KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#494 Netherlands: Think Out of the Box

Leave a comment

Oleh Dyah Ratna Tiaraaksmi 

Ingatkah kalian teka – teki tentang 9 titik yang disusun 3×3 dan meminta kita untuk menghubungkan kesembilan titik tersebut dengan 4 garis tanpa terputus?

9 dots

Dibutuhkan cara yang tidak mainstream untuk memecahkan teka-teki tersebut. Agar teka-teki tersebut dapat dipecahkan, kita harus menggambar garis melewati batas yang “seolah-olah” dibentuk oleh kesembilan titik tersebut. Itulah yang disebut berpikir out of the box. Artinya berpikir di luar batasan yang dibuat pemikiran kita sendiri.

Belanda, Negara Out of the Box.

Air menjadi elemen penting dari Belanda, mempesona dan menantang.  Seperti negara yang terlahir di bawah naungan Aquarius, Belanda adalah negara yang progresif , berpikiran bebas dan bangga menjadi berbeda. Belanda menyikapi masalah air dengan cara yang berbeda, out of the box. Moses Bridge dan De Bloemenmarkt adalah sebagian kecil buktinya.

1.  Moses Bridge

Kanal Hasteren merupakan parit benteng pertahanan perbatasan Belanda dengan Belgia. Lansekap pemandangan yang luar biasa indahnya sayang apabila di rusak oleh sebuah jembatan. Alih-alih membangun jembatan yang  menghalangi pemandangan dan mengubah lanskap parit, biro arsitek Belanda bernama RO&AD Architecten mencetuskan sebuah ide untuk  membuat jembatan yang terinspirasi dari cerita Nabi Musa.

jembatan mainstream

jembatan mainstream

jembatan out of the b

jembatan out of the box

invisible-sunken-bridge-the-netherlands-holland-moses-bridge-12 (1)

2. De Bloemenmarkt.

Apa yang terlintas di pikiran kita apabila mendengar pasar bunga? Tentunya terbayang sebuah lorong panjang  dengan kios-kios bunga berjejer di kanan-kirinya. Tapi tidak dengan pasar bunga di Belanda. De Blomenmarkt adalah pasar bunga apung pertama di dunia. Terdapat 15 kios bunga di Kanal Singel diantara Muntplein dan Koningsplein. Keunikan inilah yang membuat banyak orang berbelanja di sana ataupun sekedar menikmati secangkir kopi.

5kios bunga mainstream

7

kios bunga out of the box

800px-SingelBloemenmarkt

Belanda adalah negara yang berpikir out of the box tidak hanya dalam bidang arsitektur saja. Masih ada banyak hal lain yang membuat Belanda menjadi pionir dalam berbagai bidang. Tidak usah berpikir terlalu rumit, hal yang sederhana pun jika kita pikirkan secara out of the box, maka hasilnya akan berbeda.  Misalnya saja, landmark di depan Rijksmuseum. Signage kota yang bertuliskan I Amsterdam tersebut menjadi berbeda hanya dengan menambahkan huruf I di depan kataAmsterdam. Efek yang ditimbulkan sungguh berbeda, seolah berkata, “Saya adalah Amsterdam”. Asumsi sekarang, belum ke Belanda kalau belum foto di signage ini. Wisatawan datang = tambahan pemasukan. Simpel tetapi unik bukan?

item0.rendition.slideshowWideHorizontal.1.-Rijksmuseum

Belajar dari Belanda, kita juga bisa membuat landmark INDONESIA yang simpel tetapi dengan kesan mendalam. Dengan membuat huruf ONE berwarna putih, dan sisanya berwarna merah menimbulkan kesan bahwa Indonesia adalah “satu”, Bhineka Tunggal Ika. Dijamin kurang afdol kalau ke Jakarta tapi belum berfoto di landmark ini .

10

Ayo, kita ubah cara pikir kita untuk menjadi pionir-pionir di segala bidang seperti Belanda. Dunia ini luas, bukan dunia kotak segi empat yang sempit. Berpikirlah di luar kotak untuk menciptakan terobosan-terobosan baru yang menginspirasi, membuat dunia yang lebih baik dan menyenangkan.

Referensi

http://prafulla.net/graphics/travel-and-tourism/bloemenmarkt-the-only-floating-flower-market-of-the-world-in-amsterdam/
http://esabiwibowo.blogspot.com/2012/06/uniknya-jembatan-moses-musa-dari.html
http://www.cntraveler.com/daily-traveler/2013/01/amsterdam-rijksmuseum-museum-to-open-in-april-011113

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s