mencuci pakaian dan lainnya kita pasti butuh air. kebutuhan akan air menjadi prioritas utama bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Sekarang sumber air sudekat…
Beta sonde pernah terlambat lagi…
Lebih mudah bantu mamak ambil air untuk mandi adik…”

Mengutip kalimat dari salah satu iklan produk air mineral di Indonesia yang diucapkan dengan logat khas Nusa Tenggara Timur tersebut sudah dapat kita bayangkan bahwa ketersediaan air bersih seringkali menjadi masalah di berbagai tempat di dunia. Sumber air itu banyak, hanya saja dibutuhkan pengolahan dan pemurnian untuk menghasilkan air yang layak konsumsi.

Kalau ingat Belanda pasti kita langsung terpikir bahwa di Negara itu banyak terdapat sumber air. Ya jelas saja, wilayahnya hampir sebagian berada di bawah permukaan laut. Ketersediaan air bukan masalah bagi Belanda. Di negeri penghasil kreativitas dan inovasi ini, ketersediaan air bersih juga bukanlah suatu masalah. Kalau ke Belanda dan haus ketika jalan-jalan, gak perlu repot karena kita bisa langsung mengkonsumsi air yang terdapat di kran-kran. Dijamin layak konsumsi. Hal ini berkat teknologi yang terus mereka kembangkan dalam proses pemurnian air.

Salah satu proyek terbaru dari Negeri Van Orange ini adalah Nereda, pemurnian air limbah domestic dan komersial menjadi air bersih menggunakan bakteri dengan prinsip hemat energi. Teknologi ini dikembangkan oleh Prof.dr.ir. M.C.M. Mark van Loosdrecht dari TU Delft.

    

Prof. Mark van Loosdrecht

Pengolahan air limbah di Belanda sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Lalu apa yang spesial dari teknologi Nereda ini ?Nereda adalah teknologi baru menggunakan bakteri dalam air limbah untuk membersihkan air. Selain itu, teknologi ini juga tidak membutuhkan ruang yang besar. Seperti yang kita tahu umumnya pabrik pemurnian air membutuhkan area yang luas. Tidak dengan Nereda karena pengolahan air limbah dapat dilakukan pada luas area yang kecil, hemat energi sebesar 30% dibanding teknologi pemurnian air lainnya, dan juga biaya konstruksi yang lebih rendah sekitar 20%.

Skema proses pemurnian air dengan teknologi Nereda

Teknologi Nereda ini telah berjalan di Belanda. Tepatnya di kota Epe, Provinsi Gelderland sudah berdiri pabrik pemurnian air yang menggunakan teknologi Nereda ini. Saya berharap semoga suatu saat teknologi dan inovasi karya para pioneer Belanda ini dapat diterapkan di Indonesia. Bayangkan kalau Indonesia punya teknologi semacam Nereda juga, saudara-saudara kita di belahan Indonesia lainnya pasti tidak kesulitan dalam mengkonsumsi air bersih :)

Referensi

http://www.tnw.tudelft.nl/
http://www.dhv.com/Markets/Water/Water-treatment/Wastewater/Nereda/Nereda

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s