KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#485 Tulps The Dutch

Leave a comment

Oleh Jacqueline Prakarsa

And damn you’ll be falling for dutch once you saw the tulips.

Di Turki negara asalnya, tulip merah itu dianggap sebagai ungkapan cinta sejati. Bagian tengah tulip yang berwarna hitam dilukiskan bagaikan hati sang pemberi yang terbakar oleh api asmara sehingga berubah menjadi hitam sehitam arang. Sebaliknya, tulip kuning melambangkan cinta yang tak mengharap balasan dan tulus.

multi coloured tulip

Mari kita telusuri kisah para tulip. Hal apa sih yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata ‘tulipomania’? Kalian yang berfikir itu adalah manusia yang tergila-gila akan tulip, maka kalian benar! Benar salah. Tulipomania itu adalah sebutan untuk tulisan mengenai tulip yang ditulis olehCharles De Leclusepada tahun 1593. Ia adalah seorang ilmuan yang ‘membesarkan’ si cantik untuk penelitian ilmiahnya. Waktu pertama kali ia mengetahui bahwa ada virus yang menyebabkan warna mereka berbeda-beda, Charles justru ingin merahasiakannya.

A page of tulipomania

Mereka dinamai berdasarkan karakteristik warna masing-masing. Si satu warna diberi nama Couleren, yang beraneka warna bernama Rosen, sedangkan yang berwarna ungu/nila keputihan diberi nama Violetten, ada lagi yang seperti jilatan api diberi nama Bizarden.

two-coloured tulps

 Jadi bagaimana bisa tulip menjadi lambang ikonik Belanda?
Suatu hari pada tahun 1634, ada yang berani menculik si cantik dan menjadikan mereka sebagai primadona di kalangan dutch. Si cantik yang liar dari Turki  berhasil di sulap menjadi rapih dan menawan di negeri penemu mikroskop itu. Sehingga banyak orang yang tidak tahu kalau sebenarnya asal tulip itu bukan dari Belanda. Lucunya, si cantik ini memiliki sedikit keunikan, ia sangat suka minum! Mungkin itu juga yang menjadikannya betah tinggal di negeri pembuat klopen tersebut, karena pada dasarnya, sebagian besar wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut.
Pergi ke Belanda tapi hanya punya uang untuk tiket pesawat dan hotel? Tenang aja! Karena selain cantik, tulip ini juga bisa di makan loh. Tapi hati-hati, jangan sampai tertangkap oleh yang berwenang, hukum Belanda itu terkenal tegasnya! Mereka memiliki cukup banyak khasiat dalam pengobatan seperti anemia dan tekanan darah tinggi. Bahkan pada saat perang dunia 2 orang-orang di belanda dipaksa untuk memakan tulip, They were forced to eat tulip bulb!

“They would mix the meal with water and salt, shape it like a meatloaf, and bake it. I can still remember the taste of it: like wet sawdust.” 

– Seorang Dutch

Tetapi kita juga harus hati-hati jika ingin memakannya. Seperti keluarga liliaceae yang lainnya, bunga tulip ini juga cukup beracun walaupun tidak mematikan.

Tulips salad

 ***

Keukenkhof: United Kingdom – Land of Great Gardens

Ingin memasuki surga penuh dengan pemandangan tak terlupakan? Keukenkhof adalah tempatnya. Berada di lahan seluas 32 hektar, terbentanglah permadani cantik nan menawan. Sayangnya tempat ini hanyadibuka selama 2 bulan dalam 1 tahun, sekitar bulan April dan Mei. Tidak tanggung-tanggung setiap tahunya mereka memberikan tema untuk menata si cantik.
Dan inilah tema untuk tahun 2013:
United Kingdom – Land of Great Gardens.
Awalnya, keukenhof adalah sumber herbs untuk Jacqueline, sang pemilik istana. Setelah ia menginggal, keukenhof diambil alih oleh seorang pedagang kaya. Hingga pada abad ke-19, Baron dan Baroness Van Pallandt menugaskan Jan David Zocher dan anaknya Louis Paul Zocher, yang juga bekerja untuk Vondelpark, untuk mendesain tanah di sekitar castle. Sampai sekarang, keukenhof telah menjadi kebun bunga terbesar di dunia.

Kasteel keukenhof

Referensi
Referensi gambar

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s