KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#493 Total Football, dari Belanda Hingga ke Spanyol

Leave a comment

Oleh Antung Apriana

Jika bicara tentang sepak bola negeri Belanda, maka setidaknya ada 2 hal yang begitu identik dengan negara Kincir Angin ini. Oranje dan Total Football. Oranje merupakan sebutan untuk timnas Belanda, yang warna kostumnya memang jingga. Sedangkan Total Footballadalah teknik sepak bola yang dipopulerkan oleh tim Oranje tersebut.

Dalam Total Football, setiap pemain dapat mengambil alih peran pemain lain dalam tim. Pemain yang keluar dari posisinya akan digantikan oleh pemain lain dalam tim, sehingga struktur organisasi pemain dalam tim tidak berubah. Jadi bisa dibilang, dalam Total Football,tidak ada posisi yang benar-benar tetap. Setiap pemain bisa menjadi penyerang, gelandang, juga pemain bertahan. Jika ada posisi yang tetap, itu adalah penjaga gawang.

Total Football sendiri  awalnya diperkenalkan oleh Rinus Michels, pelatih klub Ajax di tahun 1965 sampai dengan 1971. Dengan taktik Total Football-nya ini, Ajax berhasil mencapai masa keemasannya dengan  memenangkan 5 gelar juara pada tahun 1972. Rinus kemudian menerapkan taktik Total Football untuk timnas Belanda pada Piala Dunia 1974 dan berhasil membawa Belanda menjadi Runner Up pada perhelatan akbar tersebut. Atas penemuannya di bidang sepak bola ini, Rinus Michels kemudian dinobatkan sebagai “Coach of the Century” oleh FIFA pada tahun 1999.

Rinus Michels, penemu Total Football

Tahun 1988, Johan Cruyff, yang sebelumnya merupakan salah satu pemain dan pelatih klub Ajax hijrah ke Barcelona untuk menjadi manajer di klub Catalan tersebut. Berbekal “ilmu”Total Football yang diturunkan oleh sang guru, Rinus Michells, Johan Cruyff berhasil membawa Barcelona memenangi berbagai kejuaraan. Dalam periode 1988 hingga 1996, dalam kepelatihan Cruyff, Barcelona berhasil meraih 4 trofi liga Spanyol,  1 trofi liga Champion, 1 trofi piala Winners, 1 trofi piala Spanyol. Johan Cruyff sendiri sampai saat ini masih memegang rekor sebagai pelatih terlama klub Barcelona.

 

Johan Cruyff, membawa Total Football ke Barcelona pada tahun 1988

Periode 2008-2012, sebuah taktik bernama Tiki Taka mengguncang dunia persepakbolaan.Tiki Taka adalah taktik permainan dengan umpan-umpan pendek dan pergerakan dinamis, memindahkan bola melalui beragam saluran, dan mempertahankan penguasaan bola. Adalah Barcelona, klub yang dianggap telah berhasil mempopulerkan taktik ini. Saat itu, Barcelona berada di kepelatihan Josep Guardiola. Josep Guardiola sendiri dulunya adalah “murid” Johan Cruyff saat melatih klub Barcelona di masa keemasannya. Dan layaknya Johan Cruyff, Guardiola juga mengadopsi teknik permainan Total Football yang dibawa oleh Cruyff pada masa itu, dengan sedikit modifikasi. Dengan taktik Tiki Taka yang digunakannya tersebut, Guardiola membawa Barcelona kembali ke puncak kejayaannya pada periode 2008-2012.

Jika dilihat dari kronologi perjalanannya tersebut, maka wajar sekali jika Tiki Taka sering disebut sebagai pengembangan dari taktik Total Football yang sudah dikenalkan oleh Belanda. Dan jika melihat bagaimana Tiki Taka saat ini menjadi salah satu taktik permainan sepak bola paling impresif, tentunya tidak salah jika menyebut Total Footbal -yang berasal dari Belanda- sebagai akar dari kesuksesan tersebut,

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Total_Football
http://en.wikipedia.org/wiki/Rinus_Michels
http://id.wikipedia.org/wiki/Johan_Cruijff
http://id.wikipedia.org/wiki/Tiki-taka

Referensi gambar
http://en.wikipedia.org/wiki/Johan_Cruyff
http://en.wikipedia.org/wiki/Rinus_Michels

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s