KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#486 This Time It’s Tulp not Tulip

Leave a comment

Oleh Jacqueline Prakarsa

‘a room without book is like a body without a soul’ that’s what I’m thinking.
This time it’s Tulp not tuli, kok bisa? 
Sekedar info tulip dalam bahasa belanda adalah tulp. Tentu saja bisa keren kali ini saya akan membahas mengenai seorang ilmuan asal negeri kincir angin tersebut. Dia adalah seorang ilmuan yang lahir pada 9 oktober 1593. Kalian pasti berfikir dengan nama Tulp  itu ia pasti ilmuan yang berhubungan dengan tulip. Dan kalian sangat….. amat….. salah! Dia adalah seorang ahli bedah yang mengurusi anatomi tubuh. Satu-satunya alasan mengapa ia mengganti namanya aslinya yang keren dan panjang itu alias Claes Pieterszoon karena ia ingin menggunakan tulip lambang ikonik belanda dalam namanya. Sedangkan nicolaes itu adalah nama panjang dari claes.
Mari kita telusuri bagaimana Tulp bisa menjadi orang yang berpengaruh dalam dunia ahli bedah. Tulp yang merupana seorang ahli bedah juga merupakan seorang politik loh. Dia pernah menjabat sebagai hakim di Amsterdam, yang kemudian menjadi walikota. Dengan pekerjaanya itu dia memiliki akses untuk berbagai obat-obatan. Ia adalah orang pertama yang menulis buku tentang pharmacopoeia pada tahun 1636 dengan judul the Pharmacopoea Amstelredamensis. Buku ini kemudian menjadi standart farmasi di semua kota di Holland!
Kenapa Nicolaes Tulp bisa menjadi orang yang terkenal?
Hebatnya Tulp bukan hanya seorang ilmuan dan politikus loh, dia juga seorang model! Seorang pelukis yang bernama Rembrandt berhasil mengabadikan Tulp higga menjadi terkenal. Lukisan yang terkenal itu diberi nama The Anatomy Lesson of Dr Nicolaes Tulp yang hingga sekarang dipajang di Maurithuis museum of The Hague. Sebenarnya pada jaman itu pembedahan hanya boleh dilakukan sekali dalam setahun dan hanya boleh dilakukan kepada penjahat laki-laki yang dihukum mati loh. Sayangnya,kalau kalian ingin ikut dalam acara social pada  abad ke 17 itu kalian harus bayar untuk biaya masuk. Dalam lukisan ini menggambarkan Dr Tulp yang menjelaskan mengenai otot pada lengan tangan kiri sang mayat.
Hanya itu?
Tentu saja bukan hanya itu yang Dr Tulp hasilkan untuk dunia pembedahan. Karyanya yang paling luar biasa adalah buku observations medicae yang a terbitkan pada tahun 1641. Buku ini menceritakan lebih dari 230 kasus mengenai penyakit dan kematian. Buku ini dianggap book of monster karena didalamnya ia menceritakan bagaimana ia membedah hewan yang ia beli. Ada juga cerita bagaimana seseorang tidak percaya pada pengobatan jaman itu yang kemudian membedah dirinya sendiri dan mengeluarkan batu ginjal seukuran telur dan berhasil selamat. Luar biasanya cerita ini dituangkan dalam lukisan yang dipajang di museum Leiden.
selain itu Tulp juga adalah orang yang menjelaskan tentang apa yang kita anggap migran dan effek yang sangat efektif dari merokok. Hebatnya dia juga yang menemukan ileocecal velve yang dikenal sebagai Tulp’s velve.
Jadi tidak ada salahnya saya mengatakan kalau Tulp ini adalah orang yang sangat mencintai negerinya, that obvious. Juga seorang dutch pioneer dalam bidang anatomi, dengan  hasil karyanya yang luar biasa berpengaruh. Tidak kalah dari monalisa dalam hal model lukisan terkenal.
Referensi

http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Nicolaes_Tulp_1740_3e_Cathalina_Pannemacker.JPG

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s