KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#492 Belanda selalu membangunkan sang raksasa tidur

Leave a comment

Oleh Annisa Nurul Khomsa

Orang kreatif bisa menjadi pionir, sedangkan pionir sudah pasti kreatif, karena hasil penemuannya. Tony Buzan penulis Use Your Head mengatakan otak “Anda adalah ibarat raksasa tidur”. Nah apa aja si kira-kira agar sang raksasa tidur itu bisa terbangun dan bisa mendapatkan ide-ide yangcemerlang? Sehingga bisa menjadikannya pionir.
Pionir itu karena adanya stimulasi, mempunyai pemikiran yang aneh, muncul karena kecintaan terhadap lingkungan, sifatnya yang terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan mau menyebarkan ide-ide kreatifnya.
Stimulasi : yang menstimulasi ide bisa dari karena ada problem. Ketika ada masalah kita akan mencoba untuk mengatasinya. Belanda atau yang disebut dengan Nederland yaitu negara yang berdataran rendah yang dikelilingi oleh air, menjadikan masalah sebagai pemicu kekreatifan mereka. Karena mentalitas orang Belanda yang self-service country yaitu yang tidak tergantung pada negara lain. Ketika dihadapkan diantara dua pilihan tenggelam atau menjadi pionir. Tentu saja menjadi pionir, kalau tidak Belanda mungkin sudah tenggelam dan hanya tinggal nama.
inovasi penanggulangan air : kincir angin, bendungan dan reklamasi air laut.
      
Yang kedua yaitu Care from government yaitu pemerintah sangat menghargai orang yang kreatif, misalnya saja adanya kontest dari provinsi Flevoland tentang ide-ide kreatif di bidang kesehatan, dalam kontest ini ada tiga katagori penghargaan yaitu ide terbaik untuk pasien, tenaga kesehatan profesional dan provinsi Flevoland . Masing-masing dari setiap katagori ide tersebut akan dihargai €90.000. Nilai yang lumayan besar dan setimpal untuk sebuah ide yang bermanfaat, apalagi untuk jangka waktu panjang.
Aneh:  menjadi pionir itu harus harus unik, aneh alias out of the box. Kreatif itu memang tidak mudah seperti yang dikatakan Steven Burril “Capital is available, but you have to be creative to find it” jadi sebenarnya walaupun punya cukup modal, tapi kurang kreatif sang modal pun tak akan efektif. Walaupun modal sangat penting, daya kreatif itu bisa ko dengan hal-hal sederhana. Misalnya recycle sampah atau barang yang tak terpakai menjadi barang yang bernilai tinggi. Lihat saja keanehan orang belanda di berbagai bidang ini : Arsitektur :
     
   Teknologi  : Glowing in the dark
Cinta lingkungan: pionir dalam menghasilkan karyanya, juga harus peduli lingkungan sekitarnya malah bahkan mungkin idenya tumbuh karena kecintaannya terhadap lingkungan.
kincir angin tenaga listrik:
    
Sebarkan ide : Dengan menyebarkan ide sebenarnya seperti menanamkan bibit, bibit itu akan tumbuh dan berkembang, seperti adanya TEDx ( Technology, Enterteinment and design) sedangkan x (independent), dengan slogannya “ideas worth spreading”. TEDx Binenhof yaitu menampilkan 10 speaker tentang ide-ide inovatifnya yang dapat membantu dalam menangani tantangan global seperti polusi, biaya perawatan kesehatan, perubahan iklim dan kekurangan sumber daya alam, makanan dan energi.
Terbuka : Masyarakat Belanda terkenal dengan orangnya yang terbuka dan toleran, karena negara ini merupakan rumah dari lebih dari 190 kewarganegaraan, dan latar belakang sejarah yang terhubung dengan banyak negara. Dengan mempunyai sifat terbuka, maka ilmu pengetahuan pun akan mudah diterima, tentunya dengan proses filterisasi. Pionir muncul karena ide kreatifnya yang berasal dari sang raksasa tidur yaitu otak kita yang sebenarnya tak pernah kita duga.
Bagaimana dengan pionir di negeri tercinta kita ini? Mungkin sang raksasa tidur itu harus segera kita bangunkan. Common wake up our sleep giant!!
Referensi  
 http://www.nesoindonesia.or.id/info-praktis/kompetiblog/referensi-dutch-pioneering
 http://startupjuncture.com/2013/02/04/dutch-province-flevoland-funding-contest-awards-e270-000-to-kick-start-pioneering-healthcare-ideas/
 http://www.nesoindonesia.or.id/mengapa-mengambil-studi-di-belanda/be-a-pioneer
Vos Jeannet  & Dryden Gordon. 2000Revolusi Cara Belajar Kaifa, Bandung

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s