KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#498 Kebahagiaan itu abstrak? Siapa bilang?

Leave a comment

 Oleh Gilda Miranda

“the most important thing is to enjoy your life, to be happy, it’s all that matters” – Audrey Hepburn

Bahagia itu sebenarnya sederhana, kita gak mesti punya harta yang berlimpah buat bahagia. Bahagia itu datang dari kreativitas kita, bagaimana kita menciptakan ide-ide untuk menghasilkan sesuatu yang menyenangkan dan menghargai apa yang ada disekitar kita. Seperti kata Dalai Lama “Happiness is not something ready made. It comes from your own actions.” Jadi intinya kita mesti punya aksi yang bisa membuahkan kebahagiaan😀

Tujuan utama semua orang dalam hidup pastinya gimana supaya mencapai kebahagiaan. Begitu juga tujuan orang Belanda dan mereka sudah berhasil mencapainya. Pada April 2012, PBB menerbitkan World Happiness Report dan Belanda menempati posisi keempat dari sepuluh daftar negara paling bahagia di dunia. Pada April 2013, UNICEF mengumumkanUNICEF Charts The Well-Being Of Children In Rich Countries. Dan hasilnya Belanda berada pada posisi pertama dengan anak-anak paling bahagia!

Dari arti pentingnya kebahagiaan itulah seorang professor dari Belanda mengadakan riset tentang kebahagiaan. Ruut Veenhoven, seorang professor dari  Erasmus University of Rotterdam yang berlatar belakang ilmu sosiologi dan psikologi ini  adalah seorang Bapak Riset Kebahagiaan. Kebahagiaan yang dulunya kita kenal abstrak, sekarang bisa diukur dengan angka berkat metode yang dibuatnya.

Di Erasmus University of Rotterdam, Ruut Veenhoven mengelola websitenya yang bernama World Database of Happiness (http://www1.eur.nl/fsw/happiness/). Disini kita bisa melihat identitas kebahagiaan dari setiap Negara dan alasan kenapa suatu Negara kurang bahagia. Berkat kreativitas pioneer Belanda ini kebahagiaan menjadi lebih mudah untuk dicapai. Cari ukuran identitas kebahagiaannya, analisa alasan kurangnya kebahagiaan, dan cari solusinya!

Dengan risetnya ini, Ruut Veenhoten membantu Negara-negara di dunia untuk mencapai kebahagiaan masing-masing. Dan berkat pioneer Belanda ini semoga saja Negara-negara yang lain juga bisa mencapai target bahagia seperti Belanda ya🙂

Referensi

http://www.unicef.org/policyanalysis/index_68637.html
http://www.dutchdailynews.com/dutch-kids-ranked-happiest-in-the-world/
http://www1.eur.nl/fsw/happiness/hap_quer/hqi_fp.htm
http://www.cato-unbound.org/contributors/ruut-veenhoven

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s